Kelebihan E-Wallet Sebagai Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

Diposting pada
PayPro Pembayaran Mobile untuk Pelanggan Indosat
Image: MobiTekno.Com

Selain dapat mempermudah proses transaksi, jenis alat pembayaran non tunai juga diharapkan dapat mencegah tindakan kriminal seperti kasus pencurian uang. Jenis alat pembayaran non tunai dibagi menjadi tiga kelompok utama yaitu berbasis kartu, berbasis warkat, dan berbasis elektronik. Salah satu alat pembayaran bersifat non tunai tersebut adalah uang elektronik atau e-wallet. E-wallet bisa dikatakan merupakan uang digital atau uang elektronik. Uang elektronik tersebut bisa dicairkan menjadi uang tunai melalui ATM atau rekening bank.

Uang elektronik yang merupakan saldo dari e-wallet bisa digunakan untuk bertransaksi atau ditambah saldonya. Meskipun sistemnya sedikit mirip dengan kartu kredit, namun sebenarnya sistem yang dianut e-wallet sangat berbeda dengan kartu kredit. Tidak seperti kartu kredit, e-wallet bisa digunakan untuk menyimpan uang dalam bentuk uang elektronik. Berikut adalah kelebihan E-wallet :

  • Lebih efisien karena pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Pembayaran dengan transaksi non tunai bergantung pada teknologi sehingga proses transaksi bisa berlangsung dengan cepat.
  • Tidak ada sistem pengembalian dengan permen. Umumnya, pedagang akan memberikan kembalian dengan permen jika tidak memiliki uang kecil. Namun, dengan adanya sistem pembayaran non tunai, masalah tersebut dapat terpecahkan dengan mudah.
  • Sesuai untuk bebagai jenis pembayaran meskipun hanya pembayaran kecil. Pada kenyataannya, ada saat di mana Anda harus membayar sesuatu dalam jumlah kecil namun sering seperti membayar parkir, tol dan sebagainya. Sistem pembayaran non tunai bisa memudahkan Anda karena Anda tidak perlu menyediakan uang kecil.
  • Keamanannya sangat terjamin karena hanya bisa diakses oleh penggunanya.
  • Terwujudnya transparansi transaksi, karena sistem pembayaran non tunai telah tercatat dan terekam oleh sistem perbankan.

Beberapa kelebihan e-wallet atau uang online di atas sebagai jenis alat pembayaran non tunai, menyebabkan banyak orang beralih dari sistem pembayaran tunai ke sistem pembayaran non tunai. Salah satu sistem pembayaran non tunai adalah Dompetku Plus yang bisa mempermudah dalam bertransaksi maupun melakukan transfer. Cukup dengan mendaftar dan mengisi saldo, lalu Anda bisa melakukan transaksi apapun yang Anda sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *