BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Kesan Pertama Mengikuti Kegiatan Salimah Kubu Raya ke Singkawang di Pertengahan Syawal

Mendapat kesempatan untuk turut serta dalam kegiatan pertengahan syawal yang diselenggarakan oleh Salimah Kubu Raya telah memberikan kesan tersendiri bagi Blogger Borneo. Ada dua agenda utama dalam misi perjalanan kali ini yaitu Fun Outbound dan Kunjungan Kerja ke Singkawang.

Salimah Kubu Raya

Sebelum bercerita lebih jauh mengenai pengalaman mengikuti kegiatan ini, Blogger Borneo ingin bercerita sedikit mengenai Salimah Kubu Raya. Sebenarnya Blogger Borneo sendiri juga belum mengetahui secara detail mengenai organisasi yang beranggotakan kaum perempuan di Kabupaten Kubu Raya ini.

Menurut informasi dari website resmi pengurus pusatnya, Salimah merupakan singkatan dari Persaudaraan Muslimah. Organisasi massa (ormas) ini dideklarasikan pada tanggal 8 Maret 2022, bermula dari keprihatinan mendalam terhadap permasalahan bangsa di berbagai sektor kehidupan terutama yang berkaitan dengan perempuan dan anak-anak.

Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang berada dalam kemiskinan dan kebodohan menyebabkan mereka harus berhadapan dengan permasalahan-permasalahan dalam kehidupannya. Tingkat kematian ibu ketika melahirkan, kondisi gizi buruk, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan pornografi merupakan beberapa contoh nyata disekitar kita.

Dalam kepengurusannya, Salimah memiliki “perpanjangan” tangan untuk setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota. Oleh karena itu Salimah Kubu Raya dalam struktur kepengurusan organisasinya berbentuk Pengurus Daerah (PD) dengan cakupan Kabupaten dan Pengurus Cabang (PC) untuk cakupan Kecamatan. Saat ini PD Salimah Kubu Raya diketuai oleh seorang sosok yang akrab dipanggil Kak Ifah.

Agenda Rutin Tahunan

Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, para pengurus Salimah Kubu Raya menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk outbound dibarengi dengan kunjungan kerja. Di tahun 2022 atau 1443 hijriah ini, berdasarkan hasil diskusi dan kesepakatan bersama, dipilihlah kota Singkawang sebagai tempat penyelenggaraan.

Karena ingin memanfaatkan momen suasana lebaran, maka tanggal pelaksanaan ditentukan hari Ahad hingga Senin, 15-16 Mei 2022. Mengambil tempat di salah satu kawasan wisata yang ada di Pasir Panjang, para pengurus dan peserta dari kalangan internal organisasi yang ikut serta akan diinapkan selama satu malam.

Mengenai biaya operasional selama pelaksanaan kegiatan, sepenuhnya diambil dari kas organisasi Salimah Kubu Raya. Sedangkan khusus bagi para pengurus yang membawa serta keluarganya, akan dikenakan biaya tambahan untuk memfasilitasi konsumsi dan penginapannya selama kegiatan berlangsung.

Karena disini statusnya Blogger Borneo hanya ikut serta, maka tidak diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan. Lagipula, namanya aja organisasi massa perempuan, masa iya para bapack-bapack harus ikutan juga. Tapi meskipun begitu harus siap sedia juga jika tenaganya dibutuhkan untuk angkat-angkat dan pasang tenda,

Kisah Pengembaraan Dimulai 

Tepat di hari Ahad pagi 15 Mei 2022, matahari pagi secara perlahan namun pasti mulai menampakkan wujudnya. Cuaca cerah di pagi itu membuat kulit terasa hangat diterpa pancaran sinar sang mentari. Dari kejauhan tampak beberapa mobil berbaris rapi di depan Masjid Al Mujahid, titik dimana perjalanan menuju Singkawang akan dimulai.

Waktu menunjukkan jam 7 pagi, satu per satu mobil mulai bergerak. Blogger Borneo sendiri berada di urutan mobil ke-7 dalam rombongan. Bersama istri tercinta dan anak tersayang, mobil sewaan yang kami tumpangi berjalan mengikuti barisan konvoi didepannya. Boleh dibilang perjalanan ini merupakan perjalanan pertama kali keluar kota sejak kondisi pandemi dua tahun terakhir.

Alhamdulillah selama perjalanan kondisi lalu lintas lancar. Di pertengahan, Blogger Borneo bersama keluarga sengaja memisahkan diri untuk singgah sarapan di Mempawah. Kota ini memang dikenal sebagai tempat transit bagi siapa saja yang akan melakukan perjalanan ke Singkawang. Jika dihitung secara jarak, Mempawah berada di tengah-tengah antara kota Pontianak dengan kota Singkawang.

Lebih cepat dari perkiraan, jam 11 siang kami tiba di kawasan Pantai Pasir Panjang 2 Singkawang. Karena masih dalam suasana libur panjang karena bertepatan dengan Hari Libur Keagamaan Waisak keesokan harinya, suasana di kawasan tersebut tampak cukup ramai. Jika diperhatikan ada beberapa tempat penginapan di sepanjang kawasan pantai, salah satu diantaranya Pantai Pak Lotay.

Kegiatan Fun Outbound

Melihat langit tampak mendung, berharap cuaca tidak semakin gelap. Alhamdulillah Allah memberikan suasana yang cerah di sore harinya. Sempat terjadi salah paham dengan pihak penginapan karena rombongan baru bisa check-in ke kamar hotelnya masing-masing jam 4 sore. Alasannya kondisi sedang penuh dan mereka butuh ekstra time untuk membersihkan semua kamar yang akan dipakai.

Alhamdulillah paket konsumsi siang datang bertepatan kehadiran rombongan di lokasi kegiatan, bagi yang sudah merasa lapar langsung mengikhlaskan diri mendapat jatah makan siang. Tak lama berselang, sayup-sayup adzan berkumandang, beberapa diantara rombongan yang telah selesai makan langsung mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah.

Salimah Kubu Raya Fun Outbound Singkawang
Image: Dok. Pribadi

Karena sedang melakukan perjalanan jauh, sholat dilaksanakan secara Jamak Qashar. Selesai sholat, para pengurus PD dan PC Salimah Kubu Raya yang hadir dalam kegiatan Fun Outbound kali ini langsung berkumpul dan membahas mengenai agenda kegiatan yang akan dilakukan selama berada di lokasi.

Blogger Borneo sendiri melipir bersama anak mencari aktivitas lain sembari menunggu waktu check-in tiba. Sudah lama rasanya tidak melihat hamparan pasir putih secara langsung, jika dihitung-hitung sudah kurang lebih dua tahun lamanya. Alhamdulillah sekarang kondisi pandemi mulai melandai sehingga perjalanan keluar kota diperkenankan, tentu saja tetap harus menjaga prosedur kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa dokumentasi yang Blogger Borneo dapatkan dari panitia penyelenggara kegiatan:

Permainan Outbound Menjaga Keseimbangan Tim

Permainan Fun Outbound Menyampaikan Pesan

Permainan Merangkai Kata Fun Outbound Salimah Kubu Raya

Permainan Kekompatan Tim dalam Fun Outbound Salimah Kubu Raya

Tidak terasa waktu semakin senja, para peserta Fun Outbound Salimah Kubu Raya Tahun 2022 beserta panitia pelaksana mulai berkemas untuk beristirahat di kamarnya masing-masing sambil mempersiapkan diri untuk mengikuti agenda kegiatan di malam harinya.

Waktu Maghrib tiba, mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah dan jamak qashar. Mengambil tempat sama dengan pelaksanaan sholat Dzuhur siang harinya, para jamaah tampak khusyuk mengikuti gerakan sang imam yang pada saat itu dipimpin oleh Ustadz Syabandi, Kepala Sekolah SDIT Al-Karima Kubu Raya.

Fun Outbound Salimah Kubu Raya Sholat Isya Berjamaah

Masih menyisakan satu agenda di malam harinya, para pengurus beserta peserta Fun Outbound Salimah Kubu Raya Tahun 2022 berkumpul untuk saling berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam tujuannya evaluasi jalannya organisasi baik itu PD atau PC selama beberapa bulan terakhir.

Kunjungan Kerja Organisasi

Mengawali aktivitas di hari kedua pelaksanaan Fun Outbound Salimah Kubu Raya Tahun 2022, tampak beberapa peserta melaksanakan aktivitas sholat malam sembari menanti waktu sholat Subuh datang. Adapun agenda kegiatan hari ini adalah melakukan kunjungan kerja ke koperasi yang dikelola oleh PD Salimah Singkawang.

Untuk agenda kunjungan kerja ini, hanya perwakilan dari para pengurus Salimah Kubu Raya yang ikut serta. Sesampai di lokasi, kehadiran para rombongan langsung disambut hangat oleh para pengurus Salimah Kota Singkawang dan beberapa pengelola koperasinya. Dari pertemuan ini banyak insight yang didapatkan, salah satu diantaranya mengenai rencana pembentukan Koperasi Salimah Kubu Raya.

Kunjungan Kerja Salimah ke Koperasi PD Singkawang

Secara umum pengurus Salimah Kota Singkawang memaparkan bahwa tujuan membentuk koperasi adalah sebagai salah satu upaya membantu para anggota yang memiliki usaha dimana produk-produknya akan dibantu untuk dijual melalui jaringan pemasaran yang dibuat oleh Salimah Kota Singkawang itu sendiri.

Mekanisme pembagian keuntungan menggunakan perhitungan selisih keuntungan dari setiap produk yang terjual. Putaran modal yang digunakan berasal dari dana para anggota koperasi dalam bentuk simpanan wajib, simpanan pokok, maupun simpanan sukarela. Alhamdulillah selama ini transaksi penjualan yang didapatkan menunjukkan angka yang positif dan terus mengalami perkembangan.

Kesimpulan

Kegiatan Fun Outbound dan Kunjungan Kerja yang dilakukan oleh PD Salimah Kabupaten Kubu Raya beserta para pengurus cabangnya merupakan agenda kegiatan rutin tahunan. Meskipun disini Blogger Borneo hanya melihat dari luarnya saja, namun kegiatan seperti ini sifatnya positif karena dapat mempererat silaturahim antar pengurus organisasi.

Dan jika melihat potensi yang dimiliki oleh organisasi ini, secara pribadi Blogger Borneo melihat sangat sayang jika tidak dimaksimalkan. Bercermina dari PD Salimah Kota Singkawang, mungkin hal ini bisa diadaptasi dan langsung dieksekusi. Mendirikan koperasi dapat menjadi upaya pertama yang harus diwujudkan, selanjutnya baru unit usahanya dijalankan.

Nah, sekarang tinggal dinantikan saja realisasi Salimah Kubu Raya dalam tahun ini seperti apa. Semoga apa yang telah direncanakan dapat segara diwujudkan dan memberikan manfaat bagi organisasi baik itu secara internal ke para pengurus dan anggota maupun secara eksternal ke masyarakat dan ummat. Sampai bertemu lagi di agenda Salimah Kubu Raya selanjutnya. (DW)

Sumber Salimah

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More