Indonesia Website Awards

5 Obyek Wisata Pantai Balikpapan yang Nyaman Dikunjungi Bersama Keluarga

Image: Wikipedia Indonesia

BloggerBorneo.Com – Balikpapan, atau dikenal sebagai Kota Minyak merupakan kota kedua dengan jumlah penduduk terbesar di Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan dari segi bisnis dan industri, kota yang telah berdiri sejak tahun 1897 memiliki perekonomian terbesar di Kalimantan.

Dilihat berdasarkan kondisi geografis, Balikpapan berada di pesisir timur yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar. Oleh karena itu, disini memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

Obyek Wisata Pantai Balikpapan

Blogger Borneo sendiri pernah berkunjung ke kota ini pada saat melakukan perjalanan transit semalam menuju Banjarmasin sebelum kondisi pandemi. Pada saat itu, untuk menuju Banjarmasin rute penerbangan yang harus ditempuh adalah dari Pontianak – Pangkalan Bun – Balikpapan – Banjarmasin.

Sejak pandemi, beberapa rute antar ibukota provinsi di Kalimantan dinonaktifkan dikarenakan jumlah penumpangnya masih belum memenuhi target minimal. Jadi semua penerbangan untuk saat ini dipusatkan transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Ketika berkunjung ke sebuah kota, tentu saja informasi pertama yang akan dicari adalah mengenai obyek wisata apa saja yang ada di kota tersebut. Sama halnya ketika Blogger Borneo berkunjung ke Balikpapan beberapa tahun lalu, tapi sayang perjalanan tersebut sifatnya hanya transit semalam.

RajaBackLink.com

Karena berada di kawasan pesisir, Kota Balikpapan memiliki beberapa obyek wisata pantai yang dapat dikunjungi ketika kita sedang berkunjung kesini. Dari blognya salah seorang travel blogger Balikpapan, dapat dibaca informasi mengenai 5 obyek wisata pantai yang ada, antara lain:

Baca Juga:   Wisata Pulau Derawan, Pengalaman Pertama Berkunjung ke Pulau Sang Perawan

1. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Balikpapan
Image: AisyahDian.Com

Pantai Lamaru diurutkan paling atas untuk dikunjungi karena dianggap obyek wisata pantai paling indah dan romantis di Kota Balikpapan. Banyak spot cantik dan menarik yang bisa dijadikan lokasi foto bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Harga tiket masuk ke salah satu obyek wisata pantai Balikpapan ini adalah Rp 25 ribu di hari kerja dan Rp 30 ribu di akhir pekan. Pantai Lamaru dapat juga dijadikan sebagai lokasi untuk family gathering atau acara outbound perusahaan.

2. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Balikpapan
Image: CNBTV.Co.Id

Berada di kawasan Jalan Pantai Manggar Balikpapan Timur, salah satu obyek wisata pantai Balikpapan ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi ketika akhir pekan. Sejak mengalami pembenahan secara besar-besaran, Pantai Manggar menawarkan banyak keindahan untuk dinikmati.

Beberapa kursi cantik yang terbuat dari rotan dapat dijadikan sebagai spot cantik instagramable, tentu saja ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang gemar berselfie dan narsis di media sosial. Harga tiket masuk Pantai Manggar adalah Rp 10 ribu per orang (belum termasuk parkir).

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala Balikpapan
Image: Wikimedia.Org

Pantai Kemala dikenal juga sebagai Pantai Polda, hal ini dikarenakan lokasinya berdekatan dengan Kantor Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (POLDA KALTIM). Karena terletak di tengah kota, maka salah satu obyek wisata pantai Balikpapan ini sering dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya.

Baca Juga:   Cari Apartemen yang Dekat dengan Tempat Kerja Anda

Oleh Mbak Aisyah Dian yang untuk saat ini berprofesi sebagai penulis Balikpapan ini, Pantai Kemala direkomendasikan bagi para tamu yang datang karena lokasinya strategis dan mudah diakses dari mana saja. Harga tiket masuknya cukup murah, tidak sampai Rp 10 ribu.

4. Pantai Melawai

Pantai Melawai Balikpapan
Image: Celebes.Co

Obyek wisata pantai Balikpapan yang sungguh sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Melawai. Bagi masyarakat sekitar pantai ini dianggap sebagai ikon wisata yang WAJIB untuk dikunjungi. Menikmati suasana makan malam sambil lesehan diiringi suara deburan ombak laut menjadi keunikan pantai ini.

Di sepanjang kawasan pantai banyak terdapat para pedagang kuliner yang menawarkan berbagai jenis makanan untuk dinikmati. Berdekatan dengan Pantai Melawai terdapat Lapangan Merdeka yang dapat sekalian dikunjungi pada saat bersamaan.

5. Pantai Seraya

Pantai Seraya Balikpapan
Image: AisyahDian.Com

Obyek wisata pantai Balikpapan yang dapat dikunjungi adalah Pantai Seraya. Pantai Seraya biasa disebut juga dengan Pantai Sepinggan Raya. Menurut Mbak Aisyah Dian, meskipun dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke pantai ini tidak pernah merasa bosan.

Untuk dapat masuk ke Pantai Seraya para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk karena masih sifatnya GRATIS. Meskipun begitu, beberapa fasilitas pendukung seperti kamar kecil sudah tersedia dengan kondisi selalu terjaga kebersihannya.

Kesimpulan

Berada di kawasan pesisir membuat Kota Balikpapan memiliki banyak obyek wisata pantai yang dapat dikunjungi. Statusnya sebagai Kota Minyak membuat Balikpapan banyak dikunjungi oleh tamu dari dalam maupun luar negeri.

Di Kalimantan Timur, Balikpapan dikenal sebagai pusat bisnis dan industri. Oleh karena itu meskipun ibukota provinsi adalah Samarinda, namun dari sisi perekonomian Kota Balikpapan masuk dalam urutan teratas. Untuk dapat berkunjung ke Balikpapan, dapat melalui jalur darat, laut, dan udara. (DW)

Don`t copy text!