Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

PPB IAIN Pontianak Adakan Pelatihan Narrative Reporting untuk Mahasiswa

BLOGGERBORNEO.COM – Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengadakan pelatihan Narrative Reporting for Students, Kamis (08/10/2015). Pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 25 mahasiswa perwakilan dari masing-masing Fakultas, Club dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan IAIN Pontianak. Kegiatan jurnalistik tersebut berlangsung selama tiga hari dan akan berakhir pada Sabtu 10 Oktober 2015.

Pelatihan penulisan Narrative Repoting ini diadakan dengan tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas tentang bagaimana keadaan kota Pontianak saat ini melalui tulisan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dedi Maryadi selaku ketua panitia.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mendokumentasikan kota Pontianak hari ini,” ucap Dedi Darmadi dalam sambutannya.

Mahasiswa IAIN Pontianak Sedang Mengikuti Pelatihan Narrative Reporting
Mahasiswa IAIN Pontianak Sedang Mengikuti Pelatihan Narrative Reporting (Foto: BAIM/BBN)

Kegiatan pelatihan ini juga merupakan kegiatan ketiga dari rangkaian pelatihan penulisan yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa, sebelumnya sudah ada Scientific Writing dan Presentation yang diadakan untuk para dosen yang ada di IAIN Pontianak.

Selama pelatihan hari pertama berlangsung, para peserta diberikan banyak materi yang berkaitan tentang Narrative Repoting atau bisa disebut juga menulis berita dengan gaya bercerita. Materi yang disampaikan mulai dari pengenalan, tata cara penulisan, hingga bagaimana cara melakukan wawancara untuk mendapatkan banyak informasi ketika melakukan praktek di lapangan. Materi-materi tersebut disampaikan secara langsung oleh Dr. Yusriadi, MA, salah satu dosen sekaligus Pembina Club Menulis IAIN Pontianak dan Nur Iskandar, SP, pimpinan Borneo Tribune Pontianak.

Di hari kedua, Jumat (09/10/2015) para peserta yang sudah dibagi menjadi empat kelompok melakukan Ekspedisi Kapuas. Tujuannya adalah untuk mencari informasi sebanyak-banyak tentang keadaan di tempat yang mereka kunjungi lalu kemudian hasil pengamatan tersebut ditulis dalam bentuk Narrative Reporting sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh para pemateri. Setelah semua kelompok menyelesaikan tugasnya, maka semua tulisan yang sudah ada akan dibahas pada hari selanjutnya, yaitu pada hari terakhir pelaksanaan pelatihan.

Pada hari terakhir kegiatan, semua tulisan yang sudah jadi dan sudah diperesentasikan akan dikumpulkan kepada panitia. Rencananya semua tulisan itu akan dijadikan beberapa buku sesuai dengan jumlah kelompok yang ada dan diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Pontianak agar bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. (BAIM)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. pen quran says

    yang gini mantap ni, pen quran seneng lihatnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.