Blogilicious 2012, Maaf Pontianak Bukan Kota Blogger

Setelah sukses di penyelenggaraan Blogilicious 2011, pada kesempatan ini ID Blog Network kembali akan menggelar kegiatan yang serupa yaitu Blogilicious 2012. Dengan mengambil tema #CreativeBlog 7 Kota, disini panitia penyelenggara ingin memfokuskan pusat kegiatan pada 7 kota di Indonesia, antara lain: Madura, Solo, Maros, Banjarmasin, Gorontalo, Medan, dan Tangerang. Sedangkan untuk Pontianak sendiri, sepertinya belum akan masuk dalam agenda roadshow ID Blog Network beberapa tahun berikutnya karena salah satu syarat dipilihnya lokasi penyelenggaraan kegiatan ini adalah KOTA TERSEBUT HARUS MEMILIKI BANYAK BLOGGER.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Pontianak sebagai jantung ibukota Provinsi Kalimantan Barat sampai detik ini belum dapat menciptakan blogger-blogger kreatif seperti apa yang telah dilakukan oleh beberapa kota besar di Indonesia. Masih kurangnya kesadaran para generasi muda Pontianak dalam memanfaatkan media online sebagai salah satu cara alternatif untuk berkreasi menjadi faktor utama kenapa jumlah penggiat-penggiat internet di Kalimantan Barat masih belum seberapa. Padahal jika diperhatikan, kota Pontianak dapat dimasukkan dalam kategori kota yang memiliki titik hotspot internet terbanyak di Indonesia. Angka ini terus bergerak seiring dengan pertumbuhan warung kopi yang ada diseluruh pelosok kota Pontianak dimana masing-masing dari pemilik warung kopi tersebut memanfaatkan trend demam internet sebagai salah satu cara untuk menambah jumlah pelanggan di warung kopi miliknya dengan memasang akses internet via hotspot sebagai fasilitas tambahan.

Sebenarnya masuk akal juga jika syarat sebuah kota harus memiliki banyak blogger baru dapat “mengajukan diri” untuk menjadi tempat penyelenggaraan event tahunan ID Blog Network. Faktor jumlah pengunjung yang akan datang tentunya juga harus diperhitungkan disini karena bagaimanapun juga unsur promosi dari pihak-pihak sponsor pendukung kegiatan ini tetap menjadi prioritas disini. Percuma juga kan sudah mengeluarkan biaya sampai puluhan juta untuk menyelenggarakan kegiatan disebuah kota namun karena jumlah peminatnya hanya sedikit maka yang datang hanya beberapa orang saja. Terkecuali kegiatan itu memang diselenggarakan semata-mata demi tujuan edukasi, mungkin “syarat wajib” tersebut bukanlah menjadi sebuah prioritas. Benar ngga???.

Akan tetapi, bukan berarti dengan tidak masuknya Pontianak sebagai kota para blogger maka saya dan seluruh teman-teman seperjuangan yang merasa perduli dengan perkembangan dunia maya di Kalimantan Barat akan berhenti sampai disini. Menurut kami, yang namanya proses sosialisasi dan edukasi tetap harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Meski dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak selama ini kurang maksimal, namun kami tetap berupaya seoptimal mungkin melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan positif khususnya dibidang pemanfataan teknologi internet dan social media. Jadi, tinggal dilihat saja perkembangannya nanti seperti apa. Masalah proses itu hanyalah waktu yang bisa menentukan, selama kita tidak pernah berhenti untuk berupaya maka saya yakin suatu saat PONTIANAK AKAN MENJADI KOTA PARA BLOGGER. Insya Allah… (DW)

Sumber Gambar:

  • http://chemistrahmah.com/blogilicious-2012-creativeblog-7-kota-id-blognetwork.html
  • http://dodonjerry.blogspot.com/2011/04/ketika-ngopi-jadi-gaya-hidup.html

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More