9 Tempat Wisata di Semarang Recommended Para Traveller

Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah yang menarik sekali sebagai pilihan liburan bersama orang terkasih. Sebab, di kabupaten ini terdapat berbagai macam obyek wisata yang bagus dan terkenal.

Beberapa tempat wisata di Semarang yang sudah dikenal baik oleh traveler dari berbagai penjuru Nusantara antara lain Lawang Sewu, Pantai Marina, dan Masjid Agung Jateng.

Tentu tidak cukup sampai disitu saja, Kabupaten Semarang masih memiliki segudang obyek wisata menarik untuk para pelancong. Liburan Anda dan keluarga dijamin lebih berkesan dan menyenangkan. Pokoknya, tidak kalah dari Salatiga, Jogja ataupun Solo.

Tempat Wisata di Semarang

Tanpa panjang lebar, mari disimak beberapa tempat wisata di Semarang terbaik berikut.

1. Lawang Sewu

Dikalangan wisatawan, Lawang Sewu bukanlah sesuatu yang asing dan jarang didengar. Begitu liburan ke Semarang, Anda tidak boleh lupa untuk mampir ke icon pariwisata Semarang Ini. Setibanya di Lawang Sewu, Anda akan melihat bangunan bersejarah yang sudah berusia cukup tua.

Disebut Lawang Sewu karena bangunan tersebut terdiri dari banyak pintu. Semua orang pasti sudah tahu betul betapa angker dan horornya Lawang Sewu. Benar saja, setiba dilokasi Lawang Sewu nuansa horornya begitu terasa.

Yakin berani uji nyali di Lawang Sewu?

2. Kota Lama

Setelah puas menguji keberanian di Lawang Sewu, perjalanan liburan di Kota Semarang kembali dilanjutkan ke obyek wisata Kota Lama. Lagi-lagi, kita akan mampir ke bangunan yang kental sekali dengan nilai-nilai kuno dan jadul.

Namun bedanya, Kota Lama tidak seperti Lawang Sewu yang angker. Justru, kawasan ini menjadi favorit kaula muda yang gemar mencari spot foto instagramable. Wajar apabila Anda nanti akan menemukan banyak sekali pengunjung yang sedang asyik berburu foto hits kekinian.

Sebagai informasi, Kota Lama Semarang dulunya merupakan pusat perdagangan ketika Indonesia masih dijajah oleh negeri Belanda, di era 1920-an.

3. Museum Ranggawarsita

Karena liburan tidak harus ke pantai dan wahana permainan modern, di Semarang Anda bisa mengajak keluarga tercinta untuk jalan-jalan sekaligus mengenal sejarah zaman dahulu. Kali ini ada Museum Ranggawarsita yang harus masuk list kunjungan Anda, lokasinya berada di Jalan Abdul Rahman Saleh Nomor 1, Kalibanteng, Semarang Barat.

Di museum ini Anda bisa menyimak informasi sejarah zaman dahulu, mulai dari zaman phitechantropus Erectus, sampai zaman Homo Erectus. Bahkan, Anda bisa melihat skema revolusi gajah dari Paleomastodon ke Stegodon, kemudian menjadi Mamooth, baru akhirnya berubah jadi gajah Asia dan Afrika.

Pada dasarnya tempat wisata di Semarang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua benda berharga seperti fosil dan peninggalan purbakala lainnya yang ditemukan di Jawa. Museum Ranggawarsita dibangun pada tahun 1975.

4. Kampung Batik

Mari kita beralih sejenak dari bangunan bersejarah dan menikmati momen liburan dengan berbelanja. Tidak usah ditanya, semua orang pasti suka banget berbelanja. Kabupaten Semarang siap memanjakan hasrat berbelanja para pelancong, mari kita mampir ke Kampung Batik.

Di Kampung Batik, wisatawan akan disambut oleh tembok-tembok yang berhias lukisan indah. Spot foto ini sayang banget untuk dilewatkan. Jadi sebelum berkeliling ke Kampung Batik, sempatkan diri sejenak berfoto.

Sudah puas berfoto-foto ria? Mari kita berkeliling ke Kampung Batik dan melihat langsung proses membatik dari para pengerajin. Sebelum pulang, jangan lupa membeli kain batik untuk orang-orang tersayang di rumah.

5. Kampung Pelangi

Semarang adalah kota yang memang layak menjadi tujuan liburan, karena pesonanya tidak hanya hadir dari mall-mall mewah ataupun objek wisata alamnya yang menawan. Disini, kampung pun disulap menjadi obyek wisata yang seru dan asyik buat liburan.

Jika sebelumnya ada Kampung Batik, maka sekarang Anda bisa mencoba mengunjungi Kampung Pelangi. Berkeliling di Kampung Pelangi terasa sangat menyenangkan, karena kondisi lingkungannya bersih, tertata rapi dan setiap rumah diberi warna beraneka macam.

Dari kejauhan, kampung yang dulunya bernama Kampung Gunung Brintik ini memang terlihat seperti pelangi. Padahal, sebelum menjadi tempat wisata di Semarang yang ramai pengunjung, kawasan ini dikenal sangat kumuh.

Berfoto dengan background perumahan warna-warni merupakan aktivitas favorit para pengunjung.

6. Gedong Songo

Ketika mengeksplorasi tempat wisata di Semarang, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Candi Gedong Songo. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Tidak hanya menyuguhkan obyek wisata bersejarah, Gedong Songo juga mempunyai suguhan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Gedong Songo adalah sebuah kompleks candi yang memiliki total 9 bangunan candi. Gedong Songo merupakan peninggalan Wangsa Syailendra. Disekeliling kompleks candi, Anda bisa melihat pemandangan asri dan menghijau.

Lebih dari itu, kolam pemandian air panas alami juga tersedia di Gedong Songo. Pasti sangat menarik, melemaskan otot di kolam air panas sesudah berkeliling kompleks Candi Gedong Songo.

7. Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang

Salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok menjadi pilihan untuk berakhir pekan adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Perlu Anda ketahui, obyek wisata ini bukanlah pondok kopi biasa, melainkan destinasi yang sangat komplit. Disana pengunjung bisa menjumpai villa, cafe, dan berbagai macam wahana permainan.

Selama berada di sini, Anda akan ditemani udara sejuk khas pegunungan lengkap dengan panorama alam yang indah. Kombinasi keduanya benar-benar cocok untuk melemaskan pikiran yang lelah.

Tidak ada biaya khusus untuk memasuki area pondok kopi, hanya saja wisatawan harus membayar tiket masuk ke kawasan wisata Umbul Sidomukti seharga Rp. 3.000.

Beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung antara lain kolam renang, double flying fox, ATV, sepeda awang, triangle, flying fox, dan marine bridge. Bagaimana, sangat lengkap bukan? Sembari ngopi dan bercengkrama bersama keluarga, Anda bisa sekaligus bermain.

8. Ayana Gedong Songo

Liburan tanpa berfoto, ibarat sayur tanpa garam. Hal itu memang benar adanya dan semua orang pasti ingin mengabadikan momen mereka selama liburan. Agar foto liburan Anda semakin menarik dan berkesan, mari kita jelajahi Ayana Gedong Songo.

Lokasinya masih berada di kompleks Candi Gedong Songo, yaitu dekat dengan candi 1. Tempat wisata di Semarang ini tidak pernah sepi dari pengunjung, khususnya kaula muda. Ayana Gedong Songo sendiri berupa area lapang yang menyuguhkan 35 spot foto hits dan kekinian. Lengkap dengan pemandangan alam menakjubkan dan udara sejuk khas pegunungan.

Saking menariknya, Ayana Gedong Songo bahkan sempat viral di Instagram. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain ruang santai di tengah kolam, bantal-bantal, balon udara, buble tent, kursi santai, lukisan instagenic, hammock dan tempat duduk unik.

9. Saloka Theme Park

Tempat wisata di Semarang yang tidak kalah menarik dijadikan destinasi liburan bersama keluarga adalah Saloka Theme Park. Konsep dari objek wisata ini mirip seperti jatim park, dufan, trans studio dan sejenisnya.

Saloka memiliki luas lahan mencapai 18 hektar dengan 25 wahana permainan yang terbagi kedalam empat zona. Yaitu zona laut, zona kingdom, zona jungle dan zona kuantum. Wahana-wahana itu antara lain Galileo, Adu Nyali, Disko, Dancing Water, Sepeda Terbang dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 9 tempat wisata di Semarang paling wajib dikunjungi. Khusus destinasi wisata kuliner Semarang, kawan-kawan bisa berkunjung ke Pasar Semawis dan Pasar Depok.

Bagi kawan-kawan yang ingin berkunjung secara rombongan bisa menggunakan Ranggawarsita Tour penyedia jasa sewa bus Semarang yang rekomendasi dan cukup terpercaya. (DW)

2 Komentar
  1. AriefTewe says

    Jadi pengen berkunjung di gedong songo.. story.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More