Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Info Terbaru Seleksi Penerimaan Pendamping Desa Tahun 2015

BLOGGERBORNEO.COM – Mulai per hari ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KEMENDES PDTT) membuka pendaftaran bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi Pendamping Desa Tahun 2015. Sesuai dengan aturan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Desa Terbaru Nomor 6 Tahun 2014 bahwa nantinya setiap desa akan mendapat dana maksimal 1 miliar rupiah, maka disini pemerintah membutuhkan tenaga-tenaga pendamping setingkat sarjana untuk menjadi fasilitator desa tersebut.

Mungkin sebelumnya kawan-kawan sudah pernah mendengar istilah program PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan), program SMD WP (Sarjana Membangun Desa Wirausahawan Pendamping), dan Fasilitator PNPM. Sekarang pertanyaannya adalah apakah program Pendamping Desa ini juga sama konsep dan mekanisme pelaksanaannya???

Sampai saat tulisan ini dibuat, belum bisa diperoleh informasi detail mengenai pelaksanaan program Pendamping Desa. Tim Blogger Borneo mencoba mencari informasi melalui website pendamping.kemendesa.go.id, namun hanya tersedia informasi mengenai seleksi penerimaan pendamping desa tahun 2015 dimana untuk prosesnya akan dilaksanakan secara online. Jadi jika nantinya ada pihak oknum yang menawarkan bisa menerima diluar mekanisme pendaftaran secara online maka harap diabaikan saja.

Tampilan Halaman Seleksi Penerimaan Pendamping Desa 2015
Tampilan Halaman Seleksi Penerimaan Pendamping Desa 2015

SYARAT PENDAFTARAN PENDAMPING DESA

Secara umum, syarat utama yang harus dipenuhi sebelum mengikuti proses seleksi calon pendamping desa, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  • Usia Maksimal 40 Tahun
  • Memiliki Ijazah S1 Legalisir
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pas Foto Berwarna Terbaru
  • Bersedia Ditempatkan di Seluruh Wilayah Desa Tempat Seleksi

Kesemua persyaratan ini akan dimasukkan pada saat mendaftar secara online, oleh karena itu pastikan semuanya sudah dipersiapkan.

SELEKSI CALON PENDAMPING DESA

Setelah melakukan proses seleksi penerimaan pendamping desa secara online, tahap selanjutnya adalah Seleksi Administrasi Kelengkapan Fisik Persyaratan, Tes Tertulis, dan Tes Wawancara. Tahap ini akan dilakukan di Kabupaten dimana program akan dilaksanakan. Menurut keterangan dari pihak KEMENDES PDTT ada sekitar 73 ribu desa tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jika 1 desa membutuhkan 1 pendamping saja. maka akan dibutuhkan sekitar 73 ribu orang tenaga pendamping desa. Jumlah yang tidak sedikit bukan?

HONOR TENAGA PENDAMPING DESA

Mengenai honor yang akan diperoleh tiap-tiap pendamping desa kemungkinan akan bervariasi sesuai lokasinya masing-masing. Hanya saja dalam proses seleksi penerimaan pendampin desa ini tetap akan memprioritaskan “tenaga lokal” sehingga bise lebih efisien dan efektif. Sempat beredar isu yang mengatakan bahwa honor tenaga pendamping tingkat desa adalah sekitar 3-4 juta per bulan dan tingkat kabupaten mencapai dua kali lipatnya. Tawaran yang cukup menarikā€¦ šŸ˜€

TIPS LOLOS SELEKSI PENDAMPING DESA

Dilihat dari jumlah anggaran desa yang akan dikucurkan, program ini bukanlah main-main. Sebagai tenaga pendamping desa, tentunya kawan-kawan harus memiliki pengetahuan dasar mengenai mekanisme pengelolaan keuangan desa serta bagaimana membuat pelaporannya. Selain itu, para pendamping desa juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena kesehariannya nanti mereka akan terus berhadapan dengan masyarakat desa.

Demikian informasi mengenai seleksi penerimaan pendamping desa yang bisa Blogger Borneo berikan untuk kawan-kawan. Bagi yang berminat untuk mendaftar secara online bisa langsung berkunjung ke website SELEKSI PENERIMAAN PENDAMPING DESA 2015. Semoga suksesā€¦ (DW)

UPDATE:

Pendaftaran Online Dibuka Mulai Tanggal 30 Juli dan Ditutup Pada Tanggal 5 Agustus 2015

Sumber Referensi:

  • http://www.perkuliahan.com/info-pendaftaran-pendamping-desa-terbaru/
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.