Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Tahun 2015, Era Kemunculan Blogger Muda Indonesia

Tahun 2015 tiba, tidak terasa sudah hampir 6 tahun Blogger Borneo menapaki tapak demi tapak perjalanan menjadi seorang blogger profesional. Merasa bosan? Mungkin. Merasa bahagia? Tentu saja. Sepertinya kedua rasa ini selalu akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang Blogger Borneo. Tidak perlu mengambil contoh terlalu jauh, untuk saat ini saja sebenarnya Blogger Borneo sedang berada pada titik bosan dimana jika diperhatikan sejak awal tahun baru hingga sekarang belum ada satupun tulisan terpublish. Ya mungkin karena sedang sibuk mempersiapkan unit-unit usaha di awal tahun 2015, pusat konsentrasi sedang terpusat kesana. Semoga di malam hari yang mendung ini Blogger Borneo mampu untuk menyelesaikan tantangan menulis 3 (tiga) postingan per pekan. 🙂

Pada kesempatan pertama ini Blogger Borneo mendapat tantangan untuk membuat tulisan dengan tema “Trend Blogger Indonesia Tahun 2015”. Jujur saja, sejak pekan pertama tantangan Liga Blogger Indonesia dimulai pada tanggal 5 Januari lalu, Blogger Borneo baru memiliki keinginan untuk menulis ketika deadline tinggal menyisakan waktu 1 jam lagi. Sekarang sudah memasuki menit ke 23, berarti masih ada 37 menit tersisa bagi Blogger Borneo untuk memenuhi tantangan yang diberikan. So, kita lihat saja apakah Blogger Borneo mampu menyelesaikan tantangan ini ya.

Blogging Writer Challenge 2015
Sumber: www.ct-social.com

Jika Blogger Borneo perhatikan, di tahun 2015 ini merupakan era kemunculan para blogger-blogger muda Indonesia. Tren positif ini sebenarnya sudah bisa dilihat sejak pertengahan tahun 2014 lalu. Khusus di Kalimantan Barat sendiri, beberapa nama mulai tampak menghiasi dunia perbloggeran Indonesia. Ya bisa dibilang kondisi sekarang sangat berbeda dengan kondisi lima tahun lalu. Jika dulu dunia perbloggeran Indonesia cukup semarak dengan acara-acara besar yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas online besar, sekarang kondisinya tidak demikian. Tampak sepi dan mulai lengang… 🙂

Akan tetapi apakah dengan adanya fenomena ini akan berimbas terhadap kondisi perbloggeran Indonesia? Ternyata dari pengamatan Blogger Borneo fenomena ini tidak terlalu berimbas, buktinya sejak pertengahan tahun 2014 hingga detik ini terus bermunculan blogger-blogger muda yang terus memperlihatkan eksistensinya. Mungkin akan lebih tepat diperumpamakan di tahun 2015 ini merupakan era regenerasi kemunculan para blogger muda Indonesia. Kondisinya hampir sama ketika 5 tahun lalu Blogger Borneo juga baru mulai belajar ngeblog, hanya bermodalkan semangat tanpa henti hingga akhirnya nama Blogger Borneo sudah cukup dikenal untuk saat ini.

Sekarang Blogger Borneo hanya berharap bahwa kondisinya tidak berubah, semangat yang dirasa 5 tahun lalu tetap sama dengan semangat di awal tahun ini. Semoga dengan kemunculan para blogger muda Indonesia akan semakin menambah semarak dunia perbloggeran di Indonesia. Ternyata sampai detik ini, blogger is not dead. Tetap semangat yach… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. ihsan mufthi says

    iya mas blogger semakin menjamur tapi mudah-mudahan diikuti dengan makin tersedianya konten-kontent positive 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.