Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo

Tidak terasa selama kurang lebih tiga tahun  saya memiliki “profesi” tambahan sebagai SEORANG BLOGGER. Sejak tahun 2007 saya mulai menekuni profesi baru saya tersebut, berbagai macam kendala dan rintangan yang dulunya sempat menghadang semuanya bisa saya lewati dengan baik. Dari yang dulunya masih mengandalkan cyber-cyber ditepi jalan hingga saat ini saya telah memiliki jaringan internet sendiri membuat tidak ada lagi alasanku untuk berhenti menjadi SEORANG BLOGGER. Sebenarnya jika dilihat kilas baliknya, proses saya untuk bisa menjadi SEORANG BLOGGER terjadi secara kebetulan dan tidak disengaja. Pada awalnya saya malah sama sekali tidak tahu dengan istilah Blog, Blogger, Ngeblog, atau istilah apalah yang mengandung ketiga unsur kata tersebut. Dalam bayangan saya pada saat itu SEORANG BLOGGER adalah orang yang tidak punya kerjaan alias iseng dimana kerjaannya hanya menulis, menulis, dan menulis.

Perjalanan hidup saya menjadi SEORANG BLOGGER diawali ketika untuk pertama kalinya mengikuti Seminar Blog dimana pada saat itu pembicaranya berasal dari tokoh-tokoh Blogger Pontianak.  Dari sini saya baru mengerti dan tidak tahu kenapa setelah kegiatan itu selesai keinginan saya untuk belajar menjadi SEORANG BLOGGER langsung muncul begitu saja. Mungkin itu yang dimaksud dengan Aura Blogger, bisa menarik hati siapa saja untuk menjadi SEORANG BLOGGER. Dengan memantapkan hati akhirnya saya berhasil membuat blog.

Sedikit ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman yang mungkin sampai saat ini masih belum tahu mengenai apa yang dimaksud dengan Blog, Blogger, dan Ngeblog. Mungkin saja setelah saya ceritakan mengenai sepenggal kisah hidup saya menjadi SEORANG BLOGGER, ada diantara teman-teman yang berminat untuk menjadi SEORANG BLOGGER PROFESIONAL.

Blog merupakan singkatan dari kata Weblog, yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog atau yang lebih dikenal dengan istilah Blogger tersebut.

Nah, dari definisi diatas saya yakin teman-teman sudah mulai paham apa yang dimaksud dengan Blog. Dari pengertian tersebut kita cari lagi apa sih yang membuat seseorang suka menjadi SEORANG BLOGGER, seperti apa yang saya rasakan sekarang. Ternyata dengan menjadi SEORANG BLOGGER kita dapat mengambil beberapa manfaat positif yang berdasarkan pengalaman pribadi saya akan saya jelaskan dibawah ini. Beberapa manfaat menjadi SEORANG BLOGGER antara lain:

  1. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER akan Melatih Kemampuan Kita untuk Menulis; Salah satu kunci agar Blog bisa tetap eksis di jagad maya serta ramai dikunjungi adalah karena tulisan-tulisannya yang selalu update. Hal ini tentunya akan sedikit “memaksa” Blogger untuk terus membuat tulisan-tulisan yang sesuai dengan tema Blog-nya secara rutin dan terus menerus.
  2. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER Kita akan Mendapat Banyak Sahabat; Saling berkunjung ke blog-blog sahabat (blogwalking) hukumnya adalah wajib dalam dunia perbloggeran. Dunia maya yang tanpa batas memberi kesempatan kita untuk dapat menjalin tali persahabatan dengan bloggerblogger lain yang ada dimuka bumi ini.
  3. Dengan menjadi SEORANG BLOGGER akan Membuka Peluang untuk Memperoleh Pendapatan Online; Blog selain digunakan sebagai media beleter bagi dirinya sendiri, juga dapat digunakan sebagai media promosi dari produk yang ditawarkan. Dengan sedikit modifikasi, sebuah Blog dapat disulap menjadi sebuah Etalase Online. Karena bersifat gratis dan memiliki jangkauan yang sangat luas maka penggunaan Blog dapat menjadi alternatif bagi para pengusaha yang ingin melakukan promosi secara efektif dan efisien.

Jika mau dikilas balik, sudah 3 kali saya berganti blog. Mulai dari Accounting Community, Yudi Akuntan, dan yang masih eksis sampai sekarang adalah Blogger Borneo.  Untuk dua blogku yang pertama yaitu Accounting Community dan Yudi Akuntan, saya masih mengandalkan aplikasi gratis bawaan dari Blogger. Seiring perjalanan ruang dan waktu diriku mulai memikirkan menggunakan aplikasi berbasis CMS (Content Management System) seperti WordPress hingga akhirnya blog Blogger Borneo ku tercipta.

Hobi untuk mengikuti seminar maupun workshop yang bertemakan Internet, Blog, dan Teknologi Informasi juga menjadi salah satu faktor pendukungku menjadi SEORANG BLOGGER. Dari situ aku dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat khususnya mengenai Blogging. Hanya berbekalkan kemampuan dasar yang minim, secara otodidak aku mencoba untuk memahami beberapa istilah yang menurutku masih asing seperti Online Marketing, Search Engine Optimization (SEO), dan lain-lain. Alhamdulillah untuk saat ini aku sudah mulai mengerti dengan semua istilah tersebut, namun aku tetap harus belajar dan belajar karena dunia maya tidak memiliki batasan ilmu yang pasti. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi setiap detiknya akan berpengaruh pada bidang ilmu yang mengikutinya.

Demikianlah Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo yang sejak 3 tahun lalu telah memutuskan diri untuk terjun kedalam dunia Blogger Indonesia. Sekedar ingin berpesan kepada teman-teman Blogger yang lain, selalu rawatlah blog yang kalian miliki dengan sepenuh hati. Jadikan dia bagian dari hidupku karena itu akan membuatmu akan selalu rindu untuk menuangkan semua aspirasimu didalamnya. Keep Spirit for Blogging… (DW)

NB : Tulisan ini diikutsertakan dalam Contest Hidup Seorang Blogger yang diadakan oleh DenaiHati.Com.

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. Ka Damar says

    Sama,”I love Blog

  2. Udin Hamd | Blogger 2 Inchi says

    Hmm..dah lama juga ya terjun. Sy mah baru aja…belum banyak makan asem garam dunia blogging…

    Trims dah kunjung ke blogku yang cuma 2 inch..

  3. Rara says

    semoga berjaya ya 😀

  4. lokerindo says

    saya setuju seperti apa bloggerborneo sampaikan, yang paling menarik berbagi informasi, makin banyak teman makin banyak rezeki…. ditunggu kunjungan baliknya gan jika ga keberatan.
    posting ini kren.

  5. Hidup Seorang Blogger says

    menarik entry nya.. aku masih kekeringan idea.. Good luck..

  6. Faarihin says

    Semoga sukses.. (^__^)

    memang banyak manfaat dari blog…

  7. emerzet615 says

    wah..tambah semangat lagi ah nge-blog nya…….

    1. Blogger Borneo says

      Ayo mas, tambah lagi semangat ngeblognya. Go..go..go……

  8. attayaya says

    yihaaaaaaaaaaaaa
    bisa dapat acer neh
    ayo semangat

  9. attayaya says

    harus menang neh
    awas kalo ga
    hehehhe

    1. Blogger Borneo says

      Insya Allah bro, makanya perlu dukungan 101% dari ente nih. Lagi mencoba mencari rahasia bisa memperoleh 1.000 kunjungan seperti blog ente. Wakakaka…

  10. ragil bego says

    thanks mas atas kunjungannya ke ngajari.com
    salam kenal dan semoga kita bisa menjadi teman ^_^

  11. Hidup Seorang Blogger says

    selamat ya bro bisa tersenarai di atas….

    ayo blogger Indonesia bisa…

  12. Anton says

    Lanjutkan!! he3..^^

  13. Insurance Finance says

    sebuah kisah yang menarik, kiranya manfaat blog betul seperti yang mas Yudi posting ” kren nih artikel ” ditunggu ya artikel lainnya

    1. Blogger Borneo says

      Oke mas, artikel2 lainnya segera menyusul. Tunggu saja…

  14. Yudi Akuntan says

    Sukses selalu bro, semoga bisa menjadi yang terbaik yach…

  15. Octa Dwinanda says

    salam kenal mas Dwi….
    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

    1. Blogger Borneo says

      Iya mas, sama-sama terima kasih juga buat kunjungan baliknya…

  16. Hairul Rantesigi says

    Trima kasih kunjungannya ke salam sejahtera untuk anda teruskan kreatifitasnya tetap semangat…

  17. hidup seorang blogger says

    salam perkenalan dari saya blogger malaysia dan semoga kt dapat memeriahkan lagi contest seo hidup seorang blogger ini

  18. tri says

    Semangat terus, nge-blognya Bang.

  19. Heri Fauzan Suheri says

    ane stuju dengan alasan yang diutarakan bloggerborneo. Satu hal yang paling ane senangi adalah kita dapat bertukar informasi dengan cepat melalui blogywaking. Sehingga kita tak pernah ketinggalan informasi….

    Maju terus blogger indonesia…..
    kunjungan balik…

    1. Blogger Borneo says

      Itu salah satu manfaat menjadi seorang Blogger mas, bisa menjalin tali silaturahmi dengan blogger lain yang berada di belahan dunia yang berbeda.

    2. Blogger Borneo says

      Blogwalking adalah salah satu cara paling simpel untuk menjalin tali silaturahmi sekaligus membentuk backlink ke blog kita…

  20. asmarie says

    salam knl bro

    cari komunitas blog samarinda banyak channel nggk

    1. Blogger Borneo says

      Wah, sori berat bro. Untuk blogger kawasan kalimantan lain msh jarang kenal, palingan si chandra dari komunitas blogger kalsel. Itupun krn kmrn ngga sengaja dia nelp saya waktu mau penyelenggaraan event Pesta Blogger 2010.

  21. aland black says

    Kami sangat mendukung mas dwi, semoga tulisan ini menang ya mas, kalo menang jangan lupa sama kita2 ya hehe. Ngeblog adalah pekerjaan paling cool didunia buat kita sebagai seorang blogger, sebab bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa blog yang bermanfaat bagi orang lain senantiasa memberi ilmu bagi sesama netter dalam bertukar informasi dan ilmu pengetahuan. Dari pada internetan yang kurang bermanfaat mari kita dukung blogger borneo.
    http://diversstudio.blogspot.com

    1. Blogger Borneo says

      Thanks bro buat dukungannya. Insya Allah kalau menang ade jak nanti jatahnya masing-masing, hehehe…

  22. d'blogger says

    nice story bro … hidup blogger Pontianak !
    maju terussssss ….

    1. Blogger Borneo says

      Thanks bro, yihaaaa… Maju terus, cetar..cetar..cetarrr…

  23. bangfad says

    nape pulak ade acara spam di situs resmi bloggerborneo.com nih????

    1. Blogger Borneo says

      Maksudnya spam gimana yach mas? Mohon diklarifikasi secara jelas krn saya sbg pemilik blog ini tidak pernah melakukan tindakan spam. Btw, ini juga blog resmi milik pribadi saya bukan blog resmi komunitas. Trims…

  24. Edwin's Personal Blog says

    setelah membaca, saya jadi semakin bersemangat ngeblog… salam kenal mas yudi 🙂

    1. Blogger Borneo says

      Salam kenal juga Mas Edwin, tetap semangat ngeblog yach…

  25. HIDUP SEORANG BLOGGER says

    in entri kedua ya bro mesti hebat sangat SEO nya selalu di page 1 tapi google indonesia , tak tahulah kalau penilaian pakai google com. my

    1. Blogger Borneo says

      Untuk Google Indonesia memang masuk dalam posisi atas bro, tapi beda dengan Google Malaysia atau Google.Com. Saya ada buat analisa blog saya di tulisan ini.

  26. eyra says

    iyaaa hobiku ambil foto2 🙂 good luck

  27. Adi Imam Pratomo says

    nice inpo gan…. thanks..

  28. kulanz says

    Salam kunjungan,
    entri yang menarik ni, memang bagus untuk dikongsikan
    moga semangat terus blogging

    1. Blogger Borneo says

      Trims sebelumnya buat kunjungannya, tujuan kita membuat tulisan adalah agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Tidak hanya sekedar nembak-nembak keyword saja ketika sedang mengikuti suatu kontes. Masalah menang kalah itu sudah biasa, yang penting tulisan kita sudah bisa dibaca banyak orang itu akan menjadi “kemenangan tersendiri” bagi sang blogger tersebut.

  29. Blogger Borneo says

    Iya, kuncinya adalah bagaimana kita bisa memotivasi diri sendiri baru kita bisa menularkan motivasi tersebut ke orang lain. Btw, bisa kapan2 kalau mau belajar ngeblog. Cukup gabung di grup fb Komunitas Blogger en Netter Pontianak saja, nanti disana kita bisa saling share dengan teman-teman yang lain. Trims buat kunjungannya…

  30. Goyang Karawang says

    mantap sobat.. akhirnya ikutan kontes juga ya 🙂
    saya dukung deh.. semoga artikel Sepenggal Kisah Hidup Seorang Blogger Borneo berhasil nongkrong diposisi atas .. amin..

    1. Blogger Borneo says

      Amin bang, Insya Allah…

  31. Bunglon Blog Indonesia says

    kisah perjalanan hidup seorang blogger dengan berbagai nuansa dan peristiwa yang dialami mampu memberikan banyak pelajaran..
    semangat buat kontesnya sobat
    Sukses Slalu!

  32. grandchief says

    sekarang lagi mengurusi dua blog mas,karena kurang fokus ngeblog jadi agak terlantar deh blognya

    wah cerita yang menarik mas 🙂

    1. Blogger Borneo says

      Ya resiko punya 2 blog begitu mas, mau updatenya susah. Mikir buat tulisan utk 1 blog aja udah puyeng, apalagi 2 blog. Capek deh…

  33. Jual Rumah says

    salut mas, ane aja udah mentok nich belum punya ide lagi buat nulis di blog. hehehehe semoga saya ketularan pinternya ya

    1. Blogger Borneo says

      Break sesaat mas, lupakan sejenak kegiatan blogging. Tapi jangan kelamaan, takutnya malah ngga ngeblog2 lagi. Hehehe…

  34. kisah yang inspiratif sobat

  35. louise wulandari says

    yang kasih materi seminar di seminar blog pertama-nya boleh dapet 30% jatah preman dong kalo gitu…kan aura menular…wkwkwk…sukses ya Yud…keep the spirit of blogging!!! 😉

    1. Dwi Wahyudi says

      Siap mbak, jatah premannya justru bukan diawal mbak. Gpp untuk tahap awal ngasih murah sedikit, nah lama kelamaan kalau udah terkenal kan pasarannya jadi naik tuh. Otomatis jatah premannya akan semakin gede juga. Bener ngga mbak, wakakaka… Keep spirit for all blogger borneo……….

  36. iptek says

    kisahnya perlu di angkat dalam sebuah novel kayaknya….

  37. Ajun says

    Menarik gan artikelnya.. untuk inspirasi ini.. haha

    Mampir gan klo sempat.. 🙂

  38. rodes says

    blogwalking bro…slm knl aja

  39. putri says

    semangat ngeblognya ya cc

  40. wong goblog says

    ngeblog biar dpt duit caranya gmn y gan?

    1. Dwi Wahyudi says

      Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, kebetulan ini saya lagi mempersiapkan untuk bisnis advertise online terbaru. Dijamin mak nyus, update aja terus di blog saya yach… Trims…

  41. putri says

    makaish infonya

    1. Dwi Wahyudi says

      Sama-sama mbak…

  42. tian says

    hebat bang, salut

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih brow…

  43. sanusi says

    tetap semangat gan dari anak jawa tinggal di jakarta salam kenal

  44. souvenir pernikahan says

    Semoga tetap konsisten menjadi blogger… siapa tau kelak jadi blogger terkenal..
    Good Luck

    1. Dwi Wahyudi says

      Aminnn… Insya Allah bisa selalu konsisten sampai nanti.

  45. a! says

    wah, ini pasti menang karena tulisannya sangat serius. kalau menang, jangan lupa ajak makan2. 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Sip, gampanglah itu bro. Tinggal pilih aja ntar makannya mau dimana, warteg apa lamongan. Hehehe… 🙂

  46. barbara says

    wah…kisah hidup yang menginspirasikan ini mas…smngat

  47. serambi says

    pindahnya pasti krn liat blogku yaaa,, ngecek ni blog jg gara2 liat blogku,,

  48. nisasundari says

    bagus and menari entry nya kang..

  49. dre says

    Manteb bener nee…
    kisah yang menyentuh hati,, hehehee
    jadi love ama blog aja dech kalau gituu,,
    buat semangat aku untuk buat posting baru lagii,, ( maklum blog aku buat sandang pangan broo.. hehee )
    thanks atas inspirasi nya mas bos brow,, salam kenal yak..

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih banyak atas komentarnya Bro, senang bisa memberi motivasi bagi orang lain 🙂

  50. Donbull says

    Ingin punya penghasilan tetap dari blog mas.. 😀
    capek jadi pegawai.. 🙁

    1. Dwi Wahyudi says

      Insya Allah Bro, bisa kok asal semua dijalanin dengan tekun 🙂

  51. dian fuadi says

    thanks buat inspirasinya….semua akan indah jika ditekuni terus….

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Bro, asal konsisten selalu Insya Allah akan membawa hasil. Aminnn… 🙂

  52. Kang Rian says

    Jauh sekali ternyata mas ini pengalamannya seputar blog . 😀 , terbawa suasana nih ..

    1. bloggerborneo says

      Hehehhe… Masih dalam tahap belajar juga Kang 🙂

  53. Moh Marzuqi says

    wih.. mantep banget mas ceritanya

  54. musadun says

    dah tak update blog ke?

    1. Dwi Wahyudi says

      Masih Om, cuma belakangan ini masih agak sibuk ngurusin media online yang lain. Maaf baru balas komentarnya yach…

  55. Sudiono says

    udah jarang update ya om

    1. Dwi Wahyudi says

      Ya setidaknya seminggu adalah beberapa kali update 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.