Home Umum Keseruan Inside RGE Founder’s Day di Perusahaan Sukanto Tanoto

Keseruan Inside RGE Founder’s Day di Perusahaan Sukanto Tanoto

Inside RGE Founder's Day 2019
Image: Inside RGE
Aplikasi Akuntansi Online

Inside RGE Founder’s Day – Nama Sukanto Tanoto tidak bisa dilepaskan dari Royal Golden Eagle (RGE). Dialah pendiri sekaligus Chairman RGE. Tahun ini , RGE menghormatinya dengan menghelat Founder’s Day. Momen itu dijadikan ajang untuk semakin peduli kepada sesama.

Sukanto Tanoto mendirikan RGE pada 1973 dengan nama awal Raja Garuda Mas. Dengan kerja kerasnya, ia berhasil mengembangkan perusahaannya. Dari skala lokal, RGE berkembang menjadi korporasi kelas internasional. Ini pula yang akhirnya membuat nama perusahaan bertransformasi menjadi Royal Golden Eagle.

Kini RGE menjadi salah satu korporasi tersukses di Indonesia. Dengan aset lebih dari 20 miliar dolar Amerika Serikat, mereka berhasil membuka lapangan kerja untuk sekitar 60 ribu karyawan. Jangkauan operasionalnya pun bertambah luas. Dari Indonesia, Sukanto Tanoto berhasil mengembangkan sayap RGE hingga Tiongkok, Brasil, Kanada, dan Spanyol.

Inside RGE Founder’s Day

Sekarang RGE tercatat menjadi holding untuk delapan perusahaan sumber daya dan energi. Mereka adalah APRIL dan Asia Symbol (pulp dan kertas), Asian Agri dan Apical (kelapa sawit), Bracell (selulosa khusus), Sateri dan Asia Pacific Rayon (serat viskosa), Pacific Oil & Gas (pengembangan sumber daya energi).

Dalam memimpin perusahaanya, Sukanto Tanoto memegang prinsip kerja khusus yang dinamai 5C. Melalui itu, ia mewajibkan RGE agar berguna bagi masyarakat (Community), negara (Country), iklim (Climate), pelanggan (Customer), sehingga akan baik bagi perusahaan (Company).

Nilai-nilai itu berhasil menjadi pegangan operasional semua pihak di bawah naungan RGE. Untuk mengingatnya, Founder’s Day diadakan oleh semua perusahaan Sukanto Tanoto. Momen perayaannya berbeda-beda namun ajang ini bakal menjadi perhelatan rutin tahunan sejak 2020.

Bagi RGE, Founder’s Day bukan sekadar pesta belaka. Kesempatan ini justru dijadikan sarana untuk semakin menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat di sekitarnya. Itulah yang terlihat di sejumlah perusahaan ketika merayakannya.

RajaBackLink.com

Founder’s Day di Indonesia

Keseruan Founder’s Day di Indonesia sangat terasa di Pangkalan Kerinci, Riau. Di sana dua perusahaan Sukanto Tanoto, APRIL dan APR berbasis. Tidak heran, perhelatan yang digelar pada pekan terakhir Agustus 2019 ini begitu meriah.

Tercatat ada 1.300 karyawan RGE yang ikut berpartisipasi sebagai sukarelawan. Mereka melakukan lebih dari 50 jenis kegiatan sosial di berbagai tempat. Setidaknya ada tujuh lokasi aksi sosial yang dilakukan, yakni di Desa Lalang Kabung, Desa Simpang Perak Jaya, Desa Benai Kecil, Desa Tanjung Padang, Sei Meranti, Desa Pergam, dan SMK 1 Pangkalan Kerinci.

RGE Founders Day Kerinci Repairs
Image: Inside RGE

Di sana aneka kegiatan sosial berbeda dilakukan oleh para sukarelawan. Ada yang mengecat pagar warga desa, menanam pohon buah-buahan dan tanaman obat, serta memperbaiki fasilitas umum yang rusak. Bukan hanya itu, tidak sedikit pula yang merenovasi sarana dan prasarana pendidikan di sekolah agar lebih baik.

Selain itu, karyawan RGE juga menggelar kampanye hidup sehat. Mereka membagikan informasi tentang pola makan balita yang baik. Bahkan, ada yang menggelar kursus memasak masakan bernutrisi bagi anak. Diharapkan, setelah itu, kesadaran masyarakat tentang kesehatan akan membaik.

Selain di Pangkalan Kerinci, Founder’s Day di Indonesia juga digelar di Jakarta. Sekitar 400 karyawan RGE melakukan aksi sosial sebagai sukarelawan di lima titik berbeda. Sebagian dari mereka melakukan kegiatan bersih-bersih dan perbaikan aneka fasilitas di Desa Pitung di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Lalu, ada pula yang beraktivitas di RPTRA Akasia di Jakarta Selatan.

Di sana para karyawan perusahaan Sukanto Tanoto ini membersihkan perpustakaan, taman, kolam, hingga area sekitarnya. Selain itu, mereka juga memperbaiki sejumlah fasilitas yang rusak.

Kegiatan serupa dilakukan di tempat lain, yakni PAUD Bougenville dan PAUD Riang di Jakarta Utara serta PAUD Cempaka 7 di Jakarta Selatan. Namun, di sana karyawan RGE juga mengajar siswa PAUD secara sukarela. Mereka melakukan pembacaan cerita, menggelar sejumlah permainan, serta mengajari gaya hidup sehat.

RGE berharap sejumlah kegiatan tersebut punya dampak positif bagi masyarakat. Kesadaran akan hidup sehat bakal muncul serta para siswa antusias dalam menyerap pendidikan di PAUD.

Founder’s Day di Tiongkok

Founder’s Day juga digelar oleh para karyawan RGE di Tiongkok. Tidak kurang dari dua ribu karyawan dari 11 unit bisnis menyisihkan waktu untuk menjadi sukarelawan berbagai kegiatan. Hal itu luar biasa karena kegiatan sosial dilakukan sebulan penuh selama Agustus 2019.

Selama itu ada 20 jenis aksi sosial berbeda yang dilakukan. Para karyawan RGE melakukan pembersihan ke sejumah area mulai dari kawasan pantai, taman, perumahan, hingga sekolah-sekolah. Tidak sedikit pula yang membantu operasional panti asuhan maupun panti jompo.

RGE Founders Day Sateri Jiujiang Lushan Mountain Yangtze River
Image: Inside RGE

Bukan hanya itu, sesi seminar maupun kampanye kesadaran lingkungan juga digelar. Selaras dengan spirit RGE, mereka menanamkan kepedulian terhadap alam kepada masyarakat dengan aneka ragam aktivitas.

Alhasil, banyak masyarakat yang terbantu. Founder’s Day di Tiongkok tercatat mampu membantu 9 ribu orang lebih secara langsung. Bahkan, jika pihak yang terdampak tidak langsung juga dihitung, jumlahnya mencapai 17 ribu orang.

Jumlah tersebut luar biasa. Namun, bagi RGE, ukurannya bukan sekadar skala kegiatan yang besar. Lebih dari itu, kesadaran akan kondisi sekitar bagi para karyawannya juga penting supaya mereka kian peduli terhadap pihak-pihak lain.

Founder’s Day di Singapura

Perhelatan Founder’s Day juga digelar di Singapura. Di sana ada tiga kegiatan sosial berbeda yang dilakukan pada 11 November 2019.

Dua aksi sosial pertama dilakukan di Stroke Support Station (S3) yang didukung oleh Tanoto Foundation. Karyawan RGE secara sukarela menggelar berbagai aktivitas untuk menyemangati para penyandang stroke agar bersemangat untuk sembuh.

RGE Founders Day Stroke Support Station Singapore Survivors
Image: Inside RGE

Selanjutnya satu aksi sosial lain dilakukan bersama dengan Willing Hearts Charity Center. Dengan penuh semangat, para karyawan RGE bekerja di dapur umum untuk menyiapkan makanan bagi mereka yang kurang beruntung.

“Kegiatan ini selaras dengan tujuan kami untuk meningkatkan kualitas hidup dengan mengelola sumber daya secara apik. Selain itu, kami melakukannya untuk menghadirkan kebaikan bagi masyarakat,” kata Vice Chairman RGE, Bey Soo Khiang.

RGE memang diharapkan oleh Sukanto Tanoto mampu menghadirkan manfaat baik bagi berbagai pihak. Selain melalui RGE, Sukanto Tanoto sudah memberi teladan lewat beragam kegiatan filantropi yang dilakukannya bersama Tanoto Foundation. Ini adalah yayasan sosial yang dijadikannya sarana untuk menghapus kemiskinan di berbagai tempat.

Berdiri pada 1981, Tanoto Foundation fokus kepada pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup. Melalui ketiganya, Sukanto Tanoto percaya kehidupan banyak pihak bisa diangkat menjadi lebih baik.

Seperti itulah keseruan Founder’s Day yang dilakukan di beberapa area operasional RGE. Kegiatan ini bukan sekadar mengingatkan segenap pihak di RGE atas keteladanan Sukanto Tanoto.

Namun, lebih dari itu, Founder’s Day menjadi momen untuk menumbuhkan kesadaran agar lebih peduli kepada pihak-pihak lain dan memberi manfaat positif bagi sekitar. Semoga semuanya bisa terus berlanjut dan berkembang menjadi lebih besar. (ADV)