Mengenali Manfaat Treadmill Untuk Kesehatan

Salah satu mesin gym yang paling banyak baik oleh pria dan wanita yang ingin menurunkan berat badan adalah treadmill. Treadmill terdiri dari 2 yaitu manual dan elektrik. Treadmill manual dijalankan dengan tenaga anda sendiri, sedangkan treadmill elektrik menggunakan mesin motor.

Harga treadmill tergolong cukup tinggi, namun hal ini sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Manfaat alah olahraga seperti treadmill atau mesin lari ini akan dapat terasa apabila Anda telah menggunakannya secara teratur.

Manfaat Treadmill

Olahraga dengan treadmill dapat Anda lakukan di rumah maupun studio gym. Namun di tengah pandemi seperti sekarang ini, sebaiknya Anda melakukannya di rumah saja. Sebelum Anda membeli treadmill, cek terlebih dahulu harganya di https://hargatreadmill.com/.

Berlari menggunakan treadmill dapat memberikan manfaat berikut ini.

Membakar Kalori

Manfaat pertama adalah membakar kalori. Kalori merupakan tenaga yang terdapat di dalam tubuh. Tenaga ini berasal dari makanan. Terkadang, makanan yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dibiarkan, kalori akan berubah menjadi lemak. Oleh sebab itu kalori yang berlebihan perlu dibakar.

Treadmill umumnya sudah dilengkapi dengan mode incline. Apabila mode ini diaktifkan, lintasan akan memiliki kemiringan tertentu. Hal ini dapat membantu Anda untuk membakar lebih banyak kalori ketika berlari di atas treadmill.

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat kedua yang dapat Anda rasakan setelah berolahraga secara rutin dengan treadmill adalah kecerdasan yang meningkat. Efek ini memang tidak dapat dirasakan secara langsung, para peneliti telah menemukan fakta bahwa berlari di pagi hari secara rutin mampu meningkatkan taraf kecerdasan otak.

Melatih Jantung

Jantung merupakan salah satu organ paling vital di dalam tubuh manusia. Apabila fungsinya sebagai pemompa darah terhenti, kehidupan manusia pun akan selesai. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah dengan berlari secara teratur baik menggunakan treadmill maupun tidak.

Seseorang yang tidak pernah berolahraga umumnya memiliki masalah jantung lemah. Untuk melatihnya, dokter menyarankan untuk berlari dengan treadmill. Pada menit-menit awal, atur treadmill di kecepatan rendah. Kemudian tingkatkan apabila Anda sudah merasa terbiasa. Pengaturan seperti ini akan sulit dilakukan apabila tidak menggunakan treadmill.

Monitor Kesehatan

Treadmill tidak hanya dapat digunakan untuk berlari saja. Berkat kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak treadmill yang dilengkapi dengan monitor kesehatan seperti penghitung detak jantung dan banyaknya kalori yang terbakar. Dengan mengetahui detak jantung, Anda akan memiliki gambaran apakah jantung dalam kondisi sehat atau mengalami gangguan.

Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan jenis penyakit yang menyerang otak. Beberapa gejala yang dirasakan oleh penderitanya yaitu mudah lupa dan menurunnya kemampuan untuk berpikir. Salah satu penyebabnya adalah kurang olahraga. Berlari menggunakan treadmill dapat melatih otot sekaligus saraf-saraf di dalam otak untuk tetap berfungsi dan beregenerasi sehingga Penyakit Alzheimer dapat dicegah.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih menjadi salah satu penyebab berbagai macam penyakit datang menghampiri tubuh. Contoh yang paling sering ditemui adalah kolesterol, darah tinggi, dan diabetes. Penyakit berbahaya seperti itu dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat serta menurunkan berat badan ke angka ideal.

Cara untuk menurunkan berat badan yang efektif adalah berlari dengan treadmill secara teratur. Seperti yang sudah disebutkan pada poin nomor 1, berlari dengan treadmill dapat digunakan untuk membakar kalori. Apabila diimbangi dengan diet yang sehat, kombinasi ini akan sangat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Kunci untuk dapat merasakan manfaat yang telah dijelaskan di atas adalah melakukan latihan secara teratur. Saat pertama memulai, jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa memulai dengan lari selama 10 hingga 15 menit dan kecepatan rendah. Kemudian tambah durasi dan kecepatannya di hari-hari berikutnya. Anda akan terbiasa dengan aktivitas ini. (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More