Indonesia Website Awards

Forum Indonesia Menulis, Mengajarkan Membuka Gerbang Dunia dengan Tulisan

Founder Forum Indonesia Menulis Bersama Menteri Pendidikan Nadiem Makarim (Image: infopublik.id)

Forum Indonesia Menulis

Menulis adalah seni yang berharga. Dalam bentuknya yang sederhana, ia hanya membutuhkan pena dan kertas, atau dalam era digital saat ini, keyboard dan layar. Namun, jangan biarkan kekompakan alat-alat tersebut menipu Anda.

Menulis adalah kekuatan yang tak ternilai dalam mengungkapkan pemikiran, menggerakkan perubahan, dan menginspirasi orang lain. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya menulis sebagai bentuk ekspresi pribadi dan sebagai alat pencerahan yang kuat.

Menulis adalah sebuah perjalanan yang membawa kita ke dalam dunia pikiran kita sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari yang sibuk dan terhubung secara digital, seringkali sulit untuk menemukan momen ketenangan dan refleksi yang sesungguhnya.

Namun, ketika kita duduk dengan pena di tangan atau jari di atas keyboard, kita diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan pikiran kita sendiri.

Menggali Kedalaman Jiwa

RajaBackLink.com

Sebagai salah satu forum yang fokus mengembangkan dunia literasi di Indonesia, Forum Indonesia Menulis (FIM) mengajarkan bagaimana menulis dapat membuat kita menggali kedalaman jiwa kita, merenungkan pengalaman hidup, dan menyusun makna dari dunia yang kadang kacau ini.

Tidak hanya itu, menulis juga merupakan alat yang kuat dalam berbagi gagasan dengan orang lain. Dalam dunia yang terhubung melalui media sosial dan platform digital, tulisan kita dapat mencapai ribuan orang dengan cepat.

Ini memberi kita kekuatan untuk mempengaruhi dan mempengaruhi mereka dengan ide-ide kita. Menulis adalah cara yang efektif untuk berbicara kepada dunia, memicu perdebatan, dan membangkitkan kesadaran akan isu-isu penting.

Forum Indonesia Menulis akan memberikan gambaran bagaimana pemikiran yang dituangkan dalam tulisan dapat mempengaruhi perubahan sosial, mendorong kesadaran diri, dan menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Baca Juga:   Rumah Belajar, Media Pembelajaran Online Gratis dari Kemdikbud

Keterampilan Pengembangan Diri

Menulis juga merupakan keterampilan yang penting dalam pengembangan diri. Dalam proses mengasah kemampuan menulis, kita belajar untuk merumuskan gagasan dengan lebih jelas dan teratur. Kita belajar mengorganisir pikiran kita, menyusun argumen yang kuat, dan mengembangkan gaya tulisan yang unik.

Dalam proses ini, Forum Indonesia Menulis akan membimbing kita untuk dapat mengasah kemampuan komunikasi kita, tidak hanya dalam bentuk tulisan, tetapi juga dalam komunikasi lisan. Menulis memberi kita kesempatan untuk mengungkapkan diri dengan lebih baik dan menjadi lebih persuasif dalam menyampaikan gagasan kita kepada orang lain.

Selain itu, menulis juga berperan dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas kita. Saat kita menulis cerita atau puisi, kita menciptakan dunia sendiri di mana segala sesuatu mungkin terjadi.

Membebaskan Diri dari Realita

Kita bisa menjadi penulis yang menghancurkan batasan dan membebaskan diri dari realitas sehari-hari. Menulis membantu kita melatih imajinasi kita, memperluas pandangan dunia kita, dan menginspirasi kreativitas tak terbatas.

Bahkan dalam menulis non-fiksi, kita memiliki kebebasan untuk mengaitkan gagasan-gagasan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, menciptakan hubungan yang mengejutkan, dan memicu ide-ide baru yang inovatif.

Namun, meskipun menulis adalah alat yang kuat dan bermanfaat, tidak semua orang merasa nyaman dengan proses ini. Ada yang merasa canggung dalam menyusun kata-kata, merasa tidak punya cukup waktu, atau merasa takut dihakimi oleh orang lain.

Profil FIM

FIM merupakan singkatan dari Forum Indonesia Menulis, sebuah wadah yang dibentuk untuk memberikan pendampingan di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), peningkatan kompetensi literasi, personal branding, pembangunan karakter dan profesional karir.

Secara khusus Forum Indonesia Menulis dikhususkan untuk guru, pengawas, dosen, siswa, mahasiswa, pegiat literasi dan untuk mereka yang siap bertumbuh bersama, berkembang secara masif dan abadi dengan karya.

Baca Juga:   Mengenal Platform Olymp Trade

Forum Indonesia Menulis dibentuk pada tahun 2017 oleh M Fakrul Roji, seorang pemuda kreatif dan inovatif dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sejak awal terbentuk hingga saat ini, FIM telah berhasil menerbitkan lebih dari 100 ribu eksemplar buku karya guru penulis.

Alhamdulillah setiap tahunnya angka ini terus bertambah karena FIM selalu menyelenggarakan pelatihan yang digelar rutin selama roadshow di seluruh Indonesia. Selain itu, semangat para pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi motivasi tersendiri.

Masuk dalam Program Organisasi Penggerak

Forum Indonesia Menulis masuk dalam daftar Program Organisasi Penggerak yang dicanangkan dan diinisiasi oleh Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia setelah mengajukan proposal dengan judul “Wisata Literasi Guru”.

Program ini dirancang khusus bagi para pendidik guna pengembangan pribadi dan profesionalitas, yang juga nantinya akan bermanfaat bagi para peserta didik. Program ini juga melibatkan guru dalam kegiatan pengembangan literasi terutama kemampuan menulis.

Tahapan pada program ini mengacu pada empat sub program, diantaranya:

  1. Kalbar Menulis
  2. Teacher Writer
  3. Sekolah Literasi
  4. Mendikbud Award

Kesimpulan

Menulis adalah sebuah kegiatan yang memiliki nilai yang tak ternilai dalam kehidupan kita. Ini adalah alat yang kuat dalam mengungkapkan diri, berbagi gagasan, dan mempengaruhi perubahan sosial.

Melalui menulis, kita dapat menjelajahi dan merenungkan pikiran kita sendiri, sambil membangun pemahaman yang lebih dalam tentang diri dan dunia di sekitar kita. Menulis juga membantu mengembangkan kemampuan komunikasi, kreativitas, dan imajinasi kita.

Meskipun ada tantangan dan ketakutan yang terkait dengan menulis, penting untuk mengatasi rintangan ini dan melihat potensi yang ada. Mulailah dengan langkah kecil dan biarkan kata-kata mengalir.

Ingatlah bahwa menulis adalah perjalanan pribadi yang memberikan kebebasan ekspresi dan kesempatan untuk menemukan suara unik kita.

Jadi, mari kita gunakan kekuatan menulis ini dengan bijak. Mari kita mengeksplorasi potensi kreativitas kita, mempengaruhi orang lain dengan gagasan-gagasan yang bermakna, dan membawa perubahan positif dalam dunia ini. Dalam menulis, kita membuka pintu menuju pencerahan, pemahaman diri, dan pengaruh yang lebih besar. (DW)

Don`t copy text!