Indonesia Website Awards

Pelatihan Fardhu Kifayah Terbesar di Kalimantan Barat Tahun 2023

Image: Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa

Fardhu Kifayah merupakan salah satu konsep penting dalam Islam yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial umat Muslim. Istilah ini merujuk pada kewajiban kolektif yang harus dipenuhi oleh sekelompok orang dalam komunitas Muslim.

Pelatihan Fardhu Kifayah menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh para umat Muslim karena dalam bahasa Arab, Fardhu Kifayah berarti “kewajiban yang harus dipenuhi oleh sebagian orang dalam masyarakat Muslim.”

Hal ini berarti jika sebagian orang telah menunaikan kewajiban ini, maka kewajiban ini dianggap telah terpenuhi bagi seluruh masyarakat Muslim. Namun, jika tidak ada yang menunaikannya, maka seluruh masyarakat berdosa.

Konsep ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial tidak hanya berlaku pada tingkat individu, tetapi juga mengandung aspek kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Contoh Konkret Fardhu Kifayah dalam Islam

Ada banyak contoh konkret dari Fardhu Kifayah dalam Islam. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pemakaman Jenazah

Salah satu contoh paling terkenal dari Fardhu Kifayah adalah pemakaman jenazah. Jika seseorang meninggal dalam komunitas Muslim, maka menjadi tanggung jawab umat Muslim di sekitarnya untuk memastikan jenazah tersebut dimakamkan dengan layak dan sesuai syariat Islam. Jika tidak ada yang melaksanakan tugas ini, maka seluruh komunitas berdosa.

2. Pendidikan Agama

Menyebarkan dan memahami ajaran agama Islam adalah Fardhu Kifayah. Memastikan ketersediaan fasilitas pendidikan agama yang memadai untuk semua umat Muslim adalah tanggung jawab bersama. Jika hanya sebagian kecil umat Islam yang mendapat pendidikan agama, sementara yang lainnya tidak, maka seluruh masyarakat berdosa.

Baca Juga:   Jadwal dan Tempat Penukaran Uang Baru Lebaran Pontianak 2019

3. Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat juga menjadi bagian dari Fardhu Kifayah. Menjaga dan menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai untuk masyarakat Muslim adalah kewajiban bersama. Jika sebagian orang dalam masyarakat tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan yang layak, maka seluruh komunitas bertanggung jawab atas kekurangan tersebut.

Implikasi Fardhu Kifayah dalam Kehidupan Sehari-hari

Pemahaman tentang Fardhu Kifayah memiliki implikasi yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim. Konsep ini mengajarkan tentang pentingnya saling tolong-menolong dalam masyarakat, serta memupuk sikap peduli dan empati terhadap sesama. Ketika setiap individu merasa bertanggung jawab atas kesejahteraan komunitas, maka akan tercipta masyarakat yang lebih solidaritas dan harmonis.

Mengenali Potensi Diri dalam Melaksanakan Fardhu Kifayah

Setiap individu dalam masyarakat memiliki potensi dan keterampilan yang berbeda untuk melaksanakan Fardhu Kifayah. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk mengenali potensi diri dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam melaksanakan kewajiban sosial ini. Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan dalam menyumbangkan waktu dan tenaga untuk pekerjaan amal, sementara yang lain dapat memberikan sumbangan finansial untuk mendukung proyek-proyek sosial.

Pelatihan Fardhu Kifayah Kalimantan Barat

Mengingat akan pentingnya kedudukan Fardhu Kifayah dalam kehidupan sosial bermasyarakat diantara kaum Muslim, maka Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama Pelatihan Fardhu Kifayah Terbesar di Kalimantan Barat.

Baca Juga:   West Kalimantan, the Largest Region on the Island of Borneo

Blogger Borneo mendapatkan informasi mengenai kegiatan ini dari Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim, S.Pd.I., M.Pd. yang merupakan Pembina Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa Kalimantan Barat. Beliau pernah memberikan materi mengenai Khutbah Sholat Idul Adha Tahun 1444 H.

Pelatihan Fardhu Kifayah Terbesar di Kalimantan Barat
Image: Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa

Alhamdulillah di kesempatan ini, Beliau bersama yayasan yang didirikannya berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah ini. Insya Allah kegiatannya sendiri akan dilaksanakan pada hari Ahad, 8 Agustus 2023 dari jam 07.00-15.00 WIB bertempat di Masjid Dzakirin Jalan Pangeran Natakusuma Pontianak.

Narasumber Pelatihan Fardhu Kifayah

🕋 Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim., S.Pd.I., M.Pd (Pembina Yayasan Dakwah Centre Indonesia Nurul Musthofa)

📚 Materi : “Umur, Kematian Dan Urgensi Pengurusan Jenazah”

🕋 Ustadz Zein Muchsin HAZ., Lc (Da’i Dan Penutur Sejarah Nasional)

📚 Materi 2 “Ziarah, Ta’ziyah Dan Keutamaan Mengurus Jenazah”

🕋 Habib Syafi’i Syahab (Pengasuh Majlis Ta’lim Al Khair Wal Barakah)

📚 Materi : “Memandikan Dan Mengkafani Jenazah”

🕋 Ustadz Awab Ahmad At-Tamimi (Pengasuh Majelis Taklim Dzikir Dan Ilmu Al-Jawahir)

📚 Materi : “Mensholatkan dan Menguburkan Jenazah”

Bagi yang ingin ikut serta dalam Pelatihan Fardhu Kifayah Terbesar di Kalimantan Barat ini dapat membaca info lengkap tata cara pendaftaran tertera di leaflet kegiatan diatas. Semoga dapat menjadi berkah dan manfaaf bagi kita semua. Amin Ya Allah…

Kesimpulan

Fardhu Kifayah adalah konsep penting dalam Islam yang mengajarkan tentang tanggung jawab sosial umat Muslim. Konsep ini menekankan pentingnya berpartisipasi dalam kewajiban sosial dan menyadari bahwa tanggung jawab tersebut adalah tanggung jawab bersama.

Baca Juga:   PontiMarket Gandeng OVO Gelar Talkpreneur Dompet Digital untuk Bisnismu

Dengan memahami dan melaksanakan Fardhu Kifayah, masyarakat Muslim dapat menciptakan lingkungan yang saling mendukung dan harmonis.

Jadi, mari kita berlomba dalam melaksanakan Fardhu Kifayah dan berkontribusi pada kesejahteraan umat Muslim secara keseluruhan. (DW)

Don`t copy text!