Indonesia Website Awards

Sebelum ke Candi Borobudur, Kunjungi Dulu 7 Obyek Wisata di Kota Semarang Ini

Image: https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur

BloggerBorneo.Com – Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak sekitar 40 kilometer sebelah barat laut Yogyakarta, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai obyek wisata ini, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam-an dari Semarang jika menggunakan rental mobil.

Obyek Wisata di Kota Semarang

Semarang sendiri memiliki obyek wisata yang dapat dikunjungi. Sungguh sayang rasanya jika ketika berada di Semarang tidak berkeliling terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menginap semalam di salah satu Hotel di Semarang sebelum melakukan perjalanan ke Candi Borobudur.

Beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi di Semarang, antara lain:

1. Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama adalah pusat sejarah Kota Semarang. Di sini, Anda dapat melihat bangunan-bangunan bergaya kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik, seperti Gedung Lawang Sewu, Gereja Blenduk, dan Bank Indonesia. Jalan-jalan di sekitar kawasan ini juga menawarkan suasana yang klasik dan menarik untuk dijelajahi.

2. Taman Mini Jawa Tengah

Terletak di kawasan Gunung Sari, taman mini ini merupakan replika dari berbagai objek wisata di Jawa Tengah. Anda dapat melihat miniatur Candi Borobudur, Keraton Surakarta, Candi Prambanan, dan masih banyak lagi. Selain itu, taman ini juga memiliki wahana permainan dan area rekreasi yang menyenangkan.

3. Lawang Sewu

Travel Destinations in Semarang
Image: YouTube.Com

Gedung Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah yang terkenal di Kota Semarang. Bangunan ini memiliki arsitektur Belanda yang megah dan memiliki banyak cerita mistis. Anda dapat mengikuti tur untuk menjelajahi koridor-koridor yang indah di dalamnya dan mempelajari sejarahnya yang menarik.

Baca Juga:   Alat-alat Kebersihan untuk Perlengkapan Dapur

4. Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu pantai terkenal di Semarang yang menawarkan pemandangan indah dan suasana yang menyenangkan. Pantai ini merupakan tempat yang populer untuk berolahraga, bermain pasir, atau hanya menikmati matahari terbenam di sepanjang pantai.

5. Museum Ronggowarsito

Museum ini didedikasikan untuk mengenang Ronggowarsito, seorang penyair Jawa terkenal. Di dalam museum, Anda dapat menemukan koleksi barang-barang pribadinya, karya sastranya, dan informasi tentang kehidupan dan karyanya.

6. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda ini terletak di kawasan Sam Poo Kong, yang merupakan tempat ibadah agama Konghucu di Semarang. Pagoda Avalokitesvara adalah salah satu tempat yang indah dan kalem untuk berziarah atau meditasi.

7. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie adalah salah satu klenteng tertua dan terbesar di Semarang. Klenteng ini memiliki arsitektur khas Tionghoa dan merupakan tempat yang tenang untuk berdoa atau mengagumi dekorasi dan patung-patungnya.

Transportasi ke Candi Borobudur

Setelah selesai berkeliling di 7 obyek wisata kota Semarang tersebut, Anda dapat langsung melakukan perjalanan ke Candi Borobudur. Selain menggunakan jasa layanan sewa mobil di Semarang, terdapat 2 (dua) opsi transportasi yang bisa dipertimbangkan.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

  • Rute yang umum digunakan adalah melalui jalan tol Semarang-Solo (Jalur A1) dari Semarang ke arah selatan.
  • Dari Semarang, Anda dapat mengambil jalan tol menuju arah Solo hingga mencapai pintu keluar Salatiga.
  • Setelah keluar dari pintu tol Salatiga, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah barat melalui jalur non-tol ke Magelang.
  • Dari Magelang, Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju Candi Borobudur. Perjalanan dari Semarang ke Candi Borobudur memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.
Baca Juga:   Target Penjualan Tercapai, Astra Motor Kalbar Gelar Pesta BeAT di Matahari Mall Pontianak

2. Menggunakan Transportasi Umum

  • Anda dapat naik kereta api dari Semarang ke stasiun Tugu Yogyakarta. Kereta api ini tersedia dengan frekuensi yang cukup sering.
  • Dari stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa menggunakan taksi, ojek online, atau bus umum untuk menuju Terminal Jombor.
  • Di Terminal Jombor, Anda dapat naik bus umum jurusan Magelang. Setelah tiba di Magelang, Anda bisa menggunakan angkutan pedesaan (angkot) menuju Candi Borobudur.
  • Waktu perjalanan dengan menggunakan transportasi umum bisa lebih lama dan memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung dari jadwal transportasi dan lalu lintas.

Kesimpulan

Candi Borobudur, dikenal juga sebagai kuil Buddha terbesar di dunia dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Candi Borobudur didirikan pada abad ke-8 Masehi di masa pemerintahan dinasti Syailendra. Lokasinya terletak di atas bukit dan terdiri dari sembilan tingkat membentuk piramida.

Struktur utama Candi Borobudur terdiri dari 3 tingkat utama, yaitu:

  • Tingkat dasar berbentuk persegi;
  • Tingkat tengah berbentuk lingkaran; dan
  • Tingkat atas berbentuk stupa.

Selain sebagai tempat ibadah, Candi Borobudur juga menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Wisatawan sering mengunjungi candi ini pada waktu matahari terbit untuk menyaksikan pemandangan indah ketika sinar matahari terbit menerangi relief-relief candi.

Untuk dapat menuju Candi Borobudur dari kota Semarang, terdapat beberapa opsi transportasi antara lain: menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Anda juga dapat menggunakan jasa rental mobil di Semarang ke candi yang setiap tahunnya menjadi tuan rumah perayaan Waisak ini.

Baca Juga:   Nissan Livina VL Penuhi Ekspektasi Sebagai LMPV Termewah

Dengan keindahan arsitektur dan nilai sejarahnya yang luar biasa, Candi Borobudur menjadi salah satu rekomendasi karena memiliki daya tarik budaya terbesar di Indonesia. Selain itu juga menjadi tempat penting untuk dapat mengenal lebih jauh mengenai agama Buddha dan warisan budaya Jawa Tengah. (DW)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!