Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Liputan Kegiatan Sosialisasi Pemilukada Kalimantan Barat Tahun 2012

Menjelang masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Barat (PEMILUKADA KALBAR) Periode 2012-2017, Komunitas Blogger en Netter Pontianak (BELETER) dan Perwakilan Internet Sehat Kalimantan Barat memperoleh undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada Kalbar 2012. Dalam kegiatan ini, selain sosialisasi mengenai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah hampir selesai dilakukan, terdapat 2 (dua) agenda acara lainnya yaitu: launching website KPU Kota Pontianak dan pembukaan secara simbolis lomba status facebook dengan tema Sosialisasi Pemilukada Kalbar 2012.

Tepat pada jam 08.30 saya tiba di lokasi penyelenggaraan kegiatan yaitu di Takalar Ball Room Hotel Grand Mahkota Pontianak. Kebetulan pada kesempatan ini, saya menjadi Perwakilan Internet Sehat Kalimantan Barat bersama dengan saudari Rohani Syawaliah. Sedangkan untuk “jatah” dari Komunitas BELETER Pontianak saya meminta kepada saudara Tri Anto dan kedua orang temannya hadir di acara tersebut. Pada saat bersamaan, tampak hadir beberapa perwakilan dari komunitas lain seperti Komunitas Sepeda Onte Pontianak (SEPOK), Komunitas Bike to Work, Komunitas Fotografi, Komunitas Klub Bola, dan lain-lain. Dari sini sebenarnya dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa KPU Kota Pontianak mencoba untuk melakukan perubahan paradigma sosialisasi PEMILUKADA KALBAR 2012 yang selama ini mengarah kepada tokoh-tokoh masyarakat mulai bergeser kepada komunitas-komunitas di Pontianak. Masih banyaknya para remaja yang lebih memilih golput menjadi salah stau alasan utama kenapa perubahan paradigma ini harus dilakukan.

Meski sempat mengalami penundaan untuk beberapa saat, acara akhirnya secara simbolis dibuka oleh Ketua KPU Kota Pontianak, Bapak Viryan Azis. Dari pihak pemerintah kota Pontianak sendiri, sepertinya Bapak Walikota Pontianak berhalangan hadir sehingga untuk sesi kata sambutan digantikan oleh salah satu staf beliau. Untuk peserta dari kalangan pemerintahan, beberapa instansi terkait seperti Dinas Perhubungan Kota Pontianak dan para camat juga turut menjadi bagian dalam kegiatan tersebut.

Untuk sosialisasi kepada masyarakat luas, pihak KPU Kota Pontianak mengundang beberapa perwakilan media-media informasi yang ada di Kalimantan Barat. Diharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada Kalbar 2012 masyarakat akan lebih terbuka pemikirannya dalam menggunakan hak suaranya, terlepas dari pemikiran negatif mengenai kondisi pemerintahan maupun sistem perpolitikan Indonesia pada saat ini. Yang pasti, pada saat hari pemilihan kita datang ke Tempat Pemilihan Umum (TPU) terdekat. Masalah siapa yang akan kita coblos nantinya hanya Allah dan diri kita sendiri yang tahu. 🙂

Mengenai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sementara, hingga pada saat DPT tersebut dibacakan ada sekitar 300-an ribu orang yang sudah terdaftar menjadi calon pemilih. Menurut KPU Kota Pontianak, angka sementara tersebut sudah mencapai sekitar 80% dari keseluruhan total suara yang ada di wilayah kota Pontianak dan sekitarnya. Sisanya, pihak KPU Kota Pontianak meminta waktu paling lama seminggu untuk mengumpulkan semua DPT tersebut.

Setelah selesai melakukan penyerahan DPT secara simbolis, acara kemudian dilanjutkan dengan launching website KPU Kota Pontianak. Disini perwakilan dari Pemerintah Kota Pontianak mendapat kesempatan untuk melakukan “enter perdana” sebagai bentuk simbolis proses peluncuran website tersebut. Untuk berikutnya, kesempatan untuk membuka secara simbolis Lomba Status Facebook Pemilukada Kalbar 2012 diberikan kepada perwakilan dari KPU Provinsi Kalimantan Barat. Disini, proses simbolisnya ditunjukkan dengan membuat status secara resmi di facebook dengan men-tag akun KPU Kota Pontianak di akhir setiap status yang diikutsertakan dalam lomba.

Nah, dengan berakhirnya dua agenda terakhir tersebut maka kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada Kalbar 2012 telah selesai dilaksanakan. Dan setelah doa dipanjatkan sebagai bentuk syukur atas karunia Allah SWT sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar, secara resmi kegiatan ditutup. Sebelum pulang, para peserta diminta untuk turun ke lantai dasar Hotel Grand Mahkota Pontianak karena masih ada satu sesi terakhir lagi yaitu makan siang. Hehehe… Sebagai penutup kata, penulis berharap proses Pemilukada Kalbar 2012 dapat berjalan dengan lancar dan damai. Aminnn… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
1 Comment
  1. Dwi Wahyudi says

    Masih belum tahu Bro, proses pencoblosan baru dilakukan pada tanggal 20 September 2012. Sekarang sih masih masa kampanye. Btw, gimana kabar Jakarta? Sepertinya Sang Kuda Hitam akan menjadi gubernur Jakarta baru nih. Hehehehe…

Leave A Reply

Your email address will not be published.