BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Jasa Konstruksi Bangunan Pontianak Profesional dan Terpercaya

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area.

Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktur. Misalnya, konstruksi struktur bangunan adalah bentuk atau bangun secara keseluruhan dari struktur bangunan.

Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya). Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.

Jasa Konstruksi Bangunan Pontianak

Pada umumnya kegiatan jasa konstruksi bangunan Pontianak diawasi oleh manajer proyek, insinyur disain, atau arsitek proyek. Orang-orang ini bekerja di dalam kantor, sedangkan pengawasan lapangan biasanya diserahkan kepada mandor (proyek yang mengawasi buruh bangunan, tukang kayu, dan ahli bangunan lainnya untuk menyelesaikan “fisik” sebuah konstruksi).

Untuk keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi, perencanaan yang efektif sangatlah penting. Hal ini terkait dengan rancang-bangun (desain dan pelaksanaan) infrastruktur yang mempertimbangkan mengenai dampak pada lingkungan atau lebih dikenal sebagai AMDAL.

Selain itu, harus digunakan juga metode penentuan besarnya biaya yang diperlukan (anggaran), disertai dengan jadwal perencanaan yang baik, keselamatan lingkungan kerja, ketersediaan material bangunan, logistik, ketidaknyamanan publik terkait dengan yang disebabkan oleh keterlambatan persiapan tender dan penawaran, dan lain sebagainya.

Bagian Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan memiliki bagian-bagian yang berperan penting dalam sebuah proyek pembangunan. Oleh karena itu, peninjauan secara berkala pada setiap bagian struktur bangunan perlu dilakukan untuk menjaga kualitas jasa konstruksi bangunan Pontianak secara menyeluruh.

Adapun parameter yang ditinjau yaitu material dan perhitungan volume yang dibutuhkan untuk membangun sebuah gedung. Nantinya parameter tersebut akan digunakan untuk merancang bangunan dengan mempertimbangkan dampak pada lingkungan dan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk membuat setiap struktur bangunan.

Baca Juga:  iDiva 3D Face, Alat Pengencang Kulit Wajah Praktis

Konstruksi bangunan sendiri terbagi menjadi 2 macam. Nah, masing-masing memiliki bagian-bagian yang tertentu yang membedakan satu sama lain. Simak penjelasannya di bawah ini:

Bangunan Bagian Bawah

Bangunan bagian bawah adalah suatu bagian pada bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah. Jadi, jika selama ini kita mengira lantai merupakan bangunan bagian bawah, ternyata salah. Di bawah lantai masih ada bagian dari bangunan yang paling mendukung kokoh atau tidaknya suatu bangunan.

Berikut bagian-bagian yang terdapat di bawah bangunan, antara lain:

Pondasi

Bagian paling bawah dari bangunan disebut dengan pondasi. Pondasi inilah yang merupakan bagian dari bangunan yang langsung berhubungan dengan tanah yang keras. Karena terhubung langsung dengan tanah yang keras, pondasi sangat berguna untuk menahan seluruh beban bangunan agar dapat berdiri kokoh dan meneruskan beban tersebut ke tanah keras di sekitarnya.

Berdasarkan teori jasa konstruksi bangunan Pontianak yang memuat pembuatan pondasi bangunan, pembuatan pondasi terbagi 2 (dua) yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Sementara itu, terdapat 3 (tiga) kriteria yang harus terpenuhi dalam pembuatan pondasi yaitu pondasi yang dibuat harus ditempatkan dengan tepat, aman dari ancaman longsor, dan aman dari penurunan berlebihan.

Balok Sloof

Jika kita melihat kebagian bawah bangunan tepatnya di dekat pondasi, balok sloof akan terlihat dengan bentuk berupa balok yang mendatar. Balok sloof ini bertumpu pada pondasi staal bagian atas. Fungsi dari balok sloof tak kalah penting dibandingkan dengan pondasi.

Konstruksi Bangunan Pondasi Balok Sloof
Image: www.arafuru.com

Balok sloof inilah yang akan mengikat setiap bagian bawah hingga tiap-tiap kolom untuk menunjang pondasi bangunan. Selain itu, balok sloof juga berfungsi untuk menahan beban bangunan agar bangunan tetap rata dan dapat mengurangi differential settlement atau disebut juga dengan penurunan sebagian bangunan akibat perbedaan kemampuan tanah menahan beban bangunan.

Bangunan Bagian Atas

Bagian mana yang disebut bagian bangunan atas? Tepatnya adalah bagian bangunan yang berada di atas permukaan tanah atau lantai. Bangunan bagian atas ini menunjukkan fungsi dari tujuan bangunan tersebut didirikan. Berikut bagian-bagian atas bangunan yang wajib diketahui.

Baca Juga:  Menangkap Manisnya Peluang Bisnis Reseller Gula Cair Singkong
Dinding

Pada umumnya, kita mengenal dinding dengan sebutan tembok. Dinding atau tembok ini merupakan bangunan bagian atas yang terletak setelah balok sloof. Dilihat dari fungsinya, dinding berguna sebagai penutup bagian interior suatu bangunan.

Dinding juga berguna sebagai partisi ruangan dalam bangunan, dan dinding juga berguna sebagai pendukung estetika bangunan. Jika dinding berada tepat di tengah bangunan, dinding juga dapat berfungsi untuk menahan beban bangunan bagian atas.

Jika dilihat dari bahan pembuat jasa konstruksi bangunan Pontianak, dinding terbagi 3 jenis yaitu dinding tradisional (dari bahan murni alam: kayu dan bambu), semi-permanen (dari bahan kombinasi tradisional dan modern), dan modern atau beton (dari bahan beton).

Ring Balok atau Kolom

Jika kita lihat antar setiap dinding yang berbeda terdapat bagian seperti tiang. Bagian tersebut disebut dengan ring balok atau kolom. Ring balok ini berfungsi sebagai tumpuan dari konstruksi bagian atap bangunan serta mampu mengikat pasangan dinding yang berbeda agar bangunan tidak runtuh.

Ring balok terdiri dari beberapa komponen seperti beton, besi baja tulangan, dan bekisting balok ring (cetakan beton). Ring Balok atau Kolom berada tepat di atas balok sloof. Di setiap bangunan akan selalu ada ring balok atau kolom.

Namun umumnya ring balok utama berukuran 20/20 dengan jarak antar setiap ring balok mencapai 3,5 meter. Jika jarak antara ring balok lebih kecil dari 3,5 meter maka disebut ring balok praktis yang mana ukurannya hanya 15/15.

Ventilasi

Ventilasi dapat diartikan sebagai lubang tempat keluar masuknya udara dari eksterior rumah. Yang dimaksud dengan ventilasi ini adalah pintu, jendela, atau lubang udara yang terdapat pada dinding bangunan.

Balok Latei
Konstruksi Bangunan Atas Balok Latei
Image: Google.Com

Coba perhatikan bagian yang terdapat di sekitar bagian atas pintu maupun jendela. Di sana terdapat balok latei atau disebut pula balok lintel yang berfungsi sebagai penahan beban bagian atap bangunan agar beban bangunan terhadap kusen dapat dikurangi.

Baca Juga:  Madre Argan Oil, Minyak Herbal Ajaib Berkhasiat untuk Kulit

Dengan adanya balok latei, kusen dapat berdiri kokoh dan tidak berpotensi melengkung ataupun patah. Fungsi balok latei yang paling penting adalah untuk menjaga agar kusen tetap berdiri kokoh meskipun sewaktu-waktu terjadi gempa.

Kuda-kuda atau Rangka Atap

Kuda-kuda atau rangka atap berguna untuk menahan struktur atap mulai dari genteng hingga reng tetap stabil di tempatnya. Pada umumnya rangka atap terbuat dari bahan kayu. Akan tetapi, saat ini telah tersedia rangka atap yang terbuat dari baja ringan yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Atap

Jika suatu bangunan dilihat dari luar, akan terlihat bagian atap yang berada pada bagian paling atas bangunan. Jika dilihat dari fungsi dasarnya, atap pada suatu bangunan berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam (interior) bangunan dari cuaca seperti panas, hujan, salju, angin badai, dan lain sebagainya.

Sementara itu, atap juga berfungsi sebagai pelindung bagian privasi dari suatu bangunan. Kini desain atap suatu bangunan juga mempengaruhi tampilan suatu bangunan.

Daftar Perusahaan Kontraktor

Menurut informasi yang dirilis dari website www.sispro.co.id diketahui ada 7 (tujuh) perusahaan kontraktor di Kalimantan Barat untuk kategori kontraktor umum (general contractor), antara lain:

  1. PT Yulia Eka Pratama
  2. PT Eria Makmur
  3. PT Gandaputera Intisejahtera
  4. PT Konirisa
  5. PT Citra Contractor Hasaja
  6. CV Aneka Karya Mandiri
  7. PT Antariksa Inti

Sedangkan menurut laman Star of Service terdapat 40 (empat puluh) perusahaan penyedia jasa kontraktor di Pontianak, antara lain:

  1. PT Yesa Citra Nugraha
  2. PT Lakin Perkasa
  3. PT Bhakti Karya Mandiri
  4. PT Indramex Abadi Universal
  5. PT Era Agra
  6. PT Kelinci Mas
  7. PT Swadaya Inti Sarana
  8. PT Karya Indah Sari Mandiri
  9. PT Eria Makmur
  10. PT Indo Putra
  11. PT Boma Prasada Trading
  12. PT Purinamasa Primantara
  13. PT Wijaya Karya Persero
  14. PT Meta Estetika Graha
  15. PT Usaha Raya Adipuratama
  16. PT Tuah Raya Sejahtera
  17. PT Transera Putra Khatulistiwa
  18. PT Viva Rerodo
  19. PT Rekindo Matra Pratama
  20. Dafane Group

Sebenarnya masih banyak perusahaan penyedia jasa konstruksi bangunan Pontianak. Dari data GAPENSI ada sejumlah 392 perusahaan jasa kontraktor yang ada di kota Pontianak dan secara keseluruhan ada sejumlah 1.847 perusahaan dengan berbagai jenis klasifikasi dan sub klasifikasi di Kalimantan Barat. (DW)

Advertisement

Source Strong Indonesia
Leave A Reply

Your email address will not be published.