Stop Panik Saat Kelistrikan Kapal Mati di Tengah Laut

Generator listrik memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tetapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki kesibukan aktivitas laut yang tak kalah dengan negara lainnya. Lautan yang terbentang dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia tentunya mampu memberikan hasil laut yang cukup melimpah bagi penduduk Indonesia, seperti tersedianya berbagai varian jenis ikan, terumbu karang, rumput laut, berbagai jenis tanaman laut lainnya, hingga sumber garam yang terbilang cukup banyak. Beragamnya sumber daya laut di Indonesia didukung pula oleh musimnya yang terbilang tropis.

Penduduk Indonesia, khususnya para nelayan memiliki beragam cara dalam mengambil hasil laut. Beberapa nelayan ada yang pergi ke tengah laut pada malam hari guna memancing ikan-ikan berukuran besar. Sedangkan beberapa nelayan lainnya lebih memilih memasang jaring dan meninggalkannya hingga jaring tersebut mendapatkan cukup banyak ikan untuk dipanen.

Selain untuk memenuhi kebutuhan mencari hasil laut untuk kemudian dijual di pasar, laut Indonesia juga dijadikan sebagai sarana pengiriman barang-barang berukuran besar menggunakan kapal kargo. Lalu lintas kapal di laut Indonesia tak hanya diramaikan oleh produsen dalam negeri, namun juga oleh produsen dari luar negeri.

Hal ini dikarenakan laut merupakan salah satu sarana pemindahan ataupun pengiriman barang yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan jalur udara. Makanya, dalam melakukan pemindahan ataupun pengiriman barang ekspor maupun impor, produsen lebih memilih jalur laut, meski waktu tempuhnya lebih lama jika dibandingkan menggunakan jalur udara.

Mengingat lamanya waktu tempuh pengiriman melalui jalur laut, ada baiknya setiap kapal menyediakan genset tambahan guna mendukung operasi mesin kapal, sebagai upaya antisipasi jika tiba-tiba sumber listrik yang telah tersedia di kapal mengalami gangguan di tengah laut. Tambahan generator kelistrikan dapat dipilih sesuai dengan kapasitas pembangkit dan kebutuhan listrik pada kapal. Pilihan besaran KVA genset lebih lengkapnya bisa dicek di http://sewatama.com/id/

Genset memang bukan lagi hal asing bagi pengguna jalur laut. Para nelayan pun, meski menggunakan kapal-kapal berukuran kecil, pastinya telah lama akrab dengan generator penyedia daya listrik ini. Untuk mengetahui genset terbaik bagi kebutuhan yang sesuai dengan kapal Anda, segera hubungi Sewatama yang merupakan salah satu penyedia genset terlengkap dan terpercaya.

Komentar
Proses...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More