Kunjungan Pertama ke Terminal Bus Antar Negara Pontianak Awal Tahun 2023

Image: Dok. Pribadi

Terminal Antar Lintas Batas Negara atau lebih dikenal dengan istilah ALBN merupakan terminal tipe A di Kalimantan Barat yang dinaungi oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat.

Selama kurang lebih dua tahun kondisi Pandemi Covid-19 telah membuat Pemerintah menutup seluruh border ke luar negeri. Penutupan border yang dilakukan sejak 2020 ini tentu saja memberi dampak buruk terhadap ekonomi masyarakat.

Terminal Bus Antar Negara Pontianak

Sejak Malaysia menetapkan status lock down di pertengahan Maret 2020 lalu, otomatis semua jalur transportasi barang maupun orang ditutup total. Penutupan border ini membuat bus Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang berangkat dari Terminal Antar Negara Sei Ambawang, Pontianak lumpuh total.

Terminal Bus Antar Negara Pontianak di Sei Ambawang merupakan terminal tipe A di Kalimantan Barat yang dinaungi oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIV Provinsi Kalimantan yang melayani keberangkatan bus ALBN, Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Baca Juga:   5 Penginapan Murah di Jakarta Harga Dibawah 200 Ribu Per Malam

Terminal Kembali Dibuka

Alhamdulillah sejak pertengahan tahun 2o22, masyarakat bisa kembali melakukan perjalanan dengan rute trayek Pontianak ke Kuching PP (Pulang Pergi) menggunakan bis ALBN. Atas dukungan semua pihak termasuk Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching, border bisa kembali dibuka.

Diharapkan dengan dibukanya kembali border ini dapat mendorong dan melakukan upaya perbaikan kondisi ekonomi masyarakat terutama yang tinggal di sekitar kawasan perbatasan. Tentu saja pembukaan kembali border mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat.

Jika dilihat sampai saat ini sudah berapa banyak masyarakat dari Kalimantan Barat (Indonesia) maupun Kuching Sarawak (Malaysia) yang telah melintasi perbatasan Entikong-Tebedu, Aruk-Biawak, dan Badau-Lubuk Antu baik menggunakan bis antar negara maupun kendaraan pribadi.

Semua Urusan Jadi Mudah

Pembukaan border tidak hanya ditunggu oleh pengusaha dalam urusan bisnis, tetapi juga untuk urusan berobat, wisata maupun lintas WNI yang berkerja di Malaysia. Menurut salah seorang yang dulu pernah bekerja di Kuching Malaysia, senang rasanya perbatasan sudah kembali dibuka karena dia bisa kembali bekerja disana.

Baca Juga:   ASUS The Edge of Beyond 2017

Sejak dioperasikan kembali, saat ini terdapat 3 (tiga) bis antar negara yang melayani keberangkatan penumpang dari Terminal Tipe A Sei Ambawang Pontianak menuju Kuching Central Malaysia maupun sebaliknya, yaitu Bus Damri, Bus Biara Mas, dan Bus EVA Express.

Jadwal Keberangkatan Bus Antar Negara

Adapun jadwal keberangkatan dan harga tiket dari masing-masing PO (Perusahaan Otobus) antar negara tersebut antara lain :

Bus Damri Antar Negara

Bus Antar Negara Biara Mas

  • Rute Pontianak – Kuching IDR 270.000,- (Berangkat Jam 08.00 WIB)
  • Rute Kuching – Pontianak RM 80 (Berangkat Jam 10.00 Waktu Malaysia)

Bus Antar Negara EVA Express

Kelas Ekonomi (44 Penumpang)

  • Rute Pontianak – Kuching IDR 270.000,- (Berangkat Jam 23.00 WIB)
  • Rute Kuching – Pontianak RM 80 (Berangkat Jam 11.00 Waktu Malaysia)

Kelas Super (21 Penumpang)

  • Rute Pontianak – Kuching IDR 350.000,- (Berangkat Jam 23.00 WIB)
  • Rute Kuching – Pontianak RM 100 (Berangkat Jam 11.00 Waktu Malaysia)
Baca Juga:   Sate Manis Antasari Pontianak, Cita Rasanya Terkenal Hingga ke Asia Tenggara

Untuk saat ini sistem keberangkatan bus antar negara dari Pontianak ke Kuching sudah menggunakan system point to point (langsung) dimana sebelumnya harus transit dulu ke entikong, baru nanti dijemput dengan bus terusan ke Kuching.

Waktu Keberangkatan

Keberangkatan bus ALBN dari Pontianak Indonesia menuju Kuching Malaysia untuk saat ini hanya dilakukan 1 kali dalam sehari, yaitu pagi hari atau malam hari, hal ini dilakukan karena adanya waktu pembatasan buka tutup border yang mulai dibuka pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Video Kunjungan

Rekaman video kunjungan ke Terminal Bus Antar Negara Pontianak diatas Blogger Borneo ambil pada pertengahan Februari 2023 dimana pada saat itu sekalian mengantar seorang mitra usaha yang baru saja selesai melakukan kunjungan ke Pontianak.

Terakhir Blogger Borneo menginjakkan kaki di terminal bus antar negara Pontianak ini pada tahun 2019, tidak terasa hampir 3 tahun berlalu. Bagi kawan-kawan yang ingin melakukan perjalanan ke Kuching Sarawak Malaysia menggunakan bis antar negara dapat menghubungi nomor kontak sebagai berikut:

Nomor Kontak Terminal Bus Antar Negara Pontianak Kuching EVA Express:

  • Kantor Pontianak: 0896-9137-5883
  • Kantor Kuching langsung ke counter tiket di Kuching Sentral

Untuk Bis Asia Biara Mas dapat langsung mengunjungi Kantor Pemasaran Tiket nya yang baru saja dibuka dengan alamat lengkap sebagai berikut:

Sumber hubdat.dephub.go.id
Don`t copy text!