Zahir Online

SMA Kapuas Pontianak Selenggarakan Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Image: Dok. Pribadi

BloggerBorneo.com – Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Oleh pemerintah Republik Indonesia, tanggal ini dimasukkan dalam daftar peringatan hari besar sebagai bentuk mengenang jasa terhadap sosok Ki Hajar Dewantara.

Di salah satu tulisan Blogger Borneo yang berjudul “Ki Hajar Dewantara, Pahlawan Pendidikan Indonesia” dapat dilihat bagaimana sosok ini pada akhirnya diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Semoga Beliau dapat selalu menjadi panutan dan amalnya terus mengalir hingga hari akhir. Amin Ya Allah…

Apel Hari Pendidikan Nasional

Sebenarnya Blogger Borneo ingin turut serta hadir dalam apel Hari Pendidikan Nasional ini, tapi qodarullah harus dibatalkan karena waktunya bertepatan dengan jadwal pengantaran barang ke ekspedisi sehingga dari pagi sudah harus siap sedia.

Meskipun tidak hadir, namun Blogger Borneo tetap update informasi di grup WA internal para guru SMA Swasta Kapuas Pontianak. Begitu melihat foto-foto yang dikirimkan, ternyata keren-keren juga hasilnya. Jadi merasa tergelitik untuk membuat satu tulisan untuk dipublikasikan di blog ini.

Sempat meminta sepatah dua patah kata dari Kepala Sekolah SMA Kapuas Pontianak, Sukardi, S.Pd., M.Pd sebagai tambahan referensi, Alhamdulillah beliau langsung meresponnya cepat. Memang beda jika punya latar belakang bidang literasi, untuk urusan-urusan seperti ini pasti langsung sat set.

Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Kalimat diatas merupakan kutipan dari tema Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun ini. Dengan gaya pakaian adat dari Bali, tampak sosok kepala sekolah yang selalu kelihatan muda, ganteng, dan ceria ini berdiri gagah di hadapan para peserta upacara.

Kepala Sekolah SMA Swasta Kapuas Pontianak Memberikan Pidato

Dalam pidatonya, sosok yang dalam kesehariannya juga beraktivitas sebagai salah seorang guru ASN di salah satu SMA negeri di Pontianak menyampaikan bahwa SMA Kapuas Pontianak selalu berharap pemerintah mau merangkul sekolah swasta bersama sekolah negeri untuk menjadi garda terdepan terutama dalam misi peningkatan mutu pendidikan di Kalimantan Barat.

“Di sekolah merdeka belajar hendaknya dimaknai sebagai kemerdekaan individu baik sebagai siswa maupun guru untuk selalu memperbaiki diri tanpa disuruh, tanpa diminta, tanpa diawasi berupaya terus meningkatkan disiplin diri.” lanjutnya.

Mengenakan Pakaian Daerah

Secara umum, pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 di SMA Swasta Kapuas Pontianak berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Alhamdulillah semua terlaksana berkat persiapan yang matang dari beberapa hari sebelumnya.

SMA Kapuas Pontianak Apel Hari Pendidikan Nasional 2024

Ada satu hal yang cukup menarik dalam pelaksanaan kegiatan apel ini. Coba perhatikan penampakan dokumentasi diatas, apa yang dilihat? Yap benar, semua peserta apel baik itu dari kalangan dewan guru maupun para siswa atau istilah sekarangnya adalah “anak didik” mengenakan pakaian daerah.

Memang di satu sisi kita melihat agenda Hari Pendidikan Nasional masuk dalam kategori resmi dan formal, namun di sisi lain perpaduan kekhasan budaya yang beraneka ragam membuat suasana peringatan terasa unik dan berbeda. Salut untuk SMA Kapuas Pontianak…

Kesimpulan

Sebagai salah satu guru untuk mata pelajaran Ekonomi yang diamanahkan untuk mengajar di SMA Swasta Kapuas Pontianak, Blogger Borneo merasa suasana Hari Pendidikan Nasional tahun ini cukup berbeda. Sayang tidak bisa ikut hadir dan merasakan langsung suasananya.

Alhamdulillah di hari dan tanggal yang sama, usia Blogger Borneo kembali berkurang. Qodarullah pada tanggal ini, 42 tahun yang lalu Blogger Borneo dilahirkan di muka bumi ini. Tidak banyak permintaan di sisa usia yang kata orang sudah melalui lonceng kematian pertama ini.

Semoga dunia pendidikan di Indonesia bisa terus mengalami penyempurnaan, siapapun presiden maupun menterinya. Mau apapun bentuk kurikulumnya, sekiranya tujuan dibuat untuk memberi manfaat Insya Allah tetap akan menjadi baik akhirnya.

Sekali lagi, selamat Hari Pendidikan Nasional 2024. SMA Kapuas Pontianak, Bersama, Berkarya, Berjaya. Amin Ya Allah… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!