Jangan Salah Pilih Perusahaan Asuransi, Simak Tips-tipsnya Berikut!

Image: Google.Com

Mobil menjadi aset berharga dengan nilai tinggi yang bisa Anda investasikan. Investasi mobil dapat dilakukan dengan mendaftar asuransi mobil. Beberapa cara berikut bisa Anda lakukan untuk mendapatkan asuransi mobil, seperti asuransi mobil Sinar Mas yang paling tepat.

Cara Memilih Asuransi Mobil

Selain itu, ketika Anda membeli polis asuransi mobil bekas ACA All Risk atau bahkan TLO, maka Anda sudah dapat mengantisipasi risiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak perlu khawatir akan kebutuhan dana darurat untuk perbaikan.

Berikut ini adalah cara memilih asuransi mobil terbaik untuk proteksi kendaraan kesayangan:

Pilih yang sesuai kebutuhan

Bagaimana kondisi mobil Anda? Anda harus rincikan terlebih dahulu detail mobil Anda seperti tahun keluaran, mobil baru/bekas, kondisi eksterior dan interior, jarak yang telah ditempuh, dan sebagainya.

Ada beberapa jenis asuransi mobil di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Asuransi CTP (Compulsory Third Party), merupakan asuransi yang akan membiayai klaim kompensasi jika Anda mencelakai seseorang ketika kecelakaan/ Anda dalam posisi bersalah.
  • Asuransi third party property, merupakan asuransi yang akan membayar ganti rugi properti kendaraan jika Anda dalam posisi bersalah.
  • Asuransi komprehensif (all risk / comprehensive insurance) akan menjamin semua resiko yang terjadi pada mobil Anda ketika terjadi kecelakaan baik besar maupun kecil.
  • Asuransi TLO (Total Loss Only) adalah asuransi yang akan menjamin kerusakan jika parah kerusakan adalah di atas 75%.
Baca Juga:   Biaya Pengiriman dari Indonesia ke China, Perhatikan 10 Faktor Kunci Ini

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Sudahkah Anda mendapatkan perusahaan asuransi yang sekiranya akan Anda hubungi? Anda perlu survei beberapa perusahaan asuransi terlebih dahulu untuk kemudian dapat menilainya.

Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan kredibel. Apakah mereka pernah terlibat masalah dengan pihak-pihak lain?

Pilih yang memiliki reputasi yang baik dan terjamin. Sehingga, Anda akan terhindar dari risiko penipuan.

Perhatikan Fasilitas Asuransi

Setiap perusahaan asuransi akan memiliki jenis pelayanan dan fasilitas yang berbeda satu dengan yang lain. Pilihlah perusahaan yang memiliki layanan dan fasilitas yang Anda butuhkan.

Semakin lengkap tentu klaim Anda dapat semakin banyak, namun biaya premi yang dibayarkan juga pastinya akan lebih mahal.

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki pelayanan yang ramah dan fast respon, bahkan jika perlu dapat dihubungi selama 24 jam jika sewaktu-waktu Anda hendak menghubungi pada jam-jam tertentu.

Fasilitas lain yang bisa Anda perhatikan adalah fasilitas angkut mobil, ambulans, bahkan mobil pengganti (selama perbaikan) jika ada.

Bandingkan Kelebihan dan Kekurangan

Anda harus melihat keuntungan dan kekurangan dari masing-masing jenis asuransi dan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Hal ini supaya Anda bisa memilih asuransi mana yang paling efektif untuk Anda.

Baca Juga:   BPJPH Kemenag Tetapkan Label Halal Baru, Berlaku Nasional Per 1 Maret 2022

Anda tentu perlu melakukan survei dan ini mungkin akan memakan waktu. Cara tercepat adalah meminta rekomendasi dari orang lain yang telah menggunakan jasa asuransi mobil supaya Anda bisa memiliki gambaran dan memutuskan asuransi mana yang akan Anda gunakan.

Pertimbangkan Anggaran

Pembayaran yang perlu Anda bayarkan setiap tahun dalam asuransi disebut premi. Perusahaan asuransi menghitung biaya premi dengan memperkirakan seberapa besar klaim yang akan klien ajukan.

Premi yang akan Anda bayarkan biasanya dipengaruhi oleh polis dan faktor lain, seperti latar belakang klien, jenis kendaraan, domisili, dan sebagainya.

Dalam memilih jenis asuransi, Anda tentu perlu mempertimbangkannya dengan anggaran yang Anda miliki dan kemampuan bayar Anda tiap periodenya. Jika periode pembayaran 1 bulan sekali, maka Anda pertimbangkan pula dengan penghasilan Anda.

Yang paling penting adalah membayar premi dengan konsisten, sehingga penumpukan pembayaran premi tidak akan terjadi. Jangan memilih jenis asuransi yang sekiranya memberatkan Anda dan malah akan membuat macet pembayaran premi.

Kemudahan Klaim

Bagaimana kemudahan klaim jasa asuransi tersebut? Jika penanganan dan respon yang diberikan perusahaan tersebut saja lambat, apalagi ketika Anda membutuhkan klaim. Padahal, jika terjadi risiko kecelakaan, klien manapun pasti ingin penanganan klaim yang cepat.

Baca Juga:   Trading Forex Menggunakan Robot, Pilih yang Pasti dan Terpercaya

Perusahaan yang sulit dalam klaim asuransi akan membuat kliennya merugi. Jika dalam penanganan kecelakaan kecil saja baik dan cepat, maka dalam klaim kecelakaan besar pun akan lebih terjamin.

Anda bisa melihat jumlah klaim yang diterima oleh perusahaan asuransi melalui layanan internet untuk dapat melihat kemudahan klaim perusahaan tersebut. (DW)

Don`t copy text!