BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Mengenal Sosok Ridwan Kamil, Calon Kuat Presiden Indonesia Tahun 2024

Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. atau lebih akrab disapa sebagai Kang Emil, merupakan seorang arsitek dan politikus Indonesia kelahiran 4 Oktober 197 di Bandung, Jawa Barat.

Mengenal Sosok Ridwan Kamil

Melihat sepak terjangnya selama menjadi Wali Kota Bandung membuat dirinya dipercaya untuk memegang amanah menjadi Gubernur Jawa Barat pada tanggal 5 September 2018.

Sebelum terjun menjadi pejabat, sosok pria kreatif yang lahir dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih ini beraktivitas sebagai seorang arsitek sekaligus Dosen Tidak Tetap di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada tahun 2013, Kang Emil yang memiliki latar belakang kalangan profesional ini dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai Wali Kota Bandung didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon Wakil Wali Kota Bandung.

Dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung pada 28 Juni 2013, pasangan ini unggul telak dari tujuh pasangan lainnya dengan meraih 45,24% suara sehingga pasangan Ridwan dan Oded menjadi pemenang dalam Pemilihan Umum Wali Kota Bandung 2013.

Lima tahun kemudian, Ridwan Kamil kembali diusung untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum oleh PPP, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Baca Juga:   Pelajari Bagaimana Mahasiswa Ini Mendapatkan Penghasilan 20 Juta dari Internet

Latar Belakang Pendidikan

  • SDN Banjarsari III Bandung 1978-1984
  • SMP Negeri 2 Bandung 1984-1987
  • SMA Negeri 3 Bandung 1987-1990
  • Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung 1990-1995
  • Master of Urban Design University of California, Berkeley 1999-2001
  • Doktor Honoris Causa Dong-a University 2019

Setelah lulus S-2 dari University of California, Berkeley, Ridwan Kamil melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Sebelumnya Ridwan Kamil memulai karier di Amerika sesaat setelah lulus S-1, akan tetapi hanya berkisar empat bulan ia pun berhenti kerja karena terkena dampak krisis moneter yang melanda Indonesia pada saat itu.

Melihat kondisi masih belum pasti, maka Ridwan Kamil lebih memilih untuk tetap bertahan di Amerika sebelum akhirnya mendapat beasiswa di University of California, Berkeley.

Banner 1

Indonesia WP Theme

Sembari menyelesaikan studi S-2 nya, Ridwan Kamil mengisi waktunya dengan bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. Begitu masa kuliahnya selesai, di tahun 2002 Ridwan Kamil pulang kembali ke tanah kelahirannya Indonesia.

Mendirikan Urbane Indonesia

Urbane merupakan nama perusahaan yang didirikannya pada bulan Juni 2004. Bersama teman-temanya seperti Achmad D. Tardiyana, Reza Nurtjahja dan Irvan W. Darwis Urbane, Kang Emil mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain ini.

Untuk saat ini, selain menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Kang Emil juga berprofesi sebagai Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Baca Juga:   Barry Likumahuwa, Sosok Musisi Jazz Berbakat Indonesia Asal Maluku
Hasil Desain Rancangan Urbane Indonesia
Image: https://www.linkedin.com/company/pt-urbane-indonesia/

Sejak berdiri hingga sekarang, Urbane telah mengerjakan beberapa proyek-proyek di luar Indonesia seperti Syria Al-Noor Ecopolis di negara Syria dan Suzhou Financial District di China.

Tim Urbane sendiri terdiri dari para profesional muda yang kreatif dan berpikir idealis untuk mencari dan menciptakan solusi mengenai masalah desain lingkungan dan perkotaan.

Urbane juga memiliki projek berbasis komunitas dalam Urbane Projek Komunitas di mana visi dan misinya adalah membantu orang-orang dalam sebuah komunitas perkotaan untuk memberikan donasi dan keahlian-keahlian dalam meningkatkan daerah sekitarnya.

Mendapatkan Penghargaan Internasional

Melihat reputasinya yang sangat baik di dalam maupun luar negeri, Urbane telah banyak dianugerahi penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Awards tiga tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010 dan juga BCI Green Award pada tahun 2009 atas proyek desain Rumah Botol (dari botol bekas).

Urbane juga sering mengikuti kompetisi di bidang desain arsitektur tingkat nasional, antara lain:

  • Juara 1 Kompetisi Desain Museum Tsunami di Nangro Aceh Darrussalam Tahun 2007;
  • Juara 1 Kompetisi Desain Kampus 1 Universitas Tarumanegara Tahun 2007;
  • Juara 1 Kompetisi Desain Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesia Tahun 2009;
  • Juara 1 Kompetisi Desain Sanggar Nagari di Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat;
  • Juara 1 Kompetisi Desain Pusat Seni dan Sekolah Seni di Universitas Indonesia Tahun 2009.

Nah, menurut kawan-kawan apakah Ridwan Kamil layak untuk maju sebagai Calon Kuat Presiden Indonesia Tahun 2024? Silahkan berkomentar yang santun dan sopan dibawah ini ya.

Baca Juga:   Johnny Winter, Satu Diantara 100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa

Untuk profil lengkao Ridwan Kamil bisa dibaca melalui Wikipedia Indonesia. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More