Jasa Potong Rumput Pontianak, Bebaskan Rumah Anda dari Rumput yang Membandel

Merasa risih melihat halaman rumah Anda banyak ditumbuhi rumput yang membandel, sedangkan Anda tidak punya waktu untuk membersihkannya karena sibuk akan aktivitas sehari-hari. Tenang... Jangan kuatir... Khusus untuk kawasan kota Pontianak dan sekitarnya, kami siap hadir untuk Anda.

Jasa Potong Rumput Pontianak dalam aktivitasnya memberikan layanan panggilan bagi warga kota Pontianak dan sekitarnya yang ingin melihat halaman rumahnya bebas dan bersih dari tanaman rumput membandel tanpa harus bingung bagaimana membersihkannya.

Lingkungan rumah yang dipenuhi rumput liar membandel biasanya akan membuat penampakannya menjadi kotor dan lumus, belum lagi kemungkinan menjadi tempat tinggal beberapa jenis hewan liar dan buas, seperti: ular, kalajengking, dan sejenisnya. Tentunya hal ini akan dapat membahayakan penghuni rumah tersebut, terutama anak-anak.

Jasa Potong Rumput Pontianak

Bagi beberapa orang seperti Blogger Borneo sendiri, karena lahan pekarangan yang ditumbuhi rumput liar dan membandel cukup sedikit maka setiap bulan cukup dilakukan penyemprotan menggunakan racun rumput secara rutin.

Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki lahan pekarangan rumah cukup luas bisa menggunakan jasa potong rumput Pontianak yang hasil kerjaannya sudah dianggap cukup profesional dan memuaskan.

Jenis Rumput

Bicara mengenai jenis rumput yang biasa tumbuh di lingkungan sekitar rumah kita, ada yang sifatnya tumbuh secara liar dan tumbuh karena dipelihara (rumput hias). Nah, berikut akan dijelaskan mengenai 4 (empat) jenis rumput liar tersebut, antara lain:

1. Rumput Ilalang
Rumput Ilalang
Image: AliHamdan.ID

Rumput Ilalang merupakan penamaan lain dari alang-alang. Rumput liar jenis ini paling banyak tumbuh di pinggir jalan, hutan, atau persawahan yang tanahnya sudah mengering.

Dilihat dari proses tumbuh kembangnya, rumput ini termasuk dalam kategori paling cepat karena cara hidupnya secara bergerombol dan bentuk bunganya seperti kapas membuat bibitnya mudah sekali terbang dan menyebar.

Di beberapa tempat, rumput ilalang sering terlihat tumbuh tinggi. Padahal jika dilihat dari kehidupan masyarakat disekitarnya, umumnya mereka mempunyai hewan ternak seperti sapi dan kambing.

2. Rumput Teki
Rumput Teki
Image: AliHamdan.ID

Rumput Teki, namanya cukup unik. Mungkin sudah sering didengar namun tidak banyak yang tahu informasi detail mengenai rumput jenis ini. Disini jasa potong rumput Pontianak akan menjelaskan sedikit mengenai Rumput Teki.

Rumput Teki termasuk dalam kelompok tanaman tahunan dimana bisa tumbuh setinggi 140 centimeter. Daunnya berjajaran samping kanan kiri menjadi 3 bagian, batang bagian bawah berwarna putih, di bawah batang di sela-sela akar memiliki umbi yang bisa diambil.

Rumput ini banyak ditemui di berbagai tempat namun banyak tumbuh di tempat yang kering tetapi basah seperti pinggiran sungai, kanal dan persawahan.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang Fakultas Pertanian, ditemukan kesimpulan bahwa rumput teki bisa dijadikan bahan baku pembuatan bioetanol setelah melalui beberapa proses fermentasi.

Proses pembuatannya sangat mudah, rumput teki hanya perlu dikeringkan untuk kemudian ditumbuk. Tumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk, kemudian bubuk tersebut difermentasi menggunakan bakteri Saccharomyces Cereviseae yang kemudian dimurnikan menjadi metanol.

3. Rumput Gajah
Rumput Gajah
Image: AliHamdan.ID

Rumput Gajah, namanya sudah tak asing lagi bagi kalangan peternak sapi karena rumput ini biasa dijadikan sebagai pakan ternak. Selain itu, ternyata rumput gajah ini bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan fiber serat.

Rumput gajah sangat mudah tumbuh, dengan catatan tanahnya basah. Jika tanahnya basah, maka daunnya akan terlihat hijau besar-besar. Hal ini berbeda jika rumput gajah ditanam di tanah yang kurang basah, daun tetap akan terlihat hijau tapi bukan hijau pekat.

4. Rumput Grinting
Rumput Griting
Image: AliHamdan.ID

Rumput grinting mempunyai kelebihan tersendiri di antara jenis-jenis rumput liar lainnya. Rumput ini memiliki kekuatan dalam bertahan hidup dalam musim kemarau yang berkepanjangan.

Rumput liar jenis ini tidak diminati oleh hewan ternak, oleh karena itu rumput ini banyak didiamkan tidak diambil oleh para peternak. Meskipun begitu, ternyata rumput grinting sangat bermanfaat untuk melindungi erosi pada tanah miring.

Kondisi akarnya yang berserabut cukup banyak dan kuat mampu membuat tanah disekitarnya menjadi padat dan tak mudah runtuh. Memang pada awalnya rumput grinting ini merupakan tumbuhan pantai. Tapi pada perkembangan dan penyebarannya, tumbuh ke berbagai penjuru tempat sampai dengan persawahan.

Bagi petani, rumput ini dianggap menjadi gulma karena keberadaannya mengganggu pertumbuhan tanaman utama yang ditanam. Hal ini cukup merisaukan para petani karena daya tahan hidup kuat yang dimiliki rumput liar ini membuat mereka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkannya.

Tarif Jasa

Nah, bagi warga Pontianak dan sekitarnya yang berminat untuk menggunakan jasa potong rumput Pontianak bisa langsung membuka laman akun facebooknya yang bernama Potong Rumput Pontianak.

Sedangkan untuk tarif layanan jasa potong rumput Pontianak per tahun 2020, berikut adalah rinciannya:

  • Komplek Perumahan: Rp. 150.000,-
  • Tanah Kosong/Rumput Liar Semak: Rp. 200.000,-
  • Gedung/Kantor: Rp. 250.000,-

Catatan: Jika rumputnya ingin disemprot dengan racun rumput setelah dipotong, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000,- (ADV)

Referensi:

  • https://alihamdan.id/macam-macam-rumput/

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More