Jadwal Bus Damri Pontianak Update Tahun 2023 Beserta Harga Tiketnya

Image: Dok. Pribadi

DAMRI merupakan singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, sebuah perusahaan transportasi yang didirikan oleh pemerintah pada 17 September 1946 di Jakarta, Indonesia.

Awalnya, DAMRI didirikan sebagai jawatan angkutan umum yang bergerak di bidang jasa transportasi penumpang dan barang. DAMRI didirikan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Indonesia pada masa itu yang masih terbatas.

Jadwal Bus Damri Pontianak

Sewaktu didirikan DAMRI hanya memiliki beberapa unit bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang dari Jakarta ke kota-kota lain di Jawa. Seiring berjalannya waktu, DAMRI semakin berkembang dan menjadi perusahaan transportasi yang lebih besar.

DAMRI mulai memperluas jangkauan layanan transportasinya, seperti membuka rute ke luar Jawa dan mengoperasikan bis antarkota. Pada tahun 1971, DAMRI resmi diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan berubah menjadi perusahaan negara.

Sejak saat itu, DAMRI menjadi bagian dari transportasi publik yang penting di Indonesia dan terus beroperasi hingga saat ini dengan menyediakan berbagai jenis layanan transportasi, seperti bus antarkota, shuttle bus, taksi, dan penyewaan mobil.

Layanan Damri Pontianak

Pontianak dikenal sebagai kota yang berada di lokasi strategis karena terhubung langsung dengan perbatasan negara Indonesia – Malaysia melalui jalur darat. Hal ini membuat akses untuk ke negara tetangga seperti Kuching, Sarawak dan Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam menjadi semakin mudah dan murah.

Selain itu, dari Pontianak kita bisa juga melakukan perjalanan melalui jalur darat ke kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Barat sendiri ataupun diluar seperti Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

DAMRI memiliki layanan transportasi yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat. Berikut adalah beberapa layanan DAMRI di Kalimantan Barat:

  1. DAMRI Shuttle Bus Pontianak – Singkawang: DAMRI menyediakan layanan shuttle bus dari Pontianak ke Singkawang dan sebaliknya. Layanan ini beroperasi setiap hari dengan frekuensi yang cukup tinggi.
  2. DAMRI Shuttle Bus Pontianak – Ketapang: DAMRI juga menyediakan layanan shuttle bus dari Pontianak ke Ketapang dan sebaliknya. Layanan ini beroperasi setiap hari dengan jadwal yang teratur.
  3. DAMRI Bus Antarkota: DAMRI menyediakan layanan bus antarkota yang menghubungkan berbagai kota di Kalimantan Barat seperti Pontianak, Singkawang, Ketapang, dan Sambas.
  4. DAMRI Taksi: DAMRI juga menyediakan layanan taksi di Kalimantan Barat yang dapat dipesan melalui aplikasi atau langsung di kantor DAMRI.
Baca Juga:   Sarang Semut, Terapi Pengobatan Alternatif bagi 5 Penyakit Kronis Ini

Selain itu, DAMRI juga menyediakan layanan penyewaan mobil dengan sopir untuk keperluan pribadi atau bisnis di Kalimantan Barat. Untuk saat ini Bus Damri Pontianak melayani Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Dari titik keberangkatan di Pontianak, DAMRI memiliki angkutan dengan beberapa kota Kabupaten tujuan dan rute Antar Lintas Batas Negara (ALBN) dengan tujuan Kuching di Malaysia dan Bandar Seri Begawan di Brunai.

Blogger Borneo sendiri sudah pernah merasakan pengalaman mengikuti jadwal bus damri Pontianak ke Kuching, Sarawak beberapa tahun lalu. Pada saat itu rencananya akan terbang menuju Kuala Lumpur, Malaysia via Bandar Udara Internasional Kuching.

Jadwal Bus DAMRI Pontianak

Rute Perjalanan Damri Pontianak

Berikut adalah beberapa rute perjalanan Bus DAMRI di Pontianak, Kalimantan Barat:

  1. Pontianak – Sintang: Rute ini menghubungkan kota Pontianak dengan Sintang, ibu kota dari Kabupaten Sintang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 9 jam dan berjarak sekitar 337 km.
  2. Pontianak – Ketapang: Rute ini menghubungkan kota Pontianak dengan Ketapang, sebuah kota kecil yang terletak di pesisir barat Kalimantan. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 8 jam dan berjarak sekitar 340 km.
  3. Pontianak – Singkawang: Rute ini menghubungkan kota Pontianak dengan Singkawang, sebuah kota kecil yang terletak di barat laut Kalimantan. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam dan berjarak sekitar 140 km.
  4. Pontianak – Sanggau: Rute ini menghubungkan kota Pontianak dengan Sanggau, sebuah kota kecil yang terletak di sebelah timur Kalimantan Barat. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam dan berjarak sekitar 290 km.
  5. Pontianak – Putussibau: Rute ini menghubungkan kota Pontianak dengan Putussibau, ibu kota dari Kabupaten Kapuas Hulu. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 13 jam dan berjarak sekitar 480 km.
Baca Juga:   Kreativitas Tanpa Batas: Bartle Bogle Hegarty BBH bersama Anda dalam perjalanan Anda

Perlu diingat bahwa jadwal dan rute perjalanan sesuai jadwal Bus DAMRI Pontianak dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa informasi terbaru langsung dari DAMRI atau agen penjualan tiket sebelum melakukan perjalanan.

Berikut adalah beberapa harga tiket bis DAMRI Pontianak ke beberapa tujuan:

  1. Pontianak – Ketapang: mulai dari Rp 85.000,-
  2. Pontianak – Sintang: mulai dari Rp 95.000,-
  3. Pontianak – Putussibau: mulai dari Rp 190.000,-
  4. Pontianak – Sanggau: mulai dari Rp 105.000,-
  5. Pontianak – Singkawang: mulai dari Rp 45.000,-

Sedangkan untuk titik keberangkatan dari Pontianak nya sendiri bisa melalui 3 (tiga) titik, yaitu Bandara Udara Internasional Supadio Kubu Raya, Loket Dalam Kota, dan Terminal Bus Antar Negara (ALBN).

Jadwal Bus Damri Rute Pontianak Kuching

Alhamdulillah setelah kurang lebih 2 (dua) tahun negara Malaysia memberlakukan lockdown dikarenakan pandemi, maka per 1 April 2022 status border (perbatasan) Malaysia-Indonesia kembali dibuka.

Dan khusus untuk keberangkatan mengikuti jadwal bus Damri Pontianak (Indonesia) ke Kuching (Malaysia), Insya Allah akan kembali beroperasional pada pertengahan Juli 2022.

Alhamdulillah jadwal bus Damri Pontianak untuk ke Kuching sudah dibuka, bisa dari Pontianak ke Kuching melalui PLBN Entikong Sanggau atau Singkawang ke Kuching melalui PLBN Aruk Sambas.

Untuk update mengenai harga tiket untuk jadwal bus DAMRI Pontianak beserta jam keberangkatan bisa dilihat dibawah ini:

Titik Keberangkatan Jam Waktu Kelas Layanan Jumlah Kursi Harga Tiket
Jadwal Bus Damri Pontianak dari Terminal ALBN 06.00 AM Indonesia Executive Class AC 34  Rp    250.000
06.00 AM Indonesia Royal Class AC 23  Rp    280.000
06.00 AM Indonesia Executive Class AC 34  Rp    250.000
06.00 AM Indonesia Royal Class AC 23  Rp    280.000
06.00 AM Indonesia Executive Class AC 34  Rp    250.000
Jadwal Bus Damri Pontianak dari Terminal Kuching Sentral 08.00 AM Sarawak, Malaysia Executive Class AC 34  RM             70
08.00 AM Sarawak, Malaysia Royal Class AC 23  RM             80
10.00 AM Sarawak, Malaysia Executive Class AC 34  RM             70
10.00 AM Sarawak, Malaysia Royal Class AC 23  RM             80
Baca Juga:   ASUS Zenfone Selfie, Smartphone Sempurna bagi Penggemar Selfie

Jadwal Bus Damri Rute Singkawang Kuching

Mulai per 1 Desember 2023, Damri membuka rute baru dari Singkawang ke Kuching. Jadwal perjalanan berangkat jam 6 pagi setiap harinya dengan biaya karcis Rp. 300.000,- per penumpang. Damri memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke negeri jiran.

Kuching merupakan salah satu kota yang berada di Sarawak, sangat terkenal dengan Patung Kucing nya yang berdiri tidak jauh dari kawasan Water Front Kuching. Untuk dapat mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Singkawang.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan sudah memiliki paspor Indonesia. Jika belum punya, bisa langsung mengurusnya di Kantor Imigrasi Pontianak. Blogger Borneo ada membuat satu tulisan mengenai cara membuat paspor. Sekarang sudah ada aplikasi M-Paspor, proses bisa lebih cepat.

Jadwal Bus Damri Rute Pontianak Bandara

Ada 3 (tiga) tujuan pengantaran langsung dari Bandara Supadio, antara lain: Bandara Supadio – Kota Singkawang, Bandara Supadio – Kota Baru, dan Bandara Supadio – Pontianak.

Untuk jadwal bus Damri Pontianak tujuan Kota Baru akan diturunkan di Rumah Adat Melayu Pontianak sedangkan tujuan Pontianak akan diturunkan di Loket Damri Jalan Pahlawan Pontianak.

Rute dari Bandara Supadio Harga Tiket
Bandara Supadio – Singkawang          90.000
Bandara Supadio – Kota Baru          35.000
Bandara Supadio – Pontianak          35.000

Keberangkatan Antar Kota

Jl. Pahlawan No.226, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Keberangkatan Antar Negara

Jl. Trans Kalimantan Terminal Bus Antar Negara (ALBN) Damri

Sumber Kata Omed
Don`t copy text!