Keunggulan dan Kelemahan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya bernama Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor ini diklaim mampu memberikan performa terbaik di era 5G, baik dari segi jaringan, AI, game, kamera, WIFI hingga Bluetooth terbaru.

Image: wccftech.com

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm mengatakan Snapdragon identik dengan pengalaman Android premium dan Snapdragon 8 Gen 1 merupakan produk terbaru yang memiliki peningkatan versi. Bisa dipastikan banyak vendor yang mengantre untuk menggunakan chipset tersebut.

Karena Snapdragon 8 gen 1 merupakan produk terbaru, maka ada beberapa keunggulan dibandingkan dengan versi Snapdragon sebelumnya. Berikut telah Ngabari.com rangkum berbagai kelebihan chipset terbaru Qualcomm tersebut.

1. Peningkatan Performa & Efisiensi Daya yang Signifikan

Snapdragon 8 Gen 1 dibekali GPU Qualcomm Adreno terbaru dan proses manufaktur 4nm. Perpaduan keduanya membuat chipset ini mengalami peningkatan performa hingga 30% dan mampu melakukan efisiensi daya hingga 25%.

2. Teknologi AI yang Canggih

Keunggulan selanjutnya adalah AI Engine yang sudah menggunakan generasi ke-7 memungkinkan penggunaan ultra-advanced AI untuk beroperasi hingga 4 kali lebih cepat dibanding Snapdragon 888.

Chipset ini juga dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang mengemas arsitektur fusion termasuk sensor akselerator yang 2 kali lebih cepat dan memiliki 2 kali memori lebih banyak, sehingga ponsel dapat bekerja dengan sangat responsif.

3. Didukung Koneksi 5G

Memasuki era jaringan 5G, Qualcomm membekali Chipset ini dengan dukungan koneksi 5G. Prosesornya sendiri  menggunakan Snapdragon tipe X65 5G Modem RF System, generasi ke-4 yang mampu mengunduh dengan cepat hingga 10Gb.

Snapdragon 8 Gen 1 juga mengusung Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System yang mampu mendongkrak kecepatan WiFi hingga 3,6Gbps melalui WiFi 6 dan 6E.

4. Peningkatan Kamera

Memahami kebutuhan pecinta fotografi dan videografi, Qualcomm menyematkan Snapdragon Sight Technology yang termasuk ISP 18-bit pertama yang pernah dibuat untuk perangkat mobile.

Fitur ini diklaim mampu menangkap data kamera lebih dari 4000 kali lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya dari segi dynamic range, warna hingga ketajaman yang sangat baik dengan kecepatan 3,2 gigapiksel per detik.

Untuk video grafi, chipset ini memungkinkan kamera yang mampu merekam dengan kualitas 8K HDR dalam format premium HDR10+ dan dimuat dalam lebih dari satu miliar warna. Gambar video yang dihasilkan juga akan terlihat lebih memukau berkat Bokeh Engine baru.

Chipset ini juga memasukkan ISP keempat yang terdapat di hub penginderaan khusus. ISP baru ini dirancang khusus untuk memberi daya pada fitur always-on kamera tanpa menguras daya baterai. Hal ini memungkinkan perangkat untuk secara otomatis mematikan layar ketika ponsel diletakkan.

5. Kemampuan Gaming yang Handal

Dengan dukungan lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming, Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kemampuan mumpuni untuk mendukung aktivitas gaming, bahkan yang berat sekalipun.

Snapdragon Elite Gaming yang disematkan dalam chipset ini menghadirkan respons yang sangat halus, warna yang kaya, dan tampilan HDR berkualitas tinggi untuk kinerja tingkat desktop.

Fitur Variable Rate Shading Pro yang dihadirkan oleh chipset ini memberikan kontrol yang lebih baik bagi developer game untuk meningkatkan performa game.

6. WIFI Fast Connect

Snapdragon 8 Gen 1 mendukung Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E untuk konektivitas yang sangat cepat. Memanfaatkan Sistem Konektivitas Seluler Qualcomm FastConnect 6900. Teknologi ini mendukung kecepatan Wi-Fi yang kuat dan kinerja latensi rendah yang berkelanjutan melalui dukungan fitur seperti Qualcomm 4-Stream Dual Band Simultaneous.

Selain itu, fitur FastConnect 6900 juga didukung Bluetooth 5.2 terbaru dan pengoptimalan kualitas audio, latensi, dan efisiensi daya.

7. Lebih Aman

Chipset ini memiliki fitur keamanan manajemen data pengguna tetap terlindungi.  Snapdragon pertama yang dibekali Trust Management Engine khusus untuk mencapai keamanan yang lebih tinggi dan menyediakan Root of Trust tambahan untuk aplikasi dan layanan.

Snapdragon versi ini juga merupakan platform seluler pertama di dunia yang menampilkan Android Ready SE, standar baru untuk kunci ponsel digital, SIM, dan lainnya.

8. Suara Lebih Jernih

Pengguna dapat merasakan kelas baru dari suara yang jernih dengan dukungan Bluetooth 5.2 terintegrasi. Qualcomm juga membekali audionya dengan axanya aptX Lossless Technology untuk audio nirkabel lossless berkualitas CD.

Chipset ini merupakan platform mobile Snapdragon pertama yang mendukung semua fitur audio LE baru seperti broadcast audio, stereo recording, dan backchannel untuk gaming.

Kelemahan Snapdragon 8 Gen 1

Saat membahas kelebihan dari suatu Brand, tak lengkap rasanya jika tidak membahas kelemahannya. Meskipun Snapdragon 8 gen 1 unggul dari berbagai hal, dibanding pendahulunya. Namun juga terdapat beberapa kelemahan, berikut ulasannya.

1. Harganya Cukup Mahal

Dengan spesifikasi yang mumpuni, chipset ini hanya digunakan pada ponsel Flagship terbaru. Untuk itu jika Anda menginginkan ponsel yang dibekali chipset besutan Qualcomm ini, maka budget yang perlu Anda siapkan juga tidak sedikit. Mengingat Ponsel Flagship berada dikisaran 8jt-30jt. Cukup mahal bukan?

2. Membutuhkan Kapasitas RAM Besar

Untuk mendukung fitur yang ada pada chipset ini, maka RAM besar adalah suatu hal mutlak yang harus di miliki oleh ponsel. Minimal RAM yang harus terdapat pada ponsel yang hendak mengusung chipset ini memiliki kapasitas 6GBb dan ROM 128 GB.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa ponsel kelas menengah dan entri level tidak akan menggunakan chipset jenis ini. Dengan kata lain chipset ini hanya diperuntukkan HP kelas atas atau Flagship saja.

3. Cepat Panas

Anda pasti berpikir bahwa chipset ini tidak akan menimbulkan panas berlebih pada ponsel karena telah mengalami pembaruan dan jauh lebih canggih dari versi sebelumnya.

Nyatanya tidak begitu, misalnya saja pada produk Motorola X30. Ponsel tersebut mudah panas meskipun dibekali dengan chipset Snapdragon 8 gen 1. Hal ini menyebabkan banyak pihak yang bertanya-tanya akan kinerja chipset versi 8 tersebut.

4. Mudah Terserang Hacker

Tak lama setelah diumumkan, fitur baru kamera Snapdragon 8 Gen 1 ini memicu kekhawatiran pengguna karena disebut mengancam privasi. Mengapa demikian? Alasan utamanya karena, fitur ini dikhawatirkan akan selalu merekam gambar melalui kamera meski ponsel sedang tidak digunakan oleh pengguna.

Dikhawatirkan juga data yang dikumpulkan oleh fitur kamera Always-On bisa dibagikan kepada pihak ketiga atau disalahgunakan. Seperti yang diakui Google pada fitur Google Asistaint yang berfungsi untuk merekam suara pengguna.

Itulah keunggulan dan kelemahan Snapdragon 8 gen 1. Meskipun terdapat beberapa kelemahan pada chipset ini. Namun jika dilihat dari keunggulannya yang begitu menawan maka dapat disimpulkan chipset ini sangat mumpuni. Cocok untuk digunakan untuk kegiatan multitasking maupun bermain Game berat seperti Mobile Legen, AOV, PUBG Mobile, Free Fier dan lain sebagainya. (CW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!