Laptop Dua Layar OLED Terbaik ASUS Zenbook Duo UX8406

Image: Asus.com

Laptop Dua Layar OLED Terbaik – Pada awal Maret 2024, Blogger Borneo mendapat kesempatan untuk hadir dalam peluncuran resmi seri ASUS terbaru yaitu Zenbook  Duo (UX8406). Tidak terasa kurang lebih 3 tahun berlalu, momen ini menjadi kali pertama sejak ASUS tidak menyelenggarakan event karena dampak Covid-19.

Sepertinya memang ASUS mencari waktu yang tepat karena pada sesi peluncuran kali ini, dihadirkan salah satu seri terbaru dari jajaran laptop dua layar OLED terbaik yaitu ASUS Zenbook Duo (UX8406). Dibanding seri sebelumnya, seri ini merupakan seri terbaik. Mau tahu apa alasannya? Simak penjelasannya ya…

Laptop Dua Layar OLED Terbaik

Sebagai perusahaan teknologi yang selalu tidak berhenti melakukan inovasi, ASUS selalu berusaha menghadirkan produk-produk “revolusioner”. Dibandingkan dengan perusahaan teknologi lainnya, ASUS selalu menjadi pioneer.

Diantara jajaran seri laptop ASUS yang selalu menjadi pilihan utama para pengguna dengan latar belakang berbeda-beda, ASUS Zenbook Duo termasuk seri istimewa. Istilah Duo disematkan sebagai “kode” yang menandakan bahwa semua seri ASUS Zenbook ini menggunakan teknologi dua layar.

Bicara mengenai teknologi dua layar, ASUS sebenarnya telah mulai merintis proyek pengembangannya pada tahun 2018. Ide dasar lahirnya Zenbook DUO (UX8406) dimulai ketika tim desain ASUS melihat bagaimana orang-orang bekerja dengan laptopnya.

Keterbatasan layar laptop yang digunakan seringkali membuat mereka harus menggunakan monitor tambahan. Tentu saja ketika mereka bekerja didalam ruangan, penggunaan monitor tambahan ini tidak akan menjadi masalah. Namun sekarang bagaimana jika mereka harus bekerja diluar kantor?

Penggunaan Mode Laptop pada Zenbook Duo UX8406

Project Precog

Dari kondisi ini tim desain ASUS kemudian berpikir bagaimana merancang laptop dengan fitur dua layar sebagai bentuk solusi. Akhirnya pada tahun 2018, ASUS memperkenalkan laptop prototipe dengan dua layar bernama Project Precog.

Project Precog merupakan konsep awal Zenbook DUO (UX8406) yang dipamerkan di Computex 2018. Project Precog tetap menjadi laptop konsep pada saat itu karena ekosistem hardware, software, serta sistem operasi belum bisa memaksimalkan penggunaan layar ganda di laptop.

Baca Juga:   ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition Gabungkan Nuansa Musik dalam Sebuah Laptop Gaming Canggih dan Stylish

Seiring berjalannya waktu, ASUS terus mengembangkan laptop berdasarkan teknologi pendukungnya pada saat itu. Beberapa seri yang telah dikembangkan, antara lain:

  1. Zenbook Pro 15 UX580 Tahun 2018 (Menggunakan Teknologi ScreenPad™)
  2. Zenbook Duo UX481 Tahun 2019 (Menggunakan Teknologi ScreenPad™ Plus)
  3. Zenbook 17 Fold OLED UX9702 Tahun 2022 (Menggunakan Teknologi Layar Fold)

Kesemua seri diatas merupakan produk revolusioner yang dikembangkan ASUS karena fitur yang digunakan belum pernah ditemukan sebelumnya. ASUS memang selalu terdepan dalam menciptakan inovasi. Yang lain pasti ketinggalan.

Penggunaan Zenbook Duo UX8406 untuk Multimedia

Prosesor dengan Teknologi AI

Di tahun ini, tepatnya awal Maret 2024, ASUS meluncurkan laptop dua layar OLED terbaik Zenbook Duo (UX8406). Bisa dianggap kehadiran seri ini merupakan penyempurnaan dari seri-seri sebelumnya.

Mengkombinasikan antara teknologi yang sedang berkembang dengan kemampuan laptop bekerja menjadi alasan utama ASUS menggandeng Intel® sebagai mitra kerjasama. Kita ketahui bersama bahwa prosesor memegang peranan ketika laptop itu bekerja dan Intel® merupakan pilihan tepat.

ASUS Zenbook Duo (UX8406) hadir sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, seri prosesornya adalah Intel® Core™ Ultra 7 155H yang diperkuat chip Intel® AI Boost NPU (Neural Processing Unit). Prosesor Intel® terbaru ini telah mendukung teknologi AI (Artifial Intelligence) dengan performa terbaik.

Sejak 2018 hingga saat ini, ASUS terus berusaha untuk menyempurnakan hardware dan software demi dapat memudahkan interaksi pengguna laptop dua layar sekaligus. Tidak mudah memang, namun konsistensi dalam sebuah proses tetap akan memberikan hasil terbaik.

Desain Inovatif

Dari sisi desain, ASUS berhasil membuat rancangan inovatif. Bagaimana bisa dua layar dengan ukuran masing-masing 14 inci dibuat terpisah dengan posisi keyboard berada diantaranya. Tidak lupa ditambahkan penyangga khusus sehingga tetap mudah digunakan meskipun dalam posisi tegak lurus.

@bloggerborneoPenampakan #ASUS #ZenbookDuo (UX8406) Laptop Dua #LayarOLED Terbaik #BloggerBorneo #KamekBlogger #2024Melesat♬ suara asli Dwi Wahyudi

Dapat dilihat melalui video diatas bagaimana ASUS Zenbook Duo (UX8406) memiliki desain yang sangat ringan, ringkas, dan berfokus pada pengguna. Dengan bobot hanya 1,35 kg dan ketebalan 14,6 mm saja membuat laptop ini mudah dibawa pada saat bepergian. 

Baca Juga:   ASUS VivoBook S330, Laptop 13 Inci Ringkas, Powerful dan Penuh Gaya

Desain keyboard yang dapat dilepas (detachable) juga memudahkan laptop dua layar OLED terbaik untuk dibawa bepergian. Penggunaannya juga sangat mudah, proses pengisian daya dapat dilakukan secara otomatis saat Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode.

Zenbook DUO UX8406

Mode Penggunaan

Seluruh laptop ASUS memiliki desain yang berfokus pada pengguna, tidak terkecuali Zenbook DUO (UX8406). Secara desain, laptop dua layar OLED terbaik sudah sangat berbeda dari laptop pada yang ada di pasar saat ini.

Laptop dua layar OLED terbaik ini dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel.

Fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini di semua mode penggunaannya.

Mode Penggunaan Zenbook Duo UX8406

Berikut adalah lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406), yaitu:

Laptop Mode

Merupakan mode umum yang biasa digunakan. Tampil layaknya laptop pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard fisik yang ditempatkan di atas layar keduanya. Digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

Laptop Mode with Virtual Keyboard

Hampir sama seperti Laptop Mode, hanya saja laptop dua layar OLED terbaik di mode ini menggunakan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual menggunakan fitur ScreenXpert

Dual-Screen Mode

Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman.

Penggunanya kemudian mengontrol laptop dua layar OLED terbaik ini menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth. 

Desktop Mode

Didesain untuk pengguna yang suka dengan layar vertikal, Desktop Mode di laptop dua layar OLED terbaik menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk seknario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding.

Sharing Mode

Mode paling unik di Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini.

Baca Juga:   ASUS ROG Flow X13, Laptop Powerful dengan Desain Ringan dan Fleksibel

Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Layar Kualitas OLED

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat.

Stylus Pen Zenbook Duo UX8406

Layar laptop dua layar OLED terbaik ini telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Spesifikasi Teknis

Seri Laptop Zenbook DUO (UX8406MA)
CPU Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU
Sistem Operasi Windows 11 Home
Memori 16GB LPDDR5X
Penyimpanan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Layar Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support
Grafis Intel® Arc™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Konektivitas Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Kamera FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Baterai 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi  31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm
Berat 1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Harga Rp 33.999.000,-
Garansi 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Don`t copy text!