Alhamdulillah Akhirnya Restoran Hotel Pontianak Halal Ada di Kalimantan Barat

Alhamdulillah per 28 Oktober 2019, Restoran Hotel Mercure Pontianak resmi mendapatkan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat. Untuk saat ini, Mercure Pontianak menjadi hotel satu-satunya yang telah memiliki label halal ini.

Setelah sekian lama tidak memiliki restoran hotel Pontianak halal, akhirnya Hotel Mercure memecahkan rekor tersebut. Pada saat momen penyerahan sertifikat halal bagi para pelaku UMKM di Kalimantan Barat, ternyata nama Restoran Hotel Mercure Pontianak masuk dalam daftar.

Sertifikat Halal bagi Restoran Hotel Mercure Pontianak, diserahkan secara langsung oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat, M Agus Wibowo. Agus pun sangat mengapresiasi Hotel Mercure yang telah mengantongi Sertifikat Halal tersebut.

Restoran Hotel Pontianak Halal

General Manager Hotel Mercure Pontianak, Rudin Rusli mengatakan bahwa dengan diperolehnya sertifikat halal untuk restoran tentu saja akan berpengaruh kepada tingkat kunjungan karena telah memenuhi standar sebagai tempat makan yang bebas dari makanan tidak halal bagi pengunjung dan konsumen Muslim.

“Semoga setelah ini, jumlah restoran hotel di Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya semakin bertambah. Jika Hotel Mercure Pontianak aja bisa mendapatkannya, kenapa hotel-hotel lain tidak bisa.” demikian Ketua LPPOM MUI Kalbar ini menjelaskan.

Meningkatkan Citra Positif

Pak Agus yakin dengan diperolehnya label halal MUI ini, citra positif Hotel Mercure Pontianak akan semakin terangkat. Sedangkan mengenai adanya stigma negatif yang menyatakan proses pengurusan sertifikasi halal bagi restoran hotel cukup sulit, hal tersebut tidak perlu dikuatirkan.

Hingga saat ini, pihak LPPOM MUI Kalbar terus melakukan pendekatan kepada beberapa hotel yang ada. Setidaknya dengan diserahkannya Sertifikat Halal untuk Restoran Hotel Mercure Pontianak ini, telah menunjukkan bahwa stigma negatif tersebut hanya bersifat isapan jempol semata.

Proses Cukup Mudah

Sosok yang dalam kesehariannya aktif menjadi tenaga pengajar di Universitas Tanjungpura Fakultas MIPA ini menjelaskan bahwa untuk proses audit tidak membutuhkan waktu lama.

Setelah semua persyaratan yang diperlukan telah siap, pihak LPPOM MUI Kalbar hanya perlu dua kali turun ke hotel untuk melakukan pengecekan. Apabila dalam proses pengecekan tersebut dapat dipastikan sejumlah persyaratan sudah memenuhi standar, maka restoran di hotel tersebut layak mendapatkan sertifikat halal.

“Kalau semua sudah dianggap halal, fasilitas tidak terkontaminasi atau tidak ada kemungkinan untuk terkontaminasi bahan non halal, maka akan lebih mudah proses pengurusan sertifikasi halalnya,” ujar Pak Agus.

PHRI Merasa Bangga

Di saat yang bersamaan, Yuliardi Qamal selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar turut mengucapkan rasa syukur karena salah satu anggotanya telah mendapatkan label halal dari MUI ini.

Meskipun menurut Pak Agus proses sertifikasinya tidak lama, namun untuk mendapatkan pengakuan dari LPPOM MUI Kalbar tidaklah mudah. Tetap yang harus diperhatikan adalah semua persyaratan telah memenuhi standar “Halal Lan Thayyib”.

Sependapat dengan pendapat Pak Agus sebelumnya, Bang Yuliardi juga yakin bahwa hotel-hotel lain di Kalimantan Barat dapat melakukan hal yang sama.

“Buktinya Hotel Mercure Pontianak saja bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, PHRI Kalimantan Barat akan terus mendorong anggota-anggota lain agar bisa memperoleh label halal tersebut”, katanya penuh semangat.

Yang pasti, label halal resmi MUI Kalbar ini akan memberikan dampak positif bagi keberadaan hotel itu sendiri. Setidaknya para pengunjung Muslim tidak perlu lagi merasa was-was untuk menginap di restoran hotel Pontianak halal ini.

Profil Hotel Mercure Pontianak

Hotel mewah di gedung kontemporer ini berjarak 6 menit berjalan kaki dari Universitas Tanjungpura, 2 km dari Museum Negeri Pontianak, dan 12 km dari Tugu Khatulistiwa.

Menampilkan dekorasi mewah, kamar-kamar trendi dilengkapi Wi-Fi, TV layar datar, dan alat pembuat kopi. Suite memiliki ruang keluarga terpisah dengan sofa, dan tersedia room service 24 jam. Anak-anak berusia 15 tahun ke bawah menginap tanpa dikenakan biaya tambahan bersama orang dewasa.

Restoran kontemporer menyajikan masakan internasional, dan bar santai menawarkan musik live reguler. Alhamdulillah per Oktober 2019 lalu restoran ini sudah mendapat predikat halal resmi dari MUI Kalimantan Barat. Mercure Pontianak menjadi satu-satunya yang memiliki restoran hotel Pontianak halal untuk saat ini.

Fasilitas lainnya termasuk kolam renang outdoor dan pusat kebugaran. Tersedia perawatan pijat dan tempat parkir.

Dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya, jarak tempuhnya sekitar 30 menit saja. Begitu tiba di bandara, bisa langsung menghubungi jasa rental mobil Pontianak Singkawang. (DW)

Referensi:

  • https://www.suarapemredkalbar.com/berita/advetorial/2019/10/29/restoran-hotel-mercure-kantongi-sertifikat-halal

 

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More