Sajian Bakso Instan ala Resep Masakan RinaResep.Com

Bakso merupakan salah satu jenis kuliner yang paling terkenal di Indonesia. Menurut definisi KBBI, bakso adalah makanan yang terbuat dari daging sapi, ayam, udah, atau ikan yang dalam prosesnya dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan dibentuk bulat-bulat.

Memang jika diperhatikan selama ini bakso tersaji dalam wujud “umum” yang terdiri atas campuran mie putih, mie kuning, tahu, sayuran, dan beberapa pentol bakso (kecil atau besar). Setelah itu baru diberi kuah kaldu panas, ada beberapa diantaranya menambahkan lemak, tetelan, iga, dan sejenisnya.

Sekarang dengan hadirnya produk Bakso Frozen BorneoFood, maka kita tidak perlu lagi merasa kaku dan terikat dengan konsep sajian bakso pada umumnya karena justru akan lebih mudah dan penyajiannya bisa menyesuaikan selera meskipun dengan bahan baku apa adanya.

Karena bakso memiliki kedekatan sangat erat dengan mie, maka Blogger Borneo selama ini selalu menggunakan cara paling mudah mengolah Bakso BorneoFood di rumah hanya dengan menggunakan indomie instan dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Cara Instan Makan Bakso BorneoFood

Di satu kesempatan, ketika kala rasa lapar mendera, tiba-tiba muncul keinginan untuk makan bakso halal bersertifikat halal MUI dan BPOM RI ini. Langsung melihat isi freezer kulkas, ternyata masih ada stok Bakso Daging Sapi (Premium), Bakso Isi Urat Sapi, dan Bakso Isi Telur Asin. Alhamdulillah…

Sepertinya tidak pas rasanya jika tidak ada tambahan sayuran, buka pintu kulkas bagian bawah ternyata masih ada stok sayur sawi dan cabe rawit segar. Wah… ini baru okeee… Lanjut masak yaaa…

Mie Bakso BorneoFood
Image: Dok. Pribadi

Jika dilihat pada bagian pembuka tulisan ini adalah bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat membuat Mie Bakso BorneoFood, maka pada penampakan foto disisi kiri ini merupakan hasil jadi dari olahan semua bahan baku yang digunakan.

Untuk bakmienya sengaja Blogger Borneo menggunakan Indomie Kaldu Ayam karena sifat bumbunya netral sehingga bisa berpadu rasa dengan Bakso BorneoFood. Sedangkan aroma wanginya menggunakan aroma dari produk bawang goreng sumenep milik Ny. Emmet.

Gimana kelihatannya Friends, cukup menggugah selera ya. Meskipun tidak ada menggunakan nasi putih, tetap dijamin kenyang karena kandungan daging dalam Bakso BorneoFood lebih dari cukup untuk mengisi ruang-ruang di usus Anda. 😀

Selain dibuat menjadi sajian instan ini, bakso halal pertama di Kalimantan Barat ini juga dapat disajikan dalam bentuk lain. Blogger Borneo mencoba mencari informasi mengenai resep masakan lain yang instan menggunakan bahan baku bakso.

Resep Masakan RinaResep.Com

Salah satu referensi website yang menyediakan informasi mengenai resep makanan adalah RinaResep.Com. Di antara sekian banyak resep menu masakan yang tersedia, Blogger Borneo ada membaca informasi menu makanan berbahan basar bakso yaitu Bakso Pentol Pedas.

Kita ketahui sendiri bahwa Bakso Pentol Pedas merupakan salah satu jajanan kekinian yang lagi banyak disukai orang banyak. Bakso yang dibumbui dengan bumbu sambal extra pedas membuat bibir dower dan berkeringat ini sudah banyak terjual.

Banyak masyarakat yang menyukai jajanan ini, karena sebagian besar warga Indonesia menyukai makanan pedas. Bakso Pentol Pedas ini bisa dijadikan cemilan dan juga bisa dijadikan lauk untuk makan bersama nasi.

Resep Masakan RinaResep.Com
Image: RinaResep.Com

Cara Memasak

Sebelum memasak Bakso Pentol Pedas, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, sebagai berikut:

  • Bakso Daging Sapi BorneoFood 20 Biji;
  • Daun Bawang 2 Helai Dirajang;
  • Bawang Putih 3 Siung;
  • Bawang Merah 5 Siung;
  • Cabe Merah Keriting 5 Buah;
  • Cabe Rawit 20 Buah (Menyesuaikan Level Pedasnya);
  • Daun Salam 2 Lembar;
  • Daun Jeruk 1 Lembar;
  • Lengkuas 1 Iris Digeprek;
  • Garam Secukupnya;
  • Gula Pasir Secukupnya;
  • Merica Bubuk Secukupnya.

Setelah semua bahan-bahan siap, berikut proses memasaknya:

Menyiapkan Bakso dan Bumbu

Siapkan bakso sapi yang sudah rebus terlebih dahulu dan sisihkan. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting dan cabe rawit.

Proses Memasak

Siapkan wajan panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus diatas bersama dengan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk hingga harum masukan sedikit air. Kemudian tambahkan gula pasir, garam dan merica bubuk aduk lagi hingga rata. Tes rasa.

Penyajian

Masukkan bakso sapi kedalam bumbu cabe aduk rata masak hingga menyusut dan angkat. Bakso Pentol Pedas siap disajikan.

Sebenarnya masih ada lagi resep masakan RinaResep.Com yang menggunakan bahan baku bakso, akan tetapi pada kesempatan ini Blogger Borneo akan mencoba mempraktekkannya langsung membuat Bakso Pentol Pedas agar bisa mencicipi bagaimana hasil akhirnya.

Insya Allah nanti ketika proses memasaknya selesai, Blogger Borneo akan memperlihatkan wujud Bakso Pentol Pedas nya di tulisan ini. Semoga bisa dengan videonya sekalian. Ditunggu yaaa… (DW)

 

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More