Laporan Keuangan Pasar Modal
Image: MediaIndonesia.Com

Dalam pasar modal, laporan keuangan memiliki fungsi yang sangat vital bagi para investor karena bisa menjadi salah satu alat bantu untuk mempertimbangkan keputusan yang akan diambil dalam melakukan investasi.

Laporan Keuangan Pasar Modal

Oleh karena itu, laporan keuangan perusahaan publik memiliki fungsi strategis sebagai informasi yang menggambarkan kinerja perusahaan.

Dari laporan keuangan dapat diketahui pergerakan aktiva perusahaan, jumlah kewajiban yang masih harus dibayar, jumlah saham yang beredar, dan semua kegiatan operasional perusahaan.

Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas lima bagian, antara lain :

Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan dari entitas bisnis atau perusahaan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham pada waktu tertentu.

Laporan Rugi Laba

Laporan Laba Rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas adalah laporan yang memperlihatkan secara rinci arus kas penerimaan dan pengeluaran arus kas dari suatu usaha atau bisnis. Laporan ini meliputi total kas yang masuk berupa tunai maupun investasi tunai yang sudah diinvestasikan.

Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal dibuat agar perusahaan dapat menggambarkan peningkatan maupun penurunan dari aktiva bersih (kekayaan) dalam periode tertentu dengan prinsip pengukuran tertentu untuk dianut.

Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) menyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran dan Neraca.

Kesimpulan

Yang terutama harus dicermati investor adalah komponen utama dalam Neraca yaitu aktiva (harta) karena komponen tersebut menggambarkan posisi kekayaan suatu perusahaan.

Berikutnya adalah komponen kewajiban yang menggambarkan posisi hutang yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan komponen yang terakhir adalah hak minoritas dan ekuitas (modal).

Para investor juga diwajibkan untuk membaca Laporan Laba Rugi karena pada bagian ini bisa dicermati mengenai nilai penjualan bersih atau pendapatan usaha, beban penjualan, laba/rugi sebelum pajak, serta laba rugi bersih per saham.

Laporan Arus Kas memaparkan arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan.

Sedangkan Laporan Perubahan Modal adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan kekayaan perusahaan selama periode pelaporan.

Catatan atas Laporan Keuangan tidak akan ditemukan dalam Laporan Keuangan yang dipublikasikan di surat kabar.

Tetapi dipaparkan pada laporan keuangan lengkap hasil audit akuntan publik yang disampaikan kepada otoritas Pasar Modal atau yang dicetak oleh Emiten berupa buku Annual Report. (Diambil dari berbagai sumber)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News