Menikmati Seduhan Kopi Sukma Wak Somet Pontianak

Setelah cukup lama menanti dikarenakan kesibukan Sang Barista, akhirnya #BloggerBorneo baru mendapat kesempatan untuk berkunjung langsung ke markasnya Kopi Wak Somet Pontianak di bulan Maret 2020.

Kopi Wak Somet Pontianak – Tanpa melalui sebuah perencanaan, di satu kesempatan #KamekBlogger langsung menghubungi via telepon dan Alhamdulillah sosok cowok ganteng di ujung sana merespon dan mengatakan “Saye ade dirumah sekarang…”

Bicara mengenai brand name salah satu UMKM di kota Pontianak ini, Blogger Borneo sebenarnya telah beberapa kali bertemu dengan Sang Pemiliknya. Namun dikarenakan kesibukannya pada saat proses pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat beberapa waktu lalu, Beliau pun menghilang untuk sementara.

Satu keistimewaan akan didapatkan ketika berkunjung ke markas produksi Kopi Wak Somet Pontianak adalah kita akan merasakan seduhan varian kopi langsung dari proses pertama dibuat. Jadi jika ingin tahu bagaimana rasa kopi yang sesungguhnya, hubungi saja Sang Barista nya.

Kopi Wak Somet Pontianak

Entah kenapa, setelah sekian lama tidak berjumpa, rasa rindu akan seduhan kopi pertama dari Wak Somet Pontianak langsung terasa benar menusuk ke sukma. Sebenarnya Blogger Borneo telah mencoba untuk menghubungi Sang Barista, namun dikarenakan Beliau masih sibuk maka rencana untuk bertemu pun masih baru sebatas angan-angan.

Hingga akhirnya di satu sore, ketika kondisi langit Negeri Khatulistiwa tampak redup, Blogger Borneo secara spontan langsung menghubungi Beliau untuk menanyakan posisinya sedang berada dimana. Alhamdulillah pada saat itu, Beliau sedang berada di Pontianak dan mempersilahkan Blogger Borneo untuk datang berkunjung ke rumahnya.

Tanpa menunggu lama, Blogger Borneo pun langsung bergegas menuju alamat lokasi yang dikirimkan melalui pesan via WhatsApp. Nampak tertera alamatnya berada di kawasan Jalan Danau Sentarum Pontianak (alamat lengkap ada pada redaksi). Alhamdulillah 20 menit kemudian, Blogger Borneo pun tiba di lokasi tujuan.

Kopi Sukma

Dari kejauhan tampak sosok cowok ganteng brewokan dengan style cool dan melankolis berdiri di pekarangan sebuah rumah yang halamannya ditumbuhi oleh beberapa jenis tanaman hutan Kalimantan. Senyum sumringah langsung terlontar dari dirinya ketika Blogger Borneo sedang memposisikan kendaraan di depan rumahnya.

“Pantaslah nelpon nak datang, rupe nak pamer kalau dah pake mobil baru”, demikian ucapnya ceplas ceplos ketika Blogger Borneo baru saja turun dan bergegas masuk ke halaman rumahnya.

“Assalamualaikum Bang…”, Blogger Borneo langsung mengucapkan salam.

“Waalaikumsalam… Masok Wi. Pe kabar awak nih lama tak nampak…”, demikian sambutan hangatnya.

Sang Barista pun langsung mempersilahkan Blogger Borneo duduk sambil ijin masuk ke dalam rumah sebentar untuk mengambil peralatan yang dibutuhkan. Tak lama berselang…

Peralatan Pembuatan Kopi Wak Somet Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Nah penampakan foto diatas adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan prosesi sakral pembuatan kopi ala Wak Somet Pontianak. Memang jika diperhatikan peralatannya tidak banyak dan sepertinya simpel untuk membuatnya. Akan tetapi kembali lagi ke kodrat alam bahwa citarasa kopi akan sangat terasa di seduhan pertama.

Pada kesempatan ini, Sang Barista membuatkan jenis kopi yang diberi nama Kopi Sukma, merupakan kepanjangan dari Kopi Sumatera Kalimantan. Dari nama yang diberikan sudah cukup jelas menggambarkan bahwa racikan kopi ini terdiri atas perpaduan antara biji kopi Sumatera (arabica) dan Kalimantan (robusta).

Jujur saja, jika diminta untuk menjelaskan secara detail mengenai salah satu varian Kopi Sukma Wak Somet Pontianak maka Blogger Borneo akan langsung mengibarkan bendera putih. Jadi agar pesannya dapat tersampaikan, silahkan nonton secara seksama video yang sudah Blogger Borneo buat dibawah ini:

Satu hal menarik Blogger Borneo dapatkan ketika melihat bagaimana proses pembuatan Kopi Sukma Wak Somet Pontianak dari awal sampai akhir. Dari bagaimana peralatan dipersiapkan hingga hidangan kopi disajikan.

Aroma kopi kuat tercium ketika Bang Indra Ae’, demikian Sang Barista lebih akrab dipanggil mencurahkan kopi dari ceret mungil berbahan dasar tembaga tersebut.

Baca Juga: Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

“Minum kopi itu dinikmati secara perlahan, jangan kayak orang aos langsung ditegok semuenye. Dijamen tenggorokan ente tebakar Bro. Hahahaha…”, Beliau berkelakar.

Blogger Borneo langsung tertawa sambil menggoyang-goyang gelas kaca berisikan 1/3 air kopi berharap segera turun suhunya dan dapat diminum.

Menerima Pesanan

Selain Kopi Sukma, Wak Somet Pontianak juga memiliki jenis lain yaitu Kopi Rempah. Khusus untuk jenis ini, Bang Indra Ae’ menambahkan campuran beberapa jenis rempah-rempah yang dijadikan satu. Setelah mencoba seduhan Kopi Sukma, Blogger Borneo pun dibuatkan varian Kopi Rempahnya.

Sengaja di tulisan ini tidak disebutkan mengenai jenis-jenis bahan rempah apa yang digunakan karena harus seizin dari Sang Pemilik Resep. Jadi selama ini Beliau juga menerima pesanan untuk beberapa jenis bubuk kopi dimana untuk saat sekarang ini sudah ada beberapa pelanggan baik itu dari dalam maupun luar kota yang melakukan pemesanan.

Nah, bagi kawan-kawan yang ingin merasakan bagaimana nikmatnya seduhan Kopi Sukma Wak Somet Pontianak dapat langsung menghubungi kontak sebagai berikut:

Halaman Facebook: Kopi Wak Somet Pontianak

WhatsApp: 082154466477 atau 085822483005

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More