Archives

Gathering Relawan TIK Kalbar, Silaturahim Sekaligus Evaluasi Kegiatan Menutup Tahun 2021

Gathering Relawan TIK Kalbar 2021
Image: Dok. Panitia

Menjelang tutup tahun, para pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan gathering di Wisata Religi Darul Fikri Kubu Raya pada minggu pertama Desember 2021.

Gathering Relawan TIK Kalbar

Meskipun masih memiliki beberapa agenda kegiatan di penghujung tahun 2021 ini, para pengurus Relawan TIK Kalimantan  Barat telah melaksanakan gathering pada hari ini, Sabtu (04/12/2021) di lokasi Wisata Religi Darul Fikri Kubu Raya. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dimulai dari jam 10 pagi hingga menjelang siang.

Tepat jam 08.45 WIB Blogger Borneo turun dari rumah dengan tujuan mengantar anak berangkat sekolah terlebih dahulu, setelah itu baru langsung meluncur ke lokasi pelaksanaan kegiatan gathering RTIK Kalbar ini. Dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk mencapai lokasi ini dari titik keberangkatan Sungai Raya Dalam.

Setibanya di lokasi, tampak beberapa pengurus telah hadir dan menempati area yang telah dipersiapkan yaitu di Workspace Anti Galau Darul Fikri Kubu Raya. Oh iya, bagi kawan-kawan yang ingin menjadikan lokasi ini sebagai tempat briefing, meeting, arisan, virtual office, dan sejenisnya bisa langsung menghubungi Ustadz Nur Kholik.

Sekedar memberikan pengenalan bahwa Wisata Religi Darul Fikri Kubu Raya merupakan salah satu obyek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena suasana lingkungannya adalah lingkungan pondok pesantren. Disini tersedia beberapa fasilitas seperti tempat untuk bersantai, tempat pertemuan, mini zoo, kebun percontohan anggur, dan beberapa lagi lainnya.

Evaluasi Tahun Berakhir

Setelah dibuka oleh Rahmad Widyo mewakili Ketua RTIK Kalbar yang pada saat bersamaan berhalangan hadir dikarenakan situasi dan kondisi, agenda kegiatan langsung dimulai dengan pembahasan mengenai evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Relawan TIK Kalimantan Barat di sepanjang tahun 2021.

Alhamdulillah meskipun secara kepengurusan, RTIK Kalimantan Barat baru diisi oleh para punggawa baru di triwulan kedua tahun 2021, namun dalam perjalanannya hingga menjelang tutup tahun bisa dianggap pencapaiannya sungguh luar biasa. Blogger Borneo sendiri memberikan empat jempol atas segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini.

Diawali dengan kegiatan RTIK Berkreasi yang menjadi salah satu program unggulan dari Relawan TIK Indonesia, RTIK Kalbar sukses beberapa kali menyelenggarakan dengan jumlah peserta yang mengikuti secara daring mencapai sekitar 2000-an orang. Diikuti dengan kegiatan Pemberdayaan Desa yang secara luring diikuti oleh 150-an orang.

Khusus untuk program Gerakan Literasi Digital Nasional (GLDN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) dan Siberkreasi, beberapa pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat juga masuk dalam database narasumber nasional dan lokal untuk kegiatan Webinar Nasional Literasi Digital yang dilaksanakan sejak triwulan kedua tahun ini.

Workspace Cafe Anti Galau Darul Fikri Kubu Raya
Image: Dok. Pribadi

Aktivitas Akhir Tahun

Meskipun kegiatan gathering RTIK Kalbar akhir tahun ini telah dilaksanakan, masih ada 2 (dua) kegiatan lagi yang akan diselenggarakan yaitu terkait dengan RTIK Goes to School yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2021 di SMA Kapuas Pontianak dan Peringatan Hari Ibu yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 2021.

Sebenarnya jika masih memungkinkan untuk waktu dan kesempatannya, Insya Allah akan dilaksanakan kegiatan kunjungan ke Kampung Wisata Tanjak yang berada di kawasan Tanjung Raya 2 Pontianak. Selain kunjungan, sedang direncanakan untuk menyisipkan kegiatan dalam bentuk Literasi Digital ke masyarakat lingkungan sekitar. Semoga bisa terlaksana, Amin Ya Allah…

Secara umum Relawan TIK Kalimantan Barat dalam aktivitasnya selama ini menjadi salah satu organisasi kerelawanan yang berupaya secara rutin dan optimal memberikan edukasi ke masyarakat dengan latar belakang pendidikan maupun pekerjaan beraneka macam. Dalam menjalankan misinya, RTIK Kalbar selalu membuka kesempatan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Program Tahun 2022

Masuk ke sesi pembahasan mengenai rencana program apa saja yang akan dilaksanakan oleh Relawan TIK Kalimantan Barat, para pengurus yang hadir diminta untuk memberikan saran dan masukan. Dari pendapat tersebut, diambil beberapa yang mungkin untuk dilakukan, antara lain: RTIK Goes to School, RTIK Goes to Campus, RTIK Berdedikasi, RTIK Masuk Desa, RTIK UKM Berdaya, dan ERTIK Mart.

RTIK Kalbar Makan Siang di Wisata Religi Darul Fikri Kubu Raya
Image: Dok. Pribadi

Alhamdulillah kegiatan Gathering Relawan TIK Kalbar telah selesai dilaksanakan. Melihat dua buah meja di pojok ruangan, diatasnya telah tersaji beberapa jenis hidangan makan siang. Sayur Keladi, Bihun Goreng, Tempe Goreng, Paceri Nanas, dan tidak ketinggalan Sambal Belacan menjadi menu utama siang ini.

Blogger Borneo atas nama pribadi mengucapkan terima kasih banyak kepada Ustadz Nur Kholik atas layanan istimewa yang diberikan siang hari ini. Menjadi keputusan tepat menjadikan Wisata Religi Darul Fikri Kubu Raya sebagai salah satu lokasi gathering rekomendasi bernuansa sejuk, nyaman, dan jaraknya tidak begitu jauh dari Kota Pontianak.

Sedangkan untuk para pengurus, terima kasih telah berkenan untuk menyempatkan diri hadir dalam Gathering Relawan TIK Kalbar ini. Tetap semangat untuk berinisiatif dan berkreasi memberikan edukasi demi mewujudkan satu misi yaitu membuat masyarakat Kalimantan Barat #MakinCakapDigital. Sehat dan istiqomah selalu untuk semua. Amin… (DW)

Dapatkan Penghasilan Tambahan dari Program Referral Involve Asia