Indonesia Website Awards

Cara Melacak Lokasi HP Anda yang Hilang Menggunakan Google Find My Device

Image: medium.com/@asukaru

Momen kehilangan perangkat ponsel atau tablet bisa menjadi momen yang membuat stres dan cemas. Blogger Borneo yakin siapa saja yang pernah mengalami kejadian ini tidak akan berharap terjadi lagi untuk kedua kali.

Sebenarnya jika bicara kondisi hilang, bukan berarti semata-mata karena diambil orang atau dicuri. Ya bisa saja dikarenakan kita lupa meletakannya dimana, atau tertinggal di suatu tempat. Jadi hal pertama yang dapat dilakukan ketika berada dalam kondisi seperti ini adalah mencoba untuk melacaknya.

Beberapa waktu lalu Blogger Borneo sudah pernah membuat tulisan mengenai bagaimana cara melacak lokasi HP yang hilang ketika dalam kondisi mati, akan tetapi di artikel tersebut tidak dijelaskan secara detail mengenai aplikasi atau website apa yang digunakan.

Cara Mudah Melacak Lokasi HP

Khusus di artikel ini, Blogger Borneo akan menjelaskan mengenai salah satu fitur layanan yang dimiliki oleh perusahaan raksasa teknologi informasi dunia yaitu Google Find My Device. Google Find My Device hadir sebagai alat yang sangat membantu dalam menemukan perangkat yang hilang.

Google Find My Device adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna melacak dan menemukan perangkat Android yang hilang atau dicuri. Layanan ini memanfaatkan teknologi GPS dan sinyal perangkat Anda untuk memberikan lokasi yang tepat di mana perangkat Anda berada.

Baca Juga:   How to Build a Dating Site That People Will Actually Use?

Cara Mengaktifkan

Secara default, fitur Google Find My Device tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan perangkat Anda terhubung ke akun Google yang sama yang digunakan pada perangkat tersebut.
  • Buka aplikasi “Settings” atau “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  • Cari opsi “Security” atau “Keamanan” dan buka.
  • Di dalam opsi tersebut, cari “Find My Device” atau “Temukan Perangkat Saya” dan aktifkan fitur tersebut.

Cara Menggunakan

Setelah fiturnya aktif, langkah selanjutnya adalah menggunakan Google Find My Device. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka peramban web di komputer atau perangkat lain dan kunjungi situs web Find My Device (https://www.google.com/android/find).
  • Login dengan menggunakan akun Google yang terhubung dengan perangkat yang hilang.
  • Setelah masuk, Anda akan melihat peta yang menunjukkan lokasi perangkat Anda. Jika perangkat berada dalam jangkauan, Anda juga dapat memainkan suara untuk membantu menemukannya.
  • Selain itu, Anda dapat mengunci perangkat Anda dari jarak jauh, memperbarui kata sandi, atau menghapus data perangkat secara permanen untuk menjaga informasi pribadi Anda tetap aman.

Fitur Tambahan

Selain dapat digunakan untuk melacak lokasi keberadaan HP yang kita gunakan, Google Find My Device juga memiliki beberapa fitur tambahan yang menurut Blogger Borneo sangat berguna, seperti:

  • Battery Status atau Status Baterai: Anda dapat melihat seberapa banyak daya baterai yang tersisa di perangkat Anda.
  • Last Seen atau Terakhir Dilihat: Anda dapat melihat waktu terakhir perangkat Anda terhubung dengan internet.
  • Play Sound atau Mainkan Suara: Memainkan suara keras di perangkat Anda bahkan jika dalam mode senyap.
  • Lost Mode atau Mode Hilang: Mengunci perangkat Anda dengan pesan kontak dan nomor telepon sehingga orang yang menemukannya dapat menghubungi Anda.
  • Erase Device atau Hapus Perangkat: Menghapus semua data di perangkat Anda secara permanen.
Baca Juga:   Unlocking the Secrets of Taxi App Development Cost

Dengan beberapa fitur tambahan diatas, kita masih dapat mengontrol penggunaan perangkat smartphone yang digunakan dari jauh. Ya tentu saja kondisi HP tersebut harus dalam kondisi hidup dan aktif.

Kesimpulan

Google Find My Device adalah alat yang sangat berguna bagi pengguna Android untuk melacak dan menemukan perangkat yang hilang. Dengan fitur-fitur canggih seperti melihat lokasi perangkat, memainkan suara, dan mengunci perangkat dari jarak jauh,

Anda dapat menjaga keamanan data pribadi Anda dan mencegah penggunaan yang tidak sah. Jadi, pastikan Anda mengaktifkan Google Find My Device pada perangkat Android Anda agar Anda siap menghadapi situasi yang tidak diinginkan jika perangkat Anda hilang atau dicuri. (DW)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!