Indonesia Website Awards

Ocean Gate Titan, Rela Membayar Mahal untuk Sebuah Kematian

Image: entrepreneur.bisnis.com

Nama ini langsung menjadi viral di jagat maya ketika statusnya tidak diketahui keberadaannya. Di kedalaman Samudera Atlantik, Ocean Gate Titan dinyatakan hilang dan putus komunikasi sejak Ahad (18/06/2023) pagi.

Proses pencarian pun terus dilakukan, berbagai upaya evakuasi tidak henti-hentinya diupayakan, hingga pada akhirnya pada Jum’at (23/06/2023), tim Penjaga Pantai AS (US Coast Guard) telah menemukan puing-puing Ocean Gate Titan.

Sontak berita mengenai penemuan serpihan bangkai Ocean Gate Titan langsung heboh karena penumpangnya pada saat itu merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang miliarder, peneliti, pengusaha, dan ahli kelautan.

Selain pendiri dan CEO perusahaan, Stockton Rush, yang mengemudikan Ocean Gate Titan, empat orang penumpang lainnya yaitu:

  • Hamish Harding (58 Tahun) Miliarder dan Penjelajah dari Inggris;
  • Shahzada Dawood (48 Tahun) Pengusaha Inggris Kelahiran Pakistan;
  • Suleman Dawood (19 Tahun) Anak Shahzada Dawood; dan
  • Paul-Henri Nargeolet (77 Tahun) Ahli Kelautan Prancis dan Pakar Titanic Terkenal.

Khusus untuk nama terakhir, sebenarnya perjalanan ini sudah menjadi perjalanannya yang keberapa puluh kali. Sedangkan 3 (tiga) penumpang lainnya merupakan perjalanannya yang pertama sekaligus yang terakhir.

Sekilas Mengenai Titan

Ocean Gate Titan adalah kapal selam penjelajah laut dalam yang inovatif dan canggih. Dikembangkan oleh Ocean Gate Inc., kapal selam ini dirancang untuk menyelam ke kedalaman yang belum pernah tercapai sebelumnya, membuka peluang penjelajahan bawah laut yang menarik.

Titan memiliki struktur yang kuat dan tahan tekanan yang memungkinkannya untuk menyelam hingga kedalaman 6.000 meter. Kapal selam ini dilengkapi dengan teknologi terbaru, seperti sistem navigasi yang canggih, perangkat sonar yang sensitif, dan sistem komunikasi yang handal.

Baca Juga:   The Evolution and Significance of Digital Libraries in the 21st Century
Ocean Gate Titan Sedang Melakukan Penyelaman
Image: kabar24.bisnis.com

Salah satu fitur unik dari Ocean Gate Titan adalah kemampuannya untuk mengangkut hingga delapan penumpang. Hal ini memungkinkan para ilmuwan, peneliti, dan penjelajah untuk secara langsung menjelajahi dan mempelajari kehidupan laut dalam.

Kapal selam ini juga dilengkapi dengan jendela observasi besar yang memungkinkan penumpang melihat keindahan dan keajaiban alam bawah laut.

Ocean Gate Titan telah digunakan dalam berbagai ekspedisi penelitian laut dalam, membantu mengungkap misteri samudra yang belum terjamah.

Dengan teknologi dan kemampuan yang dimilikinya, kapal selam ini telah memberikan kontribusi besar dalam memperluas pengetahuan kita tentang lautan dan kehidupan di dalamnya.

Spesifikasi Teknis

Berikut adalah beberapa spesifikasi utama dari Ocean Gate Titan:

1. Kedalaman Maksimum

Ocean Gate Titan dirancang untuk mencapai kedalaman ekstrem, dengan batas maksimum hingga 6.000 meter. Hal ini memungkinkan eksplorasi di bagian terdalam dari samudra, membuka peluang baru untuk penelitian ilmiah dan penemuan.

2. Kapasitas Penumpang

Kapal selam ini dapat menampung hingga delapan penumpang, menjadikannya ideal untuk misi dan ekspedisi ilmiah. Ruang interior yang luas memastikan kenyamanan selama penyelaman dalam waktu yang lama, memungkinkan para peneliti, ilmuwan, dan penjelajah berpartisipasi secara aktif dalam eksplorasi bawah laut.

3. Desain Lambung

Lambung Ocean Gate Titan dibangun menggunakan bahan dan teknik rekayasa terkini untuk memastikan kekuatan, ketahanan, dan ketahanan terhadap lingkungan tekanan tinggi. Hal ini memungkinkan operasi yang aman bahkan pada kedalaman besar, menyediakan lingkungan yang aman bagi penumpang.

4. Jendela Observasi

Kapal selam ini dilengkapi dengan jendela observasi yang besar, memberikan pemandangan panoramis yang menakjubkan dari dunia bawah laut. Jendela-jendela ini terbuat dari bahan khusus yang dapat menahan tekanan besar, memungkinkan penumpang untuk menyaksikan keindahan yang memukau dari ekosistem lautan dalam.

Baca Juga:   Pontianak Beautiful Borneo City

5. Sistem Navigasi dan Sonar

Ocean Gate Titan dilengkapi dengan sistem navigasi canggih yang menggunakan GPS, sonar, dan teknologi terkini lainnya. Sistem-sistem ini memungkinkan penentuan posisi yang akurat, pemetaan dasar laut, dan navigasi bawah air yang efisien, memfasilitasi penelitian ilmiah dan kegiatan eksplorasi.

6. Perlengkapan Pengambilan Sampel

Kapal selam ini dilengkapi dengan alat dan peralatan pengambilan sampel inovatif. Hal ini memungkinkan para peneliti untuk mengumpulkan sampel air, sedimen, dan organisme hidup dari lingkungan laut dalam, berkontribusi pada pemahaman kita tentang ekosistem laut dan keanekaragaman hayati di dalamnya.

7. Fitur Keselamatan

Ocean Gate Titan mengutamakan keselamatan dengan sistem-sistem redundan dan protokol darurat. Termasuk di dalamnya pasokan daya cadangan, sistem dukungan kehidupan, dan prosedur evakuasi darurat untuk memastikan kesejahteraan penumpang dalam situasi yang tidak terduga.

Lokasi Hilangnya Ocean Gate Titan
Image: travel.detik.com

Sebenarnya keberadaan Ocean Gate Titan menjadi sebuah terobosan yang signifikan dalam kemampuan eksplorasi lautan dalam. Jika dilihat dari spesifikasinya yang mengesankan dengan penggunaan teknologi canggih, kapal selam ini boleh dikatakan aman.

Akan tetapi pada kenyataannya, setelah melakukan perjalanan kesekian kali ternyata Ocean Gate Titan kalah dengan ganasnya kedalaman Samudera Atlantik.

Kesimpulan

Diluar faktor teknis yang telah Blogger Borneo jelaskan diatas, ada satu poin penting ingin disampaikan yaitu waktu, tempat, dan kondisi kematian kita bisa kapan saja, dimana saja, dan sedang melakukan aktivitas apa.

Dari apa yang baru saja dialami oleh Ocean Gate Titan, kita dapat melihat secara nyata bagaimana para penumpangnya yang notabene memiliki latar belakang cukup dikenal dan memiliki banyak uang, justru harus meninggal dengan cara cukup “mahal”.

Blogger Borneo tidak dapat mendapatkan informasi detail mengenai berapa biaya menaiki Ocean Gate Titan untuk selanjutnya melakukan perjalanan wisata ke lokasi tenggelamnya kapal Titanic, yang pasti biayanya tidaklah sedikit.

Baca Juga:   Konservasi Sumber Daya Air Taman Nasional Danau Sentarum

Semoga dari kisah ini dapat memberikan pelajaran bagi kita bahwa kematian itu sebenarnya sangat dekat, dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan ketika kita sedang melakukan apa. Semoga Allah mengambil kita dalam kondisi husnul khotimah. Amin Ya Allah… (DW)

Referensi:

  • https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230623/265/1668372/terungkap-bos-oceangate-langgar-aturan-pembuatan-kapal-selam-titanic-yang-hilang
  • https://kabar24.bisnis.com/read/20230623/19/1668357/ditemukan-begini-kondisi-kapal-selam-wisata-titanic-yang-tewaskan-5-miliader-dunia
  • https://kabar24.bisnis.com/read/20230623/19/1668351/bangkai-kapal-selam-wisata-titanic-ditemukan-penumpang-dinyatakan-tewas
  • https://travel.detik.com/travel-news/d-6788023/sesumbar-ceo-oceangate-berujung-petaka
RajaBackLink.com
Don`t copy text!