BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Fakta Menarik Tentang Augmented Reality

Augmented reality (AR) adalah sebuah lingkungan bagian dari dunia nyata yang dilengkapi dengan data digital menggunakan perangkat modern seperti komputer, tablet, smart glass atau smartphone.

AR terus berkembang dan setiap hari kita mendapatkan lebih banyak informasi baru tentang pengenalan elemen augmented reality tertentu dalam hidup kita.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Augmented Reality yang luar biasa :

Kolaborasi Antara Dokter Dengan AR

Dokter dapat menggunakan AR dengan operasi kolaboratif, dan bahkan mengadakan pertemuan yang efektif tentang masalah medis apa pun dengan konferensi video AR. Ini bisa menjadi momen yang menyelamatkan hidup dengan bantuan spesialis yang terletak jauh dari klinik.

Augmented Reality dalam Bedah

Pembedahan dulu memiliki angka kematian yang tinggi. Sekarang, dengan AR, prosedur bisa jauh lebih aman dari sebelumnya. AR dapat membantu dokter dan spesialis, memberikan mereka semua informasi yang diperlukan saat mencoba menyelamatkan nyawa pasien.

Saat dokter beroperasi, mereka dapat lebih menyadari lokasi organ, jerat vena, dan laporan diagnosis, yang muncul tepat di depan mata mereka.

Teknologi tidak diragukan lagi dapat membantu meminimalkan risiko. Selain itu, ini akan membantu mengurangi proses pembedahan terperinci secara dramatis.

AR Membantu Pasien Mendeskripsikan Gejala

Diagnosis yang akurat membutuhkan gejala yang dirinci secara akurat. Pasien cukup sering kesulitan menjelaskan gejala mereka. Situasi seperti itu dapat menyebabkan diagnosis yang salah.

Sebuah aplikasi medis, menggunakan layar kamera untuk mensimulasikan dampak kondisi tertentu pada penglihatan seseorang. Aplikasi AR dapat menampilkan simulasi penglihatan pasien yang menderita kondisi tertentu.

AR dapat Membantu Perawat Menemukan Vena Dengan Mudah

Aplikasi menggunakan augmented reality dengan menggunakan pemindai genggam yang menonjol di atas kulit dan menunjukkan kepada perawat dan dokter di mana letak vena di tubuh pasien. Teknologi ini telah digunakan pada lebih dari 10 juta pasien. Aplikasi AR membantu menemukan vena pada tingkat pertama 3,5x lebih mungkin.

Hololens dapat Membantu dengan Studi Anatomi

Aplikasinya bernama HoloAnatomy membantu untuk memvisualisasikan tubuh manusia dengan cara yang sederhana dan spektakuler.

Headset HoloLens dari Microsoft dapat membantu pengguna aplikasi untuk melihat segala hal mulai dari otot hingga urat terkecil pada model holografik dinamis. Aplikasi semacam itu dapat segera merevolusi pendidikan kedokteran, karena siswa dapat memvisualisasikan tubuh manusia dalam 3D.

AR Membantu Anak-Anak Belajar Tentang Tubuh Manusia

Kita dapat melihat bagian dalam tubuh manusia melalui hologram realistis. Virtuali-tee menghidupkan anatomi, membuatnya menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak-anak untuk menjelajahi tubuh manusia.

IKEA Menggunakan AR untuk Mendukung Belanja Furnitur di Rumah

Aplikasi IKEA Place menggunakan AR untuk memungkinkan pembeli furnitur melihat furnitur di rumah mereka. Kunci keberhasilan aplikasi ini: ia memindai ruangan untuk mendapatkan dimensinya dan kemudian menunjukkan kesesuaian furnitur dengan akurasi 98 persen.

Dulux Paint Menggunakan AR untuk Menampilkan Warna Cat di Dinding Pelanggan

Dengan Aplikasi Visualizer, perusahaan cat Dulux memungkinkan pembeli melihat tampilan lebih dari 1.200 warna cat di dinding mereka. Ini memecahkan masalah kuno mencoba memvisualisasikan sampel warna persegi kecil yang diperluas untuk menutupi ruangan.

Lego Hidden Side & Bic Kids Layer Game Interaktif ke Mainan Nyata

Aplikasi Lego’s Hidden Side AR menawarkan cara tambahan kepada anak-anak untuk terlibat dengan Lego mereka: aplikasi ini melapisi permainan berburu hantu di atas kreasi fisik. Di masa karantina, fitur seperti ini dapat mengubah produk dari yang bagus untuk dimiliki menjadi yang harus dimiliki, terutama bagi orang tua yang bekerja mencari cara untuk menyibukkan anak.

Pelatihan dengan AR

Setiap industri perlu melatih rekrutan baru. AR digunakan untuk membuat program pelatihan dan instruksi langkah demi langkah diberikan kepada peserta pelatihan. Ini menciptakan program pelatihan yang lebih menarik dan interaktif.

Kolaborasi Jarak Jauh

Di setiap industri ada kalanya pekerja perlu berkolaborasi dengan pakar jarak jauh dan dengan AR, kolaborasi ini melampaui telekonferensi biasa. Pakar dapat memandu pekerja, dan dengan berbagai alat AR mereka dapat menggambar di layar dan menyorot area tertentu. Jadi, ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik.

AR untuk Industri Perakitan

Dalam industri, seperti otomotif atau semikonduktor, di mana semua pekerja merakit komponen, mereka biasanya mengandalkan instruksi kertas atau mengingat semua langkah. Tetapi dengan augmented reality, mereka diberi petunjuk langkah demi langkah, menyederhanakan pekerjaan mereka.

AR untuk Logistik Gudang

Aplikasi AR semakin banyak digunakan untuk pengambilan pesanan di gudang. Jadi aplikasi AR pada dasarnya menggabungkan banyak kemampuan lain, seperti pengenalan gambar, pemindaian barcode, navigasi dalam ruangan, dan semuanya diintegrasikan dengan sistem manajemen gudang.
AR Membantu Diagnosis Pasien Jarak Jauh Selama Pandemi Corona

Di antara banyak aplikasi, AR dan VR membantu diagnosis pasien jarak jauh dan pelatihan dokter selama pandemi virus corona. Contoh AR dan realitas virtual menunjukkan bahwa teknologi ini dapat membantu dalam produksi yang berkelanjutan di lantai pabrik, pembelajaran, dan bisnis, semua dengan kontak yang berkurang tanpa menghentikan ekonomi.

AR dalam Industri Desain dan Konstruksi

Dengan AR, Anda dapat mendesain lebih baik dengan kesalahan minimal dalam arsitektur dan juga merasakan produk jadi sebelum selesai. Contoh augmented reality terbaik juga ada dalam renovasi rumah dan mencoba beberapa produk rumah secara virtual sebelum membeli.

Aplikasi seluler AR memungkinkan pekerja konstruksi untuk memvisualisasikan bagaimana bangunan akan terlihat pada penyelesaian sebelum mereka berada di lokasi yang direncanakan. Ini dilakukan dengan mengarahkan kamera aplikasi ke lokasi dan menyesuaikan dengan model dan denah rumah.

Tunjukkan kepada klien apa yang ingin Anda bangun untuk mereka. Aplikasi lain termasuk aplikasi RealAR dan Gamma AR. Rencanakan dan kelola aset, kontrak, dan lakukan perawatan dan perbaikan dengan mudah dengan lebih sedikit kesalahan.

AR di Manufaktur

Di sektor Manufaktur, contoh AR mencakup pemeliharaan dan perbaikan virtual dan jarak jauh di lantai produksi pabrik.

Melakukan instalasi, perbaikan, dan pemeliharaan jarak jauh yang dipandu oleh ahlinya tanpa harus membawa ahlinya ke lokasi. Hal ini dicapai dengan melapisi instruksi atau model atau lainnya di tempat nyata di mana Anda ingin melakukan perbaikan, pemeliharaan, atau pemasangan.

AR di Dunia Pendidikan

AR memungkinkan siswa belajar dalam tindakan, terhubung dengan guru dari jarak jauh. Mereka dapat belajar secara virtual menggunakan konten sensitif lokasi geografis. Seperti yang akan membuat augmented reality berikut dalam contoh pendidikan, ini hadir dengan manfaat dari perasaan kehadiran karena perendaman virtual, peningkatan partisipasi dengan interaksi yang lebih baik dengan konten, dan gamifikasi pembelajaran. (CW)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.