Beranda Opini Perbanyak Konten Positif, Ciptakan Generasi Aktif Indonesia

Perbanyak Konten Positif, Ciptakan Generasi Aktif Indonesia

BERBAGI

Dalam tiga tahun terakhir, penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari MarkPlus Insight diketahui bahwa pada bulan Oktober 2011, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 55 juta orang. Jika dilihat secara kuantitas, angka ini dapat dianggap sebagai sebuah peningkatan. Namun, jika dilihat secara kualitas angka tersebut masih belum dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa internet dapat dianggap sebilah mata pisau dimana fungsi dan pemanfaatannya sangat tergantung kepada para penggunanya. Sangat luasnya informasi yang terdapat didalamnya baik itu bersifat negatif maupun positif membuat para pengguna harus bisa memfilter content-content yang diaksesnya. Nah, yang menjadi masalahnya sekarang apakah para pengguna internet di Indonesia sudah bisa membentengi dirinya dari content-content yang bersifat negatif?. Menurut data yang saya peroleh dari Google Search Insights bahwa untuk pencarian kata kunci porn video ternyata Indonesia berada di urutan rangking teratas. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat grafik hasil pencarian dibawah ini:

Sekarang apa yang harus dilakukan untuk dapat menekan fenomena tersebut?. Sebenarnya salah satu solusi efektif yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konten-konten positif ke dalam media maya sehingga secara perlahan-lahan efek dominan dari munculnya konten-konten negatif tersebut dapat diminimalisir. Konten-konten positif yang dimaksud dapat berupa tulisan-tulisan bermanfaat, share musik maupun video, tutorial-tutorial online, dan lain sebagainya. Jadi, peran serta para pengguna internet maupun pihak penyedia content sangat penting disini. Bisa saja dengan semakin banyaknya konten positif di media maya akan dapat semakin memancing jiwa kreatif mereka, beberapa contoh diantaranya yang telah kita lihat adalah Shinta dan Jojo, Briptu Norman, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin kan akan muncul insan-insan kreatif yang lain yang mampu memanfaatkan media online secara profesional dan positif, kita lihat saja nanti… (DW)

1 KOMENTAR

    • Maklum bro, jebakan batman dengan memasang keyword agak ngeres kan. Pasti yang kejebak juga para pengunjung yang memiliki otak-otak ngeres juga, hehehe… Gpplah sekali-kali untuk nambah trafik 🙂

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

CommentLuv badge