BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu lembaga yang bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan sosial kepada seluruh pekerja di Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program jaminan, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mendapatkan manfaat dari program-program tersebut, pekerja harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan membayar iuran secara rutin.

Namun, tidak jarang pekerja mengalami kesulitan dalam mengurus administrasi BPJS Ketenagakerjaan, seperti mendaftar, mengubah data, mengajukan klaim, atau membayar iuran.

Salah satu faktor penyebabnya adalah antrean panjang di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Antrean ini tidak hanya membuang waktu, tetapi juga berpotensi menimbulkan kerumunan yang berisiko menularkan penyakit, terutama di masa pandemi COVID-19.

Mendaftar Melalui Aplikasi

Untuk mengatasi masalah ini, BPJS Ketenagakerjaan telah mengembangkan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Aplikasi ini memungkinkan pekerja untuk mengurus berbagai keperluan BPJS Ketenagakerjaan secara online, tanpa harus datang ke kantor cabang.

Salah satu fitur yang tersedia di aplikasi ini adalah antrean online, yang dapat digunakan untuk mendaftarkan diri sebelum mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Antrean online adalah fitur yang memudahkan pekerja untuk mendapatkan nomor antrian secara online, sehingga tidak perlu mengantri di loket pendaftaran.

Dengan antrean online, pekerja dapat memilih kantor cabang, tanggal, dan waktu kunjungan sesuai dengan ketersediaan kuota. Selain itu, antrean online juga dapat mengurangi risiko penularan COVID-19, karena pekerja dapat mengatur jarak dan waktu kunjungan dengan lebih baik.

Langkah-Langkah Mendaftar Online

Lalu, bagaimana cara mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan? Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Download dan instal aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Anda dapat mencari aplikasi ini di Google Play Store atau App Store dengan kata kunci “BPJSTKU”.
  2. Buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dan pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”. Masukkan alamat email aktif Anda dan klik “KIRIM”. Anda akan menerima nomor PIN aktivasi melalui email. Masukkan nomor PIN tersebut di kolom yang disediakan dan klik “VERIFIKASI”.
  3. Setelah berhasil melakukan verifikasi, Anda dapat masuk ke aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan email dan PIN yang telah Anda daftarkan. Anda juga dapat mengubah PIN Anda dengan menu “GANTI PIN”.
  4. Pada halaman utama aplikasi, pilih menu “ANTREAN ONLINE”. Anda akan melihat daftar kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia untuk antrean online. Pilih kantor cabang yang ingin Anda kunjungi dengan mengetuk ikonnya.
  5. Setelah memilih kantor cabang, Anda akan melihat kalender yang menampilkan tanggal dan kuota antrean online. Pilih tanggal yang Anda inginkan dengan mengetuknya. Anda juga dapat melihat kuota antrean online untuk bulan selanjutnya dengan menggeser kalender ke kanan atau kiri.
  6. Setelah memilih tanggal, Anda akan melihat jam dan kuota antrean online untuk tanggal tersebut. Pilih jam yang Anda inginkan dengan mengetuknya. Anda juga dapat melihat kuota antrean online untuk jam selanjutnya dengan menggeser layar ke atas atau bawah.
  7. Setelah memilih jam, Anda akan melihat jumlah pemohon yang dapat Anda daftarkan untuk antrean online. Anda dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain dengan memilih opsi “SAYA” atau “ORANG LAIN”. Jika Anda memilih opsi “ORANG LAIN”, Anda harus memasukkan nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan nama lengkap orang tersebut. Anda dapat mendaftarkan maksimal lima pemohon dalam satu proses.
  8. Setelah memilih jumlah pemohon, Anda akan melihat ringkasan data antrean online Anda, seperti kantor cabang, tanggal, jam, dan jumlah pemohon. Periksa kembali data Anda dan pastikan semuanya benar. Jika ada yang salah, Anda dapat mengubahnya dengan mengetuk tombol “UBAH”. Jika sudah sesuai, klik tombol “DAFTAR”.
  9. Anda akan menerima bukti pendaftaran antrean online berupa kode QR dan nomor antrian melalui email. Simpan dan tunjukkan bukti pendaftaran tersebut pada petugas di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang Anda tuju. Anda juga dapat melihat bukti pendaftaran tersebut di menu “RIWAYAT ANTREAN” di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Penutup

Itulah cara mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan cepat. Dengan fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengurus keperluan BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan mengurangi kerumunan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya dan manfaatkan fitur mendaftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan sekarang juga! (DW)