Foto Bareng Pemateri dan Para Peserta Pelatihan Blog Fakultas Pertanian UNTAN 2015
Image: Dok. Pribadi

Pelatihan Blog dalam Rangka Milad FKMI Ulul Albab 23 FAPERTA UNTAN

Diposting pada

Setelah beberapa lama sempat vakum menyelenggarakan pelatihan-pelatihan blog di Pontianak, Alhamdulillah tepat pada hari Sabtu, (21/03/2015) Blogger Borneo sudah bisa kembali aktif untuk membagikan ilmu dan pengalamannya dalam kegiatan Pelatihan Blog dan Website yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FKMI) Ulul Albab Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak (FAPERTA UNTAN). Kegiatan pelatihan blog ini menjadi salah satu bagian rangkaian acara Milad FKMI Ulul Albab ke 23.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Pelatihan Blog dan Website ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu: Sesi Pengenalan Mengenai Blog (Jam 13.30-14.45 WIB) dan Sesi Praktik Membuat dan Mengelola Blog (Jam 15.30-17.00 WIB). Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Nauval Muhammad, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar para mahasiswa dapat mengetahui, mengenal, dan mengaplikasikan media blog sebagai media edukatif, publikatif, dan bisnis.

Tampak hadir sekitar 20-an orang peserta di Ruang Seminar I FAPERTA UNTAN Pontianak, lokasi dimana kegiatan Pelatihan Blog dan Website ini diselenggarakan. Ternyata dari sekian banyak peserta, beberapa diantaranya sudah ada yang memiliki blog pribadi. Hanya saja pada umumnya mereka merasa bingung untuk melanjutkan kisah perjalanan ngeblognya hingga pada akhirnya blog tersebut menjadi jablay dan tidak terkelola dengan baik.

Memang menurut pengalaman pribadi Blogger Borneo, hal ini tidak hanya dialami oleh para Blogger Pontianak saja. Ya bisa dibilang masalah ini selalu menjadi momok bagi seluruh blogger di Indonesia bahkan dunia. Tetap perlu dilakukan proses brainstorming secara berkelanjutan agar semangat para blogger ini akan selalu terjaga.

Blogger Borneo Sedang Memberikan Pelatihan Blog di FAPERTA UNTAN 2015
Image: Dok. Pribadi

Di kesempatan berharga ini, Blogger Borneo membawa dua nama organisasi sosial sebagai pihak pendukung terlaksananya kegiatan yaitu Blogger Borneo Network dan Relawan TIK Indonesia. Boleh dibilang dalam beberapa tahun terakhir, kedua organisasi sosial ini selalu intens dan update dalam menyelenggarakan atau menjadi pemateri dalam kegiatan-kegiatan pelatihan terkait blog dan internet sehat.

Baca Juga:  Pontianak Beautiful Borneo City

Mungkin tidak terlalu berbeda dengan materi-materi sebelumnya yang sudah pernah diberikan pada pelaksanaan kegiatan sejenis lainnya. Pada kali ini Blogger Borneo memberikan materi seputar pengalaman-pengalaman selama menjadi blogger sejak tahun 2008.

Hanya satu kalimat yang dari dulu hingga sekarang tidak pernah bosan-bosan diucapkan dan selalu berulang-ulang dikatakan adalah proses membuat blog itu mudah, yang sulit adalah proses mengelola dan mempertahankannya. Sebenarnya ini merupakan kunci awal kesuksesan seorang blogger, selalu bersedia untuk meluangkan waktunya demi bisa selalu “membelai” blognya dengan sentuhan penuh kasih sayang.

Di sesi berikutnya, Blogger Borneo memberikan materi mengenai cara membuat blog gratisan menggunakan wordpress.com. Sengaja setiap menjadi pemateri di kegiatan pelatihan blog dimana saja, Blogger Borneo selalu mengarahkan para peserta untuk menggunakan wordpress sebagai platform ngeblog mereka. Hal ini dikarenakan di setiap kesempatan Blogger Borneo selalu berharap agar para peserta ini pada akhirnya memiliki blog profesional dan menghasilkan dengan domain self hosting.

Semoga kedepannya kegiatan-kegiatan pelatihan blog seperti ini bisa diselenggarakan oleh pihak-pihak lain di Pontianak, Kalimantan Barat. Dan semoga saja blogger-blogger idealisme, handal, dan militan di Bumi Khatulistiwa akan terus lahir, tumbuh, dan berkembang. Aminnnn… (DW)

Gambar Gravatar
Menerima Jasa Review Produk, Liputan Kegiatan, Berita Gadget dan Teknologi Terbaru, dan Perkembangan Startup Lokal. Info Kerjasama: 0811-56-1982 (Telp/WA)

0 thoughts on “Pelatihan Blog dalam Rangka Milad FKMI Ulul Albab 23 FAPERTA UNTAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *