Ngajak Online 2023 Pontianak, JNE Ajak UMKM untuk Gollaborasi Bersama

Image: Dok. Pribadi

Pontianak menjadi kota ke-8 yang dikunjungi dalam event Ngajak Online 2023. Di tahun ini JNE mengusung tema Goll..Aborasi Creativolution dimana para pelaku UMKM Pontianak diundang untuk hadir secara offline di Ume’s Pavillon, Kamis 3 Agustus 2023.

Sudah menjadi rutinitas setiap pagi setelah mengantarkan istri tercinta ke kantor, Blogger Borneo selaly meluangkan waktu sejenak untuk menikmati secangkir kopi saring pahit tanpa gula.

Ngajak Online 2023 Pontianak

Lagi santai sambil online di sebuah warung kopi yang ada kawasan Rukan Perdana Pontianak, terlintaslah sebuah pesan bersponsor.

Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Creativolution, demikian tema besar yang terlihat jelas di iklan tersebut. Sebenarnya tidak terlalu merasa gimana dengan acaranya karena sudah lama juga tidak ikut kegiatan seperti itu, tapi ketika tahu lokasi penyelenggaraannya, Blogger Borneo pun langsung mendaftar.

Meskipun acara Ngajak Online 2023 Pontianak ini baru dimulai pada jam 13.30 WIB, namun Blogger Borneo sudah tiba di lokasi satu jam sebelumnya. Pikir mau menunggu sambil santai online buka laptop dan update artikel dulu di lokasi, ternyata begitu sampai di lokasi kondisinya tidak sesuai seperti apa yang dipikirkan.

Dihadiri Para UMKM Pontianak

Tampak kursi telah disusun rapi berbaris tanpa meja, membuat Blogger Borneo bingung mau beraktivitas seperti apa karena tanpa meja agak sulit untuk “bekerja”. Untung saja pada saat mendaftar ulang diberikan lunch voucher dan goody bag dari JNE. Tidak lupa mengabadikan momen bersama Sang Maskot. Cekrekkk…

Baca Juga:   Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau
Blogger Borneo Bersama Maskot JNE
Image: Dok. Pribadi

Sambil menanti para undangan hadir, Blogger Borneo menghabiskan waktu dengan menghabiskan konsumsi makan siang yang diperoleh setelah menukarkan voucher coupon yang diberikan sebelumnya. Melihat menunya adalah daging membuat tambah semangat melahapnya, mungkin karena owner Ume’s Pavillon punya bisnis sampingan Rendang Kamek. makanya dikasih lauk daging juga ya. 😀

Melihat dari kejauhan di sudut meja pendaftaran tampak para peserta mulai berdatangan satu per satu. Ketika diperhatikan, beberapa diantaranya sudah tidak cukup asing. Ada Kak Vivi Al Hinduan seorang penulis cerpen, ada pula Bang Puput dari HNI Kalbar, dan ternyata Bang Dedi Marjani salah seorang praktisi internet marketing Kalimantan Barat juga hadir di JNE Ngajak Online 2023 Pontianak ini.

Dihadiri Narasumber Berkompeten

Dari flyer yang disebarkan melalui media sosial, tampak para narasumber yang akan mengisi sesi JNE Ngajak Online 2023 Pontianak ini cukup berkompeten. Selain dari pihak penyelenggara sendiri yaitu Luthfi Safitri Zein selaku Head of Roket Indonesia, hadir juga Putra Tarigas yang merupakan content creator dan Siti Mashita yang merupakan pemilik dari brand 101 Coffee House.

Suasana JNE Ngajak Online 2023 Pontianak

Masing-masing narasumber memberikan sharing mengenai pengalaman mereka beraktivitas selama ini sesuai latar belakangnya. Dari pihak Roket Indonesia sendiri, Luthfi Safitri Zein memperkenalkan sekaligus menjelaskan mengenai layanan bisnis yang dijalankan adalah jasa ekspedisi pengiriman barang dalam dan luar negeri.

Sedangkan Putra Tarigas memberikan pemaparan bagaimana selama ini dirinya beraktivitas sebagai seorang content creator, menurutnya mencari ide konten yang unik dan menarik menjadi kunci. Oleh karena itu setiap harinya sosok yang memiliki akun instagram @putra_tarigas ini selalu mencari inspirasi dari beberapa referensi.

Baca Juga:   Liputan Kegiatan Sosialisasi Pemilukada Kalimantan Barat Tahun 2012

Kunci Sukses UMKM

Nah, karena para peserta yang hadir sebagian besar adalah pelaku UMKM Pontianak tentu saja sharing pengalaman dari Siti Mashita pemilik brand 101 Coffee House sangat dinanti. Blogger Borneo sendiri mengenal salah satu brand local Pontianak ini sudah sejak lama, sewaktu masih menyewa ruko di kawasan Jalan Pancasila.

Produk 101 Coffee di JNE Express Ngajakin Online 2023
Image: Dok. Pribadi

Alhamdulillah setelah merasa kuat untuk mandiri, maka Kak Shita demikian dirinya akrab dipanggil memutuskan untuk pindah dan mendirikan sendiri coffee shop di kawasan Jalan Ujung Pandang tepat bersebelahan dengan Pondok Pesantren Darunnaim Putri. Di lokasi baru inilah dirinya bersama Sang Suami terus mengembangkan usahanya.

Ada satu statement yang menurut Blogger Borneo cukup menarik disampaikan oleh Kak Sitha. Menurutnya selama ini Beliau tidak pernah hitung-hitungan ketika melakukan eksperimen karena peningkatan kualitas produk tetap menjadi prioritas. Meskipun terkadang harus merogoh kocek agak dalam, hal tersebut tetap dilakukannya.

Satu hal lagi disampaikan Kak Sitha bahwa sebesar apapun usaha yang sedang dijalankan, harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) karena standar produk sangat penting untuk dijaga. Pastikan di setiap proses produksi, hasil output produknya memiliki citarasa dan kualitas sama. Jangan pernah melakukan perubahan komposisi bahan baku karena akan fatal akibatnya.

Lokasi Tepat Hangout Keluarga

Tidak terasa adzan berkumandang, Alhamdulillah posisi masjid tepat berdampingan dengan Ume’s Pavillon sehingga tidak perlu ribet jika ingin menunaikan sholat Ashar. Ini menjadi salah satu kelebihan ketika kawan-kawan ingin hangout bersama keluarga. Tidak perlu kuatir ketika waktu sholat tiba, tinggal ke sebelah.

Baca Juga:   Tukang Permak Jeans Pontianak, Melihat dari Dekat Sosok Mas Joko Susilo

Selain berada bersebelahan dengan masjid, Ume’s Pavillon juga memiliki fasilitas kolam renang berukuran kecil yang bisa dipakai anak-anak berenang. Area halaman belakangnya juga cukup luas sehingga terasa nyaman dan lapang. Harga menu makanan maupun minumannya juga standar sesuai fasilitas layanan yang ditawarkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Ume’s Pavillon merupakan usaha milik salah seorang sahabat Blogger Borneo yang juta memiliki usaha sampingan produk berbahan baku daging yaitu Rendang Kamek. Sampai saat ini, kami masih sering bertemu untuk saling sharing dan diskusi mengenai perkembangan usaha rendangnya yang saat ini masih dalam proses register BPOM RI.

Sesi Penutupan dan Doorprize

Alhamdulillah waktu hampir menunjukkan jam 4 sore, sesi sharing dan diskusi dengan para narasumber JNE Ngajak Online 2023 Pontianak sudah selesai dilaksanakan. Sekarang tinggal sesi penyerahan doorprize dalam bentuk voucher free ongkir senilai 1 juta rupiah kepada 5 orang peserta beruntung.

Selain doorprize tersebut, JNE juga memberikan free ongkir senilai 100 ribu bagi para peserta yang hadir dan terdaftar di sistem. Caranya cukup mengisi data melalui link form yang dikirim ke grup whatsapp JNE Ngajak Online 2023 Pontianak. Selain itu para peserta juga dapat melakukan transaksi pembelian dengan harga khusus pada saat acara berlangsung.

Pemberian Doorprize oleh JNE Pontianak

Demikian tulisan mengenai liputan acara JNE Ngajak Online 2023 Pontianak yang turut didukung oleh Pesona Nusantara dan Roket Indonesia. Semoga apa yang dibagikan oleh para narasumber pada kesempatan ini dapat memberi manfaat bagi para peserta yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM Pontianak. Amin… (DW)

Don`t copy text!