Software Cloud ERP Indonesia SystemEver Masuk Top 10 di Asia Tenggara

Software Cloud ERP Indonesia – Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemilik perusahaan sangat membutuhkan sebuah perangkat yang mampu mendukung kinerja operasional mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

Banyak diantara para pemilik perusahaan mengalami kegagalan menjalankan bisnisnya ketika usahanya mulai beranjak besar. Hal ini umumnya dikarenakan kondisi mereka tidak siap pada saat operasional perusahaannya berputar semakin cepat dan kompleks.

Memulai bisnis tidak semudah mengelolanya, oleh karena itu proses perkembangan usaha harus dibarengi dengan penyempurnaan manajemen internal tanpa juga lupa harus mempertimbangkan faktor eksternal. Dan disinilah fungsi software cloud ERP Indonesia berperan besar.

Enterprise Resource Planning

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, sebuah konsep perencanaan yang memadukan semua sumber daya dalam sebuah perusahaan. ERP banyak digunakan oleh perusahaan jasa, dagang, atau manufaktur yang dalam operasionalnya banyak membutuhkan resource lebih besar dan kompleks.

Memang jika dilihat sekilas, fungsi ERP hampir sama dengan fungsi aplikasi akuntansi komputerisasi yang banyak ditawarkan oleh vendor-vendor besar di Indonesia. Akan tetapi, jika diperhatikan secara seksama ternyata sistem dan mekanismenya tidaklah sama.

ERP dalam penerapannya merangkum semua proses dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi. Alur proses ini tidak ada di dalam aplikasi akuntansi. Justru akuntansi dan keuangan masuk dalam bagian dari sistem ERP secara keseluruhan.

Arsitektur ERP

Arsitektur ERP
Image: www.es.slideshare.net/RahulHande/erp-ipmlemetation-life-cycle

Pada tampilan diatas dapat dilihat bagaimana alur mekanisme yang berjalan dalam sistem ERP di sebuah perusahaan. Cukup kompleks bukan???

ERP merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dan mempunyai tujuan untuk merangkum semua proses bisnis. Disini poin pentingnya adalah bagaimana bisa membentuk kolaborasi antar lini secara efisien dan efektif.

Hal utama yang ada pada ERP adalah ASPEK PERENCANAAN yang terintegrasi dalam sebuah perusahaan dengan tujuan merencanakan, mengelola sumber daya, mengatur perputaran keuangan, menjaga mata rantai suplai, melakukan evaluasi, hingga merespon kebutuhan pelanggan. 

Sistem ERP

Sebenarnya konsep ERP sudah ada sejak tahun 1960-an dimana pada saat itu baru dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mulai merasa kesulitan untuk melakukan pengelolaan terhadap data bisnis miliknya.

Pada masa itu, penerapan ERP masih belum sekompleks sekarang. Sistem ERP baru mulai dikenal 30 tahun kemudian oleh sebuah perusahaan bernama Gartner Group. Di tahun inilah sistem ERP telah mengalami penyempurnaan.

Perkembangan Sistem ERP
Image: Image: www.es.slideshare.net/RahulHande/erp-ipmlemetation-life-cycle

Oleh Gartner Group, sistem ERP yang ada dikembangkan sehingga memiliki lebih banyak fungsi di luar manajemen inventaris dan proses operasional lainnya seperti fungsi keuangan, permesinan, sumber daya manusia, dan manajemen proyek.

Seiring perkembangan zaman, teknologi ERP diklaim mampu memecahkan berbagai permasalahan operasional terkait perusahaan. Hal ini memberi efek positif bahwa perusahaan mampu mengantongi jumlah keuntungan lebih besar. ERP juga sekarang sudah mulai populer di kalangan pemilik UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Software ERP

Bicara sistem tentu saja kita bicara software cloud ERP Indonesia atau aplikasi. Konsep ERP ini dapat berjalan baik dengan adanya media penunjang seperti software. Software Sistem ERP adalah konsep ERP yang diterapkan dan dibuatkan dalam sebuah aplikasi.

Sistem ini dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat sehingga keputusan bisnis dapat diambil dengan tepat berdasar data yang dihasilkan. Secara umum software ERP bisa menjalankan hampir seluruh pekerjaan operasional perusahaan yang dijalankan otomatis dan saling terhubung.

Modul ERP
Image: Google.Com

Secara modular, software ERP biasanya terbagi atas modul utama yakni Operasi serta modul pendukung yakni Finansial dan akuntasi serta Sumber Daya Manusia.

Modul Operasi

Logistik Persediaan Umum, Penjualan dan Distribusi, Manajemen Bahan Material, Logistik Produksi, Manajemen Perencanaan, Manajemen Kualitas, Layanan Pelanggan, Perencanaan dan Pengawasan Produksi, Sistem Proyek, dan Manajemen Lingkungan.

Modul Finansial dan Akuntansi

Akuntansi, Keuangan, Pengawasan Internal, Manajemen Investasi, Modal Usaha, dan Pengawasan Menyeluruh.

Modul Sumber Daya Manusia

Manajemen Personal, Manajemen Waktu Kerja, Penggajian, Pelatihan dan Manajemen Kegiatan, Manajemen Organisasi, dan Manajemen Perjalanan Dinas.

Karakteristik Software ERP

Sebuah software ERP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • Terdiri atas beberapa modul yang saling terintegrasi satu sama lain;
  • Menggunakan sistem database terpusat;
  • Bisa diakses oleh semua pengguna sesuai hak dan kewenangannya;
  • Menyajikan data secara real-time dan online;
  • Bisa dilakukan modifikasi sistem menyesuaikan kebutuhan penggunanya;
  • Mencakup keseluruhan proses operasional perusahaan dari awal perencanaan hingga akhir evaluasi.

Data-data yang dihasilkan software sistem ERP berasal dari semua divisi dan menjadi satu sehingga bisa dengan mudah dikelola untuk mengambil keputusan dan kebijakan perusahaan.

Manfaat Software ERP

Memang jika diperhatikan, untuk membangun sebuah Software ERP membutuhkan dana investasi yang tidak sedikit. Akan tetapi tentu saja ada beberapa pertimbangan terkait dengan manfaat dan keuntungan dari penerapan sistem ERP ini di perusahaan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan software ERP di perusahaan Anda, antara lain:

1. Terintegrasi Menyeluruh

Implementasi software sistem ERP akan memberikan kemudahan interaksi antar divisi di perusahaan Anda karena terintegrasi secara menyeluruh dan menggunakan database penyimpanan terpusat.

2. Efisien dan Efektif

Software ERP memberikan kemudahan operasional karena berbagai jenis pekerjaan sudah dilakukan secara otomatis. Mekanisme dibuat lebih sederhana sehingga akan banyak memangkas waktu dan tenaga jika dikerjakan secara konvensional (manual).

3. Hemat Biaya Operasional

Bagi pemilik perusahaan, penghematan biaya operasional tentu saja menjadi satu hal yang menyenangkan hati. Oleh karena itu penggunaan software ERP bisa menjadi pertimbangan khusus.

4. Data Lebih Aman

Data yang tersimpan dalam software ERP bersifat terpusat sehingga titik akses bisa dimonitor dengan keamanan yang terjaga. Admin yang bertugas mengelola data bisa memberi akses terbatas kepada karyawan tertentu saja sesuai hak dan kewenangannya.

Semua penggunaan sistem ERP akan terpantau secara real-time dan terekam dengan baik dalam bentuk log sehingga admin dapat mengidentifikasi tindakan yang tidak sesuai atau mencurigakan dalam sistem.

5. Cepat Menentukan Kebijakan

Sistem ERP memungkinkan para pemilik perusahaan untuk langsung menentukan kebijakan karena laporan yang dihasilkan bersifat real-time, konsisten, lengkap, dan akurat.  Laporan dalam sistem ERP bisa menjadi solusi karena menggunakan analitik canggih dan filter yang bisa menyaring ketidakkonsistenan pada data.

Tips Memilih Software ERP

Sebelum memutuskan untuk menggunakan software cloud ERP Indonesia, pemilik perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa investasi membuat sistem ini tidak sedikit, maka harus berfungsi tepat guna dan sesuai sasaran.

Berikut ini tips memilih software ERP, antara lain:

1. Profil Developer Sistem

Ada beberapa perusahaan developer sistem ERP yang menyediakan jasa desain dan pembuatan software ERP maupun software cloud ERP Indonesia. Cari info selengkap-lengkapnya mengenai profil masing-masing developer, bisa dilihat dari laman website resmi perusahaan mereka.

Cari referensi terkait developer sistem ERP tersebut, testimoni, dan layanan yang ditawarkan. Hubungi langsung bagian marketing atau divisi pemasaran untuk memastikan perusahaan tersebut profesional dan layak dijadikan mitra.

2. Menyesuaikan Kebutuhan

Setiap pemilik perusahaan tentu memiliki maksud dan tujuan masing-masing ketika akan menerapkan software sistem ERP di dalam lingkungan operasionalnya. Oleh karena itu hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiskusi dengan pihak developer sistem untuk menyampaikan modul-modul yang dibutuhkan.

Beda modul beda harga, semakin lengkap modul yang diinginkan tentu saja akan berpengaruh terhadap nilai investasi yang harus dikeluarkan. Semakin mudah sebuah sistem dibuat maka akan semakin kompleks juga sistem tersebut dikerjakan. So, tentukan pilihan terbaik bagi perusahaan Anda.

Siklus Implementasi Sistem ERP
Image: www.learn.g2.com/erp-implementation

3. Kemudahan Integrasi

Dalam proses perjalanan bisnis, akan sangat mungkin terjadi perubahan seiring dengan perkembangan usaha yang dijalankan. Tanyakan bagaimana proses integrasi awalnya dan apakah akan mendapatkan pendampingan secara penuh.

Salah satu kelebihan sistem ERP adalah fleksibel, oleh karena itu pastikan pihak developer memberikan jaminan layanan purna jual dimana ketika perusahaan membutuhkan penyesuaian sistem maka mereka akan mengerjakannya.

4. Proses Implementasi

Lamanya implementasi sistem ERP bergantung pada berapa banyak penyesuaian yang perlu dilakukan. Semakin banyak penyesuaian, maka semakin lama prosesnya. Karena itu perlu dipertimbangkan sistem ERP apa yang bermanfaat bagi perusahaan apakah ERP berbasis cloud atau konvensional.

Software Cloud ERP Indonesia

Diantara beberapa software ERP terbaik di Indonesia, SystemEver dapat menjadi salah satu pilihan. SystemEver adalah sistem aplikasi ERP yang dikhususkan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

SystemEver adalah produk software buatan ERPYounglimwon Softlab Co., Ltd dari Korea Selatan. Sistem aplikasi ERP ini mencakup semua fitur mulai dari aplikasi persediaan barang/inventori, aplikasi penjualan, program akuntansi, hingga sistem manajemen.

Selama kurang lebih 27 tahun, YoungLimWon telah berpengalaman dalam sistem ERP. Pada tahun 2014, YoungLimWon melakukan ekspansi sistem ERP dengan melakukan pengembangan dari yang sebelumnya berbasis konvensional menjadi Cloud ERP.

Untuk saat ini, perusahaan developer software ERP terbaik di Asia Tenggara ini telah memiliki cabang di Jepang, Vietnam dan Indonesia. Ribuan pelanggan yang bergerak dibidang Perdagangan dan Distribusi, Manufaktur dan Industri Layanan telah menggunakan software sistem ERP SystemEver.

Jenis Produk

Sistem kami dirancang sebagai sistem cloud ERP yang mudah digunakan dan disesuaikan serta dikemas dengan inovatif. Dalam paket software ERP murah yang ditawarkan, YoungLimWon menyediakan dua jenis produk berdasarkan Fitur dan Versi.

Produk Berdasarkan Fitur

Fitur yang ditawarkan adalah SystemEver Consultant-K dan SystemEver Visual-K. Fitur SystemEver Consultant-K akan memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan proses implementasi sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga.

SystemEver Consultan K
Image: SystemEver.Co.Id

Sedangkan fitur SystemEver Visual-K memberikan kemudahan dari sisi visual. Tampilan menu visual tidak lagi menggunakan sistem menu pull-down, lebih memudahkan pengguna dalam proses bekerja.

SystemEver Visual K
Image: SystemEver.Co.Id
Produk Berdasarkan Versi

Khusus untuk pengguna di Indonesia, YoungLimWon mengeluarkan aplikasi ERP terbaik versi khusus yaitu iSeries. Ada lima jenis versi dibuat berdasarkan kategori perusahaan, antara lain:

Versi i1 Series

SystemEver i1 Series adalah sistem dasar manajemen akuntansi. Cocok digunakan oleh perusahaan yang baru berjalan. Sistem ERP ini bersifat dasar dan masih bisa dikembangkan sesuai pertumbuhan perusahaan nantinya.

Versi Software Cloud ERP Indonesia SystemEver
Image: www.a-pradana.net

Versi i2 Series

SystemEver i2 Series adalah sistem manajemen akuntansi dan penggajian karyawan (payroll), cocok digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan sistem terintegrasi antara sistem keuangan dan gaji karyawan (langsung terkoneksi dengan absensi karyawan).

Versi i3 Series

SystemEver i5 Series adalah sistem yang terintegrasi antara pembelian, penjualan, dan persediaan (stok) sehingga perusahaan dapat memonitor sistem penjualan dan memberikan pembatasan kepada masing-masing pengguna sesuai kewenangan divisinya.

Versi i5 Series

Aplikasi ERP Perusahaan Dagang dan Distribusi
Image: SystemEver.Co.Id

SystemEver i5 Series adalah software cloud ERP Indonesia yang terintegrasi antara pembelian penjualan dan sistem akuntansi keuangan. Dengan sistem ERP terbaik ini, perusahaan dapat memonitor sistem penjualan dan menjaga data kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi /level manajerial.

Melalui pencatatan akuntansi otomatis, maka seluruh kegiatan terkait keuntungan (profit) dapat terintegrasi dengan sistem akuntansi, sumber daya manusia/HR (human resource), persediaan (supply), chain management, sistem penggajian, dan sistem penjualan.

Versi i7 Series

Aplikasi ERP Perusahaan Manufaktur dan Industri
Image: SystemEver.Co.Id

SystemEver i7 adalah software cloud ERP Indonesia yang terintegrasi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan manajemen pabrik. Penerapan sistem ERP sangat penting bagi manajemen pabrik untuk efisiensi dan efektivitas aktivitas usaha serta dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Versi lengkap dari versi ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan skala UKM.

Bagi para pemilik perusahaan yang ingin mendapatkan info lengkap mengenai Software Cloud ERP Indonesia SystemEver dapat langsung menghubungi:

Alamat Kantor:

Gandaria Office 8 Tower – 8th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240.

Website: https://systemever.co.id

Email: info[a]systemever.com

Telepon: 021-2985-1628

Referensi:

  • https://systemever.co.id/
  • https://learn.g2.com/erp-implementation
  • https://es.slideshare.net/RahulHande/erp-ipmlemetation-life-cycle
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More