6 Rekomendasi Tools Gratis untuk Berbisnis Online

Siapa pun sepertinya tak bisa menyangkal, dunia bisnis, dari bisnis yang besar hingga bisnis yang kecil, atau bahkan mikro, harus merambah dunia digital, yaitu dunia online.

Image: Bisnis2000.Com

Tools Gratis untuk Berbisnis Online

Selain dapat menjangkau tempat yang jauh, merambah dunia online juga berarti menambah peluang penjualan produk yang lebih banyak. Sebabnya, dari jangkauan yang semakin jauh, akan muncul konsumen-konsumen baru.

Merambah bisnis secara online tak akan ada artinya jika Anda tak punya tools-nya. Alasannya jelas, karena tools-nya inilah yang menjadi amunisi dan andalan Anda di dunia maya. Secara sederhananya, tools ini akan menjadi penyampai pesan Anda untuk para konsumen dan calon konsumen Anda.

Berikut ini 8 tools wajib yang harus Anda miliki agar bisa sukses di dalam berbisnis online.

1. Instagram

Ini adalah tools pertama yang harus Anda miliki. Kenapa Instagram, sebab media sosial yang satu ini sangat populer. Jumlah penggunanya sangat banyak. Dan meliputi berbagai kalangan. Dari anak-anak, remaja, hingga lansia. Memanfaatkan sosial media Instagram tentu akan memberi peluang yang banyak. Baik di dalam menggaet konsumen baru atau pun maintain konsumen lama.

Hal yang bisa Anda lakukan di media sosial Instagram adalah memajang produk-produk yang Anda jual, memberi giveaway, mengupdate informasi dan value dari produk yang Anda jual, dan lain-lain.

2. TikTok

Jangan sepelekan media sosial yang satu ini. Ya, awalnya TikTok mungkin sedikit dianggap norak. Akan tetapi sekarang, TikTok menjadi media sosial yang menjanjikan. Yang bisa jadi alat penghasil cuan. Terutama untuk para pebisnis online.

Yang bisa Anda lakukan di TikTok adalah memposting video-video kreatif. Misalnya video di mana produk jualan Anda sedang digunakan. Entah oleh Anda atau para influencer. Atau malah video yang berhubungan dengan value dari produk-produk jualan Anda.

Baca Juga:   6 Benefits of Digital Marketing for Online Advertising

Jika menggunakan video dari pihak lain, jangan lupakan creditnya ya. Jangan menghapus watermark-nya. Supaya tidak melanggar hak cipta. Dan ya, tambahkan juga caption menarik. Plus ikuti video-video yang sedang trending.

3. YouTube

Media ini juga bisa Anda manfaatkan. Sebab memang segmen konsumen berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan 2 media sosial di atas, dan ada pula yang hanya menggunakan YouTube saja.

Seperti halnya dua media sosial sebelumnya, di YouTube Anda bisa mengupdate video berbagai hal. Dari produk jualan Anda yang Anda pakai sendiri, dipakai influencer, atau video yang berisi aneka manfaat, benefit, dan value dari produk jualan Anda. Videonya juga bisa jadi merupakan video yang sama seperti yang Anda posting di media sosial lain yang toko Anda miliki.

4. Facebook

Media sosial paling populer tetap dipegang oleh Facebook. Kalangan penggunanya lebih bervariasi dari platform Instagram. Bahkan calon konsumen Anda di daerah itu banyaknya menggunakan Facebook.

Itu sebabnya, miliki akun Facebook. Yakni akun toko Anda. Bentuknya bisa Facebook profesional atau Facebook Page. Isinya bisa sama dengan yang Anda bagikan di media sosial lain yang toko online Anda miliki.

Baca Juga:   Pontianak Bukan "Kuntilanak" Bagian 1

5. Twitter

Media sosial Twitter sepertinya tak banyak memberi andil di dalam mendatangkan konsumen atau meningkatkan penjualan produk Anda secara langsung. Akan tetapi, melakukan branding dan juga promosi di berbagai lini media sosial, tentu tetap memberikan peluang. Dan ini harus tetap Anda lakukan.

Ya, buatlah akun Twitter toko online Anda. Follow akun-akun yang potensial. Entah itu tokoh, influencer, atau akun biasa. Posting tweet yang positif. Yang bermanfaat dan mungkin berhubungan dengan produk Anda. Sesekali, posting juga produk jualan dan linknya. Jika ada interaksi, jaga interaksi tersebut.

6. Web Dropship

Ini juga tools yang gak kalah penting. Web dropship untuk para dropshipper. Jangan salah  pilih. Pastikan Anda memilih web dropship yang terpercaya. Yang produknya bisa membuat Anda cuan, berpeluang besar, dan punya keunggulan.

Web dropship terpercaya di Evermos bisa jadi pilihan Anda. Anda tahu apa itu Evermos? Ya betul, Evermos adalah platform reseller dan dropshipper baru yang bisa Anda pilih karena terpercaya. Di platform ini nantinya Anda bisa membuat toko sendiri. Kemudian produk jualannya bisa Anda isi dengan aneka produk dari berbagai brand atau toko lain.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Dunia Digital dengan Formula AIDA

Kesimpulan

Bergabung dengan Evermos sangatlah mudah. Yang harus Anda lakukan cuma tinggal mendaftar di sana, kemudian share link produk jualan Anda, atau bikin toko sendiri.

Keuntungannya didapat dari mana? Nah ini nanti, Anda akan mendapatkannya saat ada pembelian di link yang Anda share tadi. Baik secara langsung atau tidak langsung. Pokoknya, komisi yang sesuai kesepakatan akan langsung juga masuk ke rekening Anda.

Hal lain yang menjadi alasan memilih Evermos adalah supplier produk yang akan Anda jual.  Haruslah yang punya kredibilitas baik dan branding yang bagus. Nah platform ini punya supplier terbaik Evermos kualitas produknya tak bisa diragukan dan memang berdaya jual tinggi. Terutama untuk Anda yang berbisnis produk muslim.

Ini juga yang menjadi pembeda reseller Evermos dari platform lain. Produk-produk Evermos sangat kuat di dalam memenuhi kebutuhan konsumen muslim. Evermos sendiri punya moto “Everyday Need for Every Moslem”. So, market dan target Anda tidak akan salah di dalam memilih Evermos.

Baiklah, itu dia 6 tools gratis untuk berbisnis online. Anda yang ingin lebih menambah cuan dan melebarkan jangkauannya, harus punya kesemua tools ini. Untuk Evermos, ayo gabung dan download aplikasi gratisnya sekarang juga. Dijamin, bisnis online Anda akan semakin untung. Semoga bermanfaat. (DW)

Don`t copy text!