Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Hari Blogger Nasional 2014, Kenapa Saya Jadi Blogger?

Hari Blogger Nasional 2014, sebenarnya Blogger Borneo hampir lupa dengan istilah ini. Ya maklum saja, sejak mulai belajar ngeblog di tahun 2008 semangat yang dimiliki bukanlah semangat hanya untuk memperingati hari “bersejarah” bagi para blogger Indonesia ini melainkan karena semangat Blogger Borneo sendiri ingin belajar memahami dan mendalami mengenai apa itu blog. Jika dilihat dari sejarah adanya Hari Blogger Nasional, semuanya bermula dari diselenggarakannya Pesta Blogger pertama kali pada tanggal 27 Oktober 2007. Karena sifat acaranya “besar” dan “wah” maka yang membuka langsung pada saat itu adalah Menteri Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) yaitu Bapak M. Nuh. Nah, pada saat pembukaan Pesta Blogger itulah Beliau langsung mencanangkan hari tersebut sebagai Hari Blogger Nasional. 🙂

Tidak terasa 7 tahun telah berlalu, sejak dicanangkan hingga hari ini euforia mengenai keberadaan Hari Blogger Nasional terus mengalami penurunan. Untuk Kalimantan Barat sendiri, di tahun 2014 sepertinya sama sekali tidak ada kegiatan yang sifatnya berpihak kepada para Buda’ Blogger (istilah untuk menyebutkan Blogger dari Kota Pontianak). Jika di dua tahun sebelumnya ada istilah lomba blog dengan tema Hari Jadi Kota Pontianak ke 241 dan Hari Jadi Kota Pontianak ke 242, untuk tahun ini tidak ada lagi istilah Hari Jadi Kota Pontianak ke 243 di dunia maya. Well, hukum alam telah berbicara. Ketika para Buda’ Blogger dirasakan tidak cukup memberikan dampak yang signifikan bagi beberapa pihak-pihak tertentu, kamipun mulai dilupakan.

Kopdar Hari Blogger Nasional 2014 Blogger Kalbar
Kopdar Hari Blogger Nasional 2014 di Cafe Telkom Pontianak

Tapi Alhamdulillah meski status para Buda’ Blogger telah terlupakan, justru secara personal kami terus semangat dan aktif menghiasi dunia perbloggeran Indonesia. Hari Blogger Nasional 2014 memang boleh terlupakan, tapi semangat para Buda’ Blogger tetap tidak akan padam. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran beberapa Buda’ Blogger muda yang meski belum genap setahun belajar ngeblog namun sudah mampu membawa harum nama Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kancah perlombaan menulis blog dan kontes SEO Indonesia. Sebut saja mereka ini Ahmad Kurniadi, Priangga Otviapta, Petrus Andre, Feri Harjulianto, Ero Prasitha Pradana, Akhmad Rizaldi, Liu Purnomo, Siti Mustiani, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kombinasi antara kehadiran para Buda’ Blogger muda ini dengan beberapa Buda’ Blogger yang telah dianggap senior seperti Dwi Wahyudi, Rohani Syawaliah, dan M. Sahlan Attazkiyah telah mampu menghasilkan nuansa baru dalam dunia perbloggeran di Kalimantan Barat. 🙂

Mungkin diantara kawan-kawan yang notabene belum paham atau bahkan belum tahu mengenai apa itu blog dan manfaatnya seperti apa pasti akan bertanya kepada para Buda’ Blogger muda ini termasuk Blogger Borneo sendiri KENAPA SAYA JADI BLOGGER?. Jika pertanyaan ini dilontarkan kepada masing-masing orang tentunya jawaban mereka akan berbeda-beda, sedangkan secara pribadi Blogger Borneo akan memberikan jawabannya seperti ini.

ALASAN SAYA JADI BLOGGER

1. Saya Bisa Belajar Copas

Copas merupakan kepanjangan dari copy paste, sebuah istilah yang sebenarnya diharamkan untuk dilakukan oleh para blogger karena Mbah Google paling membenci aktivitas “ilegal” ini. Pada waktu awal belajar ngeblog, setahun Blogger Borneo belajar copas melalui sebuah blog gratisan dengan nama http://accountingcommunity.blogspot.com. Alhamdulillah setelah setahun berjalan, Blogger Borneo berhenti melakukan aktivitas duplikasi konten ini dan mulai belajar menjadi seorang blogger murni.

2.  Saya Bisa Belajar Menulis

Di tahun kedua, tepatnya 2009 Blogger Borneo memutuskan untuk “insyaf” dan pindah haluan. Sempat bingung akan menggunakan nama domain apa, pada akhirnya pilihan jatuh pada nama domain www.bloggerborneo.com. Alhamdulillah pada saat itu semua akun atas nama “bloggerborneo” untuk semua jenis layanan email, social media, dan sosial bookmarking masih tersedia sehingga harapan untuk melakukan “branding” terhadap diri sendiri secara online masih terbuka lebar.

3. Saya Bisa Belajar Personal Branding

Ada satu istilah yang cukup terkenal pada saat itu adalah “BLOGGER ITU WAJIB NARSIS”, hal ini dikarenakan aktivitas narsis merupakan bagian dari “Personal Branding” seorang blogger agar dikenal orang. Maklum saja, salah satu cara agar kita dikenal orang secara online adalah membuat diri kita terkenal dengan personal branding kita. Alhamdulillah sejak memiliki domain sendiri hingga saat ini, Blogger Borneo telah memiliki personal branding sendiri. Jadi, jika orang-orang bertanya siapakah blogger terkenal dari negeri Kalimantan? Jawabannya adalah Blogger Borneo. Cieeeeeeeee… Geer nih ye 😛

4. Saya Bisa Belajar Berbagi

Care to share, berbagi tidak pernah akan membuat rugi. Hal ini menjadi filosofi dasar Blogger Borneo dalam beraktivitas online sehari-hari. Keyakinan bahwa ilmu akan terus bertambah jika sering dibagi membuat Blogger Borneo menyadari bahwa diatas langit masih ada langit. Ingat, menjadi sombong tidak akan membuatmu semakin terkenal justru sebaliknya akan membuatmu semakin terbenam.

5. Saya Bisa Belajar Memperoleh Penghasilan

Alhamdulillah setelah sekian tahun ngeblog secara perlahan namun pasti Blogger Borneo mulai memberikan cukup penghasilan. Yang harus dipahami adalah pengalaman merupakan guru terbaik. Oleh karena itu tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan dan kerja keras. Yakinlah bahwa semua kerja keras dan pengorbanan tetap akan “menghasilkan” di suatu hari nanti. Dan penghasilan itu tidak selalu dalam bentuk uang maupun barang, tapi bisa berupa amal dan pahala yang tidak akan putus diperoleh selama itu bermanfaat bagi orang lain.

Hhhhmmm… apa lagi ya? Sepertinya sudah cukup ya? 5 (lima) alasan KENAPA SAYA JADI BLOGGER diatas telah Blogger Borneo jelaskan secara gamblang. Disini Blogger Borneo tidak ada niat sekalipun ingin menyombongkan diri karena bagaimanapun juga KESOMBONGAN HANYA MILIK ALLAH SWT. Blogger Borneo hanya berharap bagi siapa saja yang membaca tulisan di Hari Blogger Nasional 2014 ini dapat termotivasi dan terinspirasi untuk melakukan hal serupa. Tentunya apa yang Blogger Borneo tuliskan disini tidak bersifat mengikat dan suka-suka. Jadi ingat dengan statement dari seorang sahabat bahwa sebuah aktivitas yang cukup nikmat dan nyaman dijalani adalah HOBI YANG DIBAYAR. Ya sama seperti kisah disinilah, semuanya bermula dari HOBI NGEBLOG lama kelamaan menjadi HOBI YANG DIBAYAR. Tetap semangat para Buda’ Blogger, SELAMAT MEMPERINGATI HARI BLOGGER NASIONAL 2014. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.