BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

SMA Kapuas Pontianak Siapkan Lulusan Sekolah Langsung Magang dan Siap Kerja

Mendengar nama sekolah ini, Blogger Borneo masih banyak yang belum tahu dimana keberadaannya. Meskipun sebuah plang nama tampak terpasang di jalan masuk sebuah komplek namun sepertinya belum banyak mata yang tertuju kepadanya.

SMA Kapuas Pontianak

Mendapat undangan untuk datang ke salah satu sekolah swasta di kota Pontianak ini, Blogger Borneo langsung merasa sepertinya pernah mendengar namanya. Berusaha keras mengingat kembali dimana pernah melihat plang nama sekolah ini, akhirnya memori ingatan dibawa kembali ke tahun 2007.

Bulan Juli 2007 menjadi momen tak terlupakan ketika Blogger Borneo hendak mempersunting seorang kekasih hati yang telah dikenal sejak 2002, bermula dari perjumpaannya pertama kali secara virtual melalui sebuah aplikasi chat yang cukup dikenal pada saat itu yaitu MiRC.

Perjalanan kisah cinta Blogger Borneo dan dia selama kurang lebih 5 (lima) tahun pada akhirnya membawa kami mengambil keputusan untuk merajut hubungan tersebut ke arah serius hingga di pertengahan tahun 2007 kami mengurus semua administrasi yang diperlukan.

Karena calon permaisuri berdomisili di kawasan Pontianak Barat, maka untuk urusan pernikahan diarahkan ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Pontianak Barat yang terletak di Jalan Tabrani Ahmad (lokasi detail bisa dilihat melalui Google Maps).

Melihat Plang Nama untuk Pertama Kali

Nah, beberapa kali harus bolak balik mengurus berkas pernikahan di KUA Kecamatan Pontianak Barat membuat Blogger Borneo secara tidak sengaja melihat plang nama bertuliskan SMA Swasta Kapuas Pontianak yang berdiri tegak di depan jalan masuk sebuah komplek.

Komplek yang letaknya tepat berseberangan dengan Kantor Camat Pontianak Barat ini diberi nama Graha Bumi Khatulistiwa. Untuk dapat masuk ke komplek harus melalui jalan aspal mulus dimana langsung akan terlihat penampakan sekolah ini dari kejauhan.

Memang jika dibandingkan dengan sekolah swasta lain yang ada di kota Pontianak, sepertinya SMA Kapuas Pontianak masih memiliki kelebihan. Ini komentar pertama yang Blogger Borneo berikan ketika pertama kali masuk ke area sekolah ini.

Kepala Sekolah Muda dan Visioner

“Wah tamu jauh datang, sile Bang…” demikian sosok muda yang ganteng berkacamata memberikan sambutan ramah sembari berjalan keluar dari salah satu ruangan sekolah.

Masih terpana dengan kondisi lingkungan sekitar membuat Blogger Borneo membutuhkan waktu beberapa detik untuk menjawab sambutan tersebut. Hingga akhirnya…

“Assalamualaikum Bang” ucap Blogger Borneo singkat.

“Aseli, sekolah ini keren Bang. Halamannya luas dan sepertinya kondisi bangunannya masih cukup kokoh dengan beberapa ruangan kelas masih dapat digunakan sebagaimana fungsinya.” Blogger Borneo langsung menyampaikan komentar pertama kali kepada sosok muda tersebut.

Sukardi, S.Pd, M.Si, demikian nama lengkap beserta gelar dari sosok yang Blogger Borneo anggap masih muda, ganteng, dan memiliki visioner tersebut. Mungkin jika bukan Beliau Kepala Sekolahnya, Blogger Borneo tidak akan pernah menginjakkan kaki di SMA Swasta Kapuas Pontianak.

Didirikan oleh Tokoh Pendidik Kalbar

Tidak banyak informasi dapat diperoleh mengenai SMA Kapuas Pontianak di mesin pencari, padahal menurut cerita dari Sang Kepala Sekolah bahwa sekolah ini berada dalam naungan yayasan yang didirikan oleh tokoh yang cukup dikenal masyarakat Kalimantan Barat yaitu Gusti Syamsumin.

Pendiri Yayasan SMA Kapuas Pontianak Gusti Syamsumin
Image: InsidePontianak.Com

Gambar diatas merupakan foto wajah dari sosok yang telah banyak memberikan andil dalam mengembangkan Provinsi Kalimantan Barat ini. Sebelum melanjutkan tulisan ini, Blogger Borneo mohon do’a nya untuk Allahyarham Gusti Syamsumin. Al Fatihaah…

Selain pernah mengabdikan diri sebagai seorang guru hingga kepala sekolah di salah satu SMA negeri favorit di Kota Pontianak, Beliau juga aktif berorganisasi politik dibawah bendera partai golkar hingga akhir hayatnya. Beliau wafat pada hari Sabtu (04/03/2020).

Berbasis TIK dan Kewirausahaan

Meskipun dalam perjalanannya, sekolah yang pernah menjadi tempat salah seorang gubernur Kalimantan Barat mengenyam pendidikan ini terus mengalami penurunan dari sisi jumlah siswa terdaftar, namun Bang Sukardi (demikian dirinya akrab dipanggil) masih tetap merasa optimis.

Cornelis Anggota DPR RI
Anggota DPR RI Cornelis (Image: BorneoNews.Co.Id)

Di pertemuan perdana saat itu, di ruang kecil berukuran 3×3 yang menjadi ruang kerjanya, Beliau menceritakan bagaimana untuk saat ini sedang membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak mana saja yang sekiranya dapat memberikan manfaat bagi sekolah ini.

“Saya berkeinginan sekolah ini bisa menjadi mulai dari tahun ini menjadi SMA Berbasis TIK dan Kewirausahaan.” ucapnya singkat dan padat.

Mendengar keinginannya tersebut, Blogger Borneo langsung teringat dengan kawan-kawan di Relawan TIK Kalimantan Barat yang dalam pergerakannya memiliki visi dan misi sama yaitu memberikan edukasi mengenai pemanfataan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) kepada masyarakat luas.

Dukungan Penuh dari YALE Communication

Pucuk Dicinta Ulam Pun Tiba, Ketua RTIK Kalbar Ferianto, S.Hut langsung merespon keinginan Sang Kepala Sekolah dengan menawarkan kerjasama dalam bentuk pemberian program kurikulum TIK setara D1 untuk setiap siswa/i yang bersekolah di SMA Kapuas Pontianak.

Informasi lebih lengkap mengenai program keahlian apa saja yang akan didapatkan bisa melihatnya langsung pada poster PPDB SMA Kapuas Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 dibawah ini:

Poster PPDB SMA Kapuas Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023

Nantinya setiap semester para siswa/i akan diberikan pelatihan mengenai beberapa bidang keahlian TIK, seperti: Dasar Komputer, Video Editing, Teknik Komputer, Website, Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis, dan Jaringan Komputer.

Jadi ketika lulus, para siswa/i akan memiliki 2 (dua) ijazah langsung yaitu Ijazah Sekolah dan Ijazah Setara D1 TIK. Menariknya lagi nanti mereka akan diberikan kesempatan untuk magang kerja di beberapa perusahaan mitra dari YALE Communication.

Menjadi Mitra Edukasi PT Zahir Internasional

Selain bekerjasama dengan YALE Communication, baru-baru ini SMA Kapuas Pontianak juga telah menandatangani MoU kerjasama dengan PT Zahir Internasional sebagai satu-satunya sekolah di Kalimantan Barat yang berstatus Zahir Academic Partner.

Dengan menjadi mitra resmi edukasi dari PT Zahir Internasional, maka sekolah berbasis TIK dan kewirausahaan ini diberi wewenang sebagai tempat pelaksanaan pelatihan untuk program Komputer Akuntansi menggunakan program akuntansi Zahir Accounting dan Zahir Online.

Tempat Pelatihan Komputer Akuntansi Bersertifikat
Image: Dok. Pribadi

Pelatihan Komputer Akuntansi di Pontianak ini bersertifikasi sehingga para peserta pelatihan dijamin memiliki keterampilan dalam dunia kerja khususnya menggunakan software akuntansi. Nantinya para siswa/i akan diberikan pelatihan dan akan mendapatkan sertifikat.

Kesimpulan

SMA Kapuas Pontianak merupakan satu-satunya sekolah swasta di kota Pontianak yang berbasis TIK dan kewirausahaan. Dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang berjiwa muda dan visioner membuat sekolah yang didirikan oleh Gusti Syamsumin ini menjadi sekolah yang dulu pernah jaya di masanya.

Membuka diri atas segala perubahan, konsep ini coba diterapkan pada masa kepemimpinan Bang Sukardi. Alhamdulillah beberapa pihak seperti YALE Communication dan PT Zahir Internasional menyambut positif keinginannya tersebut.

Memiliki keterampilan dibidang softskills di era serba digitalisasi saat ini akan dapat menjadi satu nilai plus yang harus dimiliki oleh para lulusan sekolah menengah atas baik itu statusnya negeri, swasta, atau kejuruan. Alhamdulillah SMA Kapuas Pontianak telah mewujudkannya.

Insya Allah dengan terjalinnya kerjasama dengan beberapa pihak, maka para lulusan SMA Kapuas Pontianak nantinya akan mendapatkan keterampilan khusus dibidang TIK dan kewirausahaan. Jika SMK Bisa, SMA Kapuas Pontianak juga harus bisa.

Info Pendaftaran

Bagi para orang tua yang anaknya tidak lolos masuk sekolah negeri dikarenakan sistem zonasi atau nilai tidak mencukupi, dapat membaca poster PPDB SMA Kapuas Pontianak Tahun Ajaran 2022-2023 diatas.

Alamat Lengkap: Jl. Tabrani Ahmad Komplek Graha Bumi Khatulistiwa

Website: www.smakapuaspontianak.sch.id

Facebook: SMA Kapuas Pontianak

Email: smakapuaspontianak[a]gmail.com

Sumber Inside Pontianak Borneo News Wikipedia Indonesia

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More