Indonesia Website Awards

Lapangan Mini Soccer Pontianak, Pengalaman Pertama Bermain dengan Tim Masbuq FC

Foto Bersama Tim Masbuq FC (Image: instagram.com/zh.9421_)

“Bang, mau join main mini soccer gak?” demikian tanya Bang Dasta ketika kami sedang ngopi asyik di Warkop Aming Podomoro Pontianak.

Mendengar pertanyaan tersebut, Blogger Borneo sempat hening. Mini Soccer? Sepertinya istilah tersebut tidak cukup asing, namun seperti apa detailnya masih belum terlalu mengetahui.

Lapangan Mini Soccer Pontianak

Baru tahu ternyata Lapangan Mini Soccer Pontianak sudah ada, terletak di kawasan Pal V Pontianak, namanya Parama Mini Soccer. Jika ingin tahu detail bisa langsung menghubungi nomor whatsapp yang tertera di bagian akhir tulisan ini.

Oke, mungkin diantara para pembaca juga belum terlalu mengenal mengenai mini soccer. Blogger Borneo mencoba mencari informasi mengenai jenis olah raga yang saat ini sedang mulai ramai diperbincangkan.

Sekedar ingin memberikan gambaran bahwa mini soccer ini sebenarnya konsep permainannya adalah sepak bola, hanya saja ukuran lapangannya lebih besar daripada lapangan futsal dan lebih kecil dari lapangan sepak bola standar. Coba perhatikan ukuran lapangan mini soccer Pontianak.

Apa itu Mini Soccer?

Mini soccer adalah permainan sepak bola yang dimainkan dengan aturan yang disederhanakan dan disesuaikan. Jumlah pemain, ukuran lapangan, durasi pertandingan, dan peralatan yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada usia, tingkat keterampilan, dan preferensi peserta.

Namun, secara umum, mini soccer memiliki ciri-ciri berikut:

Jumlah Pemain

Mini soccer biasanya dimainkan dengan 5 hingga 9 pemain di setiap tim, termasuk penjaga gawang. Jumlah pemain dapat disesuaikan sesuai dengan jumlah peserta yang tersedia dan ukuran lapangan yang digunakan.

Beberapa variasi mini soccer tidak menggunakan penjaga gawang sama sekali, atau mengizinkan pemain untuk berganti peran sebagai penjaga gawang.

Ukuran Lapangan

Perminan ini dimainkan di lapangan mini soccer Pontianak yang lebih kecil daripada lapangan sepak bola standar. Ukuran lapangan dapat bervariasi tergantung pada jumlah pemain, tetapi biasanya berkisar antara 20 hingga 40 meter panjangnya dan 15 hingga 30 meter lebarnya.

Lapangan mini soccer Pontianak dapat dibuat di mana saja, seperti di halaman sekolah, taman, atau ruang terbuka lainnya. Lapangan mini soccer harus memiliki garis batas yang jelas, dua gawang di setiap ujung, dan titik tengah.

Baca Juga:   Shin Tae Yong, Sentuhan Tangan Besinya Membuat Timnas Indonesia Muda Kembali Berjaya

Durasi Pertandingan

Mini soccer dimainkan dengan waktu yang lebih singkat daripada pertandingan sepak bola standar. Durasi pertandingan dapat bervariasi tergantung pada usia dan stamina peserta, tetapi biasanya berkisar antara 10 hingga 30 menit.

Peralatan

Mini soccer menggunakan bola yang lebih kecil daripada bola sepak bola standar. Ukuran bola dapat bervariasi tergantung pada usia dan tingkat keterampilan peserta, tetapi biasanya berkisar antara ukuran 3 hingga 5.

Bola mini soccer harus memiliki tekanan udara yang sesuai dan tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Selain bola, peralatan lain yang dibutuhkan untuk bermain mini soccer adalah gawang, pakaian olahraga, sepatu, dan pelindung jika diperlukan.

Bagaimana Cara Bermain Mini Soccer?

Mini soccer dimainkan dengan aturan yang mirip dengan sepak bola biasa, tetapi dengan beberapa penyesuaian dan penyederhanaan. Tujuan dari mini soccer adalah untuk mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan, sambil mencegah lawan mencetak gol ke gawang sendiri.

Blogger Borneo Sedang Menerima Bola
Blogger Borneo Sedang Menerima Bola (Image: instagram.com/zh.9421_)

Berikut adalah beberapa aturan dasar dari mini soccer:

Cara Memulai Pertandingan

Pertandingan mini soccer dimulai dengan tendangan dari titik tengah lapangan. Tim yang melakukan tendangan ditentukan dengan cara undian atau koin.

Tim lain harus berada di setengah lapangan mereka sendiri sampai bola ditendang. Setelah bola ditendang, pertandingan dimulai dan kedua tim dapat berusaha merebut bola.

Cara Menggiring Bola

Pemain dapat menggiring bola dengan menggunakan kaki, dada, atau kepala. Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan atau lengan, kecuali jika mereka adalah penjaga gawang di daerah gawang mereka sendiri.

Blogger Borneo Sedang Menggiring Bola
Blogger Borneo Sedang Menggiring Bola (Image: instagram.com/zh.9421_)

Pemain juga tidak boleh menendang, mendorong, menarik, atau melanggar pemain lawan dengan cara apapun. Jika pemain melanggar aturan ini, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan bebas di tempat pelanggaran terjadi.

Cara Melepas Bola

Pemain dapat melepas bola dengan menendang, menyundul, atau menyentuh bola dengan bagian tubuh lainnya. Pemain dapat melepas bola ke arah mana saja, termasuk ke arah gawang lawan. Pemain dapat melepas bola ke pemain lain di tim mereka sendiri, atau ke ruang kosong di lapangan.

Baca Juga:   Pasar Flamboyan, Ikon Modernisasi Pasar Tradisional Kota Pontianak

Pemain tidak boleh melepas bola ke belakang gawang mereka sendiri, kecuali jika mereka adalah penjaga gawang. Jika pemain melanggar aturan ini, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan sudut di sudut lapangan terdekat.

Cara Mencetak Gol

Gol terjadi ketika bola melewati garis gawang, baik di udara maupun di tanah, dan masuk ke dalam gawang. Gol hanya dihitung jika bola dilepas oleh pemain yang berada di setengah lapangan lawan, dan tidak berada dalam posisi offside.

Offside terjadi ketika pemain berada lebih dekat ke gawang lawan daripada dua pemain lawan terakhir, pada saat bola dilepas oleh pemain timnya sendiri. Jika offside terjadi, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan bebas di tempat offside terjadi.

Cara Menghentikan Pertandingan

Pertandingan mini soccer dihentikan ketika waktu pertandingan habis, atau ketika wasit menghentikan pertandingan karena alasan tertentu, seperti cedera, cuaca buruk, atau gangguan.

  • Jika pertandingan dihentikan sebelum waktu habis, maka pertandingan dapat dilanjutkan atau diulang sesuai dengan kesepakatan kedua tim.
  • Jika pertandingan dihentikan setelah waktu habis, maka tim yang mencetak gol lebih banyak akan menjadi pemenang.
  • Jika kedua tim mencetak gol sama banyak, maka pertandingan akan berakhir imbang, atau dapat dilanjutkan dengan perpanjangan waktu atau adu penalti sesuai dengan kesepakatan kedua tim.

Apa Manfaat dari Mini Soccer?

Mini soccer memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan, keterampilan, maupun kesenangan. Berikut adalah beberapa manfaat dari bermain di lapangan mini soccer Pontianak:

Kesehatan

Mini soccer adalah olahraga yang baik untuk kesehatan, karena melibatkan banyak gerakan, lari, dan tendangan. Mini soccer dapat membantu meningkatkan kardiovaskular, otot, tulang, dan fleksibilitas tubuh. Mini soccer juga dapat membantu membakar kalori, menurunkan berat badan, dan mengurangi stres.

Keterampilan

Mini soccer adalah olahraga yang baik untuk keterampilan, karena melibatkan banyak kontrol bola, passing, dribbling, dan penyelesaian. Mini soccer dapat membantu meningkatkan koordinasi, keseimbangan, refleks, dan kecepatan. Mini soccer juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir, berkomunikasi, dan bekerja sama dengan tim.

Kesenangan

Mini soccer adalah olahraga yang baik untuk kesenangan, karena melibatkan banyak tantangan, variasi, dan kreativitas. Mini soccer dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, dan kegembiraan. Mini soccer juga dapat membantu meningkatkan hubungan sosial, persahabatan, dan sportivitas.

Baca Juga:   5 Perbedaan Mini Soccer dengan Sepak Bola Biasa

Penutup

Secara pribadi, Blogger Borneo cukup merasa puas dan nyaman bermain di lapangan mini soccer Pontianak ini. Meskipun lokasinya termasuk jauh dari rumah, tapi begitu sampai… (kira-kira seperti apa rasanya ya). Bisa dilihat dari ekspresi wajah Blogger Borneo di beberapa hasil dokumentasi diatas.

Nah, demikian informasi yang dapat Blogger Borneo sampaikan khusus mengenai lapangan mini soccer Pontianak yang pertama ini. Bagi para pembaca yang ingin merasakan suasana bermain di lapangan yang dikelilingi pohon langsat ini dapat langsung menghubungi nomor whatsapp admin Masbuq FC. (DW)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!