Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

"Mengenal Lebih Dekat" Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat

Jika kita melintasi kawasan Jl. Ahmad Yani Pontianak beberapa hari belakangan ini, kita pasti akan melihat sebuah banner besar terpasang di pojok halaman Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Sebuah banner besar tersebut memiliki latar belakang bendera merah putih dengan kumpulan foto-foto para Anggota DPRD Provinsi Kalbar dimana dibagian atasnya terdapat sebuah tulisan: Mengenal Lebih Dekat Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Periode 2009-2014.

Banner Para Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat

Memang selama ini di pojok halaman gedung wakil rakyat tersebut sering dipasang banner terkait ucapan selamat hari besar keagamaan maupun nasional, dan selama ini juga saya menganggap hal tersebut adalah umum dan wajar saja. Akan tetapi, untuk pemasangan banner diatas sepertinya ada sebuah “tanda tanya” dalam diri saya yang menyebabkan tangan ini tergelitik untuk membuat sebuah tulisan sebagai bentuk rasa penasaran atas maksud apa banner tersebut dipasang.

Pertanyaan Pertama : Kenapa Harus Menggunakan Banner untuk Sosialisasi Profil???

Terus terang, demi melihat banner ini saya sampai harus memutari Jl. Ahmad Yani dua kali. Mungkin diantara 100 orang yang melewati banner tersebut, hanya saya yang rela untuk berputar dan singgah sejenak untuk memperhatikannya. Secara pribadi, rasa keingintahuan yang besar mengenai siapa-siapa saja wakil rakyat kita di tingkat provinsi memang agak sedikit “memaksa” saya untuk berhenti dan memelototi satu per satu foto-foto yang terpampang diatas sana.

Saya kira dengan perkembangan media teknologi dan informasi saat ini, para wakil rakyat dapat memanfaatkan media-media online yang ada seperti blog atau social media sebagai sarana bersosialisasi. Sepertinya cara tersebut lebih efektif daripada harus menggunakan media banner yang jelas-jelas belum tentu para pengguna jalan membacanya. Kalau seperti itu, tujuan banner tersebut dipasang untuk apa?. Belum lagi kawasan Jl. Ahmad Yani adalah jalur protokol, memangnya bisa hanya sekali melintas para pengguna jalan membaca nama-nama Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat yang terpampang.

Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat

Pertanyaan Kedua : Website DPRD Provinsi Kalbar Dibuat Hanya untuk Formalitas???

Karena merasa kurang puas dengan hanya melihat banner para anggota DPRD Kalbar tersebut, maka saya mencoba untuk mencari informasinya di dunia maya. Alhamdulillah saya dapat satu link yang mengarahkan saya ke halaman profil para anggota DPRD Kalimantan barat yaitu . Nah, di halaman ini baru saya bisa mengetahui secara detail siapa-siapa saja yang duduk di kursi panas dewan ini.

Screenshot Preview Website DPRD Provinsi Kalbar

Setelah melihat halaman profil anggota, saya berusaha untuk mencari informasi lain terkait aktivitas para wakil rakyat selama ini. Namun sungguh disayangkan karena ternyata terakhir kali website tersebut diupdate pada tanggal 08 Agustus 2012. Itupun informasi yang disajikan hanya bersifat pemberitaan umum, tidak ada satupun informasi yang menunjukkan aktifitas para wakil rakyat kita selama ini seperti apa. Padahal sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 bahwa  setiap badan publik WAJIB untuk memberikan akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu. Jadi kalau begitu, website ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya dong???.

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Kalimantan Barat, mereka tidak terlalu peduli dengan apa yang dilakukan para wakilnya didalam gedung sana. Bagi mereka yang penting Kalbar Damai, Usaha Lancar, Duit Masuk, END… Sedangkan bagi sebagian kecil lainnya, adanya informasi publik terkait aktifitas para wakil rakyat sangat dibutuhkan karena dari situ kita dapat tahu mereka amanah atau tidak. Dan satu lagi, untuk bahasa judul banner diatas sepertinya harus direvisi dari MENGENAL LEBIH DEKAT menjadi MELIHAT DARI SANGAT DEKAT. (DW)

Sumber Gambar:

  • http://dprd-kalbarprov.go.id/
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.