BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Mengenal Cryptocurrency yang Sudah Diakui di Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini Cryptocurrency atau yang lebih dikenal dengan mata uang kripto atau digital memang sedang menjadi salah satu bahan perbincangan yang tidak ada habisnya. Pasalnya mata uang ini memang sangat unik, karena tidak memiliki wujud fisiknya.

Akan tetapi, meskipun hanya dalam bentuk digital dan beberapa negara di dunia termasuk juga di Indonesia saat ini sudah mengakuinya. Sehingga transaksi mata uang ini khususnya Bitcoin menunjukkan adanya peminat yang makin meningkat di tanah air. 

Hanya saja ada beberapa trader yang pemula masih bingung bagaimana cara melakukan Crypto Investment yang tepat sehingga bisa memilih trading cryptocurrency Indonesia yang tepat efektif, efisien di beberapa broker online. 

Membuat Akun untuk Melakukan Trading Crypto

Faktanya tidak semua perusahaan broker lokal dan Internasional sebenarnya menyediakan fasilitas trading mata uang kripto ini. Namun anda tak perlu cemas, karena ada banyak perusahaan broker juga yang sebenarnya menawarkan instrumen finansial dengan mata uang yang sudah memiliki reputasi internasional sehingga teregulasi secara penuh oleh beberapa negara di dunia. 

Lalu Sebenarnya Apa Itu Trading Crypto

Sebenarnya, trading crypto sendiri tidak mengharuskan anda untuk memiliki pengetahuan khusus atau mewajibkan anda untuk memiliki latar belakang pendidikan investasi atau keinginan. Hal ini karena trading jenis instrumen yang cukup unik ini dilakukan seperti halnya saat anda melakukan trading jenis instrumen lainnya. Harga yang didapatkan juga berfluktuasi dari waktu ke waktu dan biasanya memang dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal.

Beberapa diantara anda mungkin mengetahui jika mata uang digital bisa diperdagangkan tiap waktu, dimana anda bisa melakukan trading uang kapanpun selama seminggu, bahkan termasuk saat liburan. Namun akan berbeda dengan saham dan komoditas lainnya, pada trading crypto investing ini tidak dilakukan sebuah pasar yang teregulasi. 

Sehingga walaupun bisa diperdagangkan tiap waktu, ada beberapa periode yang sangat ramai namun ada juga yang sangat sepi. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi dari tiga negara besar dalam trading crypto diantara adalah Amerika Serikat, Rusia dan Inggris. Hal inilah yang membuat pasar asia menjadi lebih dinamis. 

Namun keunikan dari exchange mata uang ini adalah adanya perbedaan harga yang terjadi dari masing – masing pasarnya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tinggal likuiditas dari satu pasar ke pasar lainnya dan seringkali juga disebabkan karena perbedaan lokasi geografis dimana lokasinya berada. 

Bagaimana Cara untuk Melakukan Trading Crypto?

Sebenarnya ada dua cara popular yang bisa dilakukan untuk melakukan trading Crypto Management. Yang pertama adalah dengan membeli mata uang di sejumlah pasar yang tersedia, dimana anda sendiri yang akan memiliki mata uang digital dan menunggu waktu tertentu harga akan naik sehingga anda bisa menjual mata uang ini. Dengan cara ini anda akan mendapatkan keuntungan dari Buy and Sell. 

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan CFD  untuk salah satu mata uang. Mata uang ini adalah salah satu produk derivatif dimana ada broker yang setuju membayarkannya kepada trader atas perbedaan atau selisih nilai dari sebuah sekuritas pokok dari dua tanggal.

Dari sini anda memiliki kebebasan untuk menahan posisi pembelian jika mata uang akan naik atau mengambil posisi jual jika posisi harga diperkirakan akan turun. Dan sebagai salah satu contohnya misalkan pada saat Trading Bitcoin CFD maka anda bisa melakukan proses Staking BTC.

Perbedaan Mata Uang Kripto

Dengan cara ini maka akan terlihat ada perbedaan yang sangat mendasar antara membeli mata uang dengan trading CFD mata uang. Pada saat anda memutuskan staking online dengan membeli mata uang kripto maka anda akan menyimpannya pada dompet.

Namun jika anda akan melakukan proses CFD maka posisinya akan tertahan pada akun trading anda dalam sebuah broker. Yang tentunya teregulasi dalam sebuah otoritas keuangan resmi. Dengan cara ini akan lebih fleksibel bagi anda untuk melakukan trading CFD. Dimana anda hanya membeli atau menjual kontrak mata uang derivative.

Selain itu, CFD juga merupakan salah satu produk dari cypto funds yang memang sangat stabil teregulasi jika dibandingkan dengan mata uang kripto di pasar atau exchange. (ADV)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards