Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Test Drive Datsun GO Panca, Varian Terbaru LCGC Nissan

Setelah sekian lama berkutat dengan tulisan-tulisan review mengenai website-website marketplace maupun produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal maupun nasional, kali ini Blogger Borneo mencoba untuk memberanikan diri melakukan review terhadap produk otomotif keluaran baru yang ada di Kota Pontianak.

Sebenarnya ide untuk membuat review produk otomotif ini muncul secara spontan ketika Blogger Borneo hampir setiap hari melintasi showroom mobil Nissan yang terletak di Jalan Soekarno Hatta ini. Di beberapa kesempatan, Blogger Borneo melihat ada beberapa jenis model mobil bertuliskan test drive tampak berjejer rapi di halaman parkir showroomnya. Entah kenapa setiap melihat mobil-mobil test drive tersebut, insting untuk membuat review langsung muncul begitu saja.

Blogger Borneo Test Drive Datsun GO Panca T-Active

Ya maklum saja, selain karena ingin mendapatkan pengalaman berbeda dari biasanya, Blogger Borneo juga merasa sepertinya belum banyak blogger di Indonesia melakukannya. Oleh karena itu, setelah beberapa kali berpikir akhirnya Blogger Borneo memberanikan diri untuk melakukan test drive dengan datang ke showroom Nissan Pontianak tersebut. Begitu sampai di lokasi, Blogger Borneo langsung dipertemukan dengan salah seorang marketing bernama Thomas Tan.

Sebelum melakukan test drive, Blogger Borneo diberi penjelasan singkat mengenai model mobil yang akan dikendarai. Diantara sekian banyak model mobil test drive yang disediakan, Blogger Borneo sengaja memilih Datsun GO Panca T-Active. Mau tahu kenapa Blogger Borneo memilih model mobil yang namanya masih terdengar asing ini? Silahkan terus membaca tulisan ini yach… 🙂

Test Drive Datsun GO Panca - Rumah Radakng

DATSUN, PIONEER INDUSTRI OTOMOTIF JEPANG

Setelah melakukan pemanasan mesin, Blogger Borneo bersama Bang Thomas Tan secara perlahan mulai bergerak meninggalkan halaman showroom Nissan Pontianak tersebut. Di sepanjang perjalanan, Blogger Borneo mendapat penjelasan bahwa sebenarnya Datsun adalah merek mobil pertama yang diproduksi di Jepang oleh sebuah perusahaan bernama DAT Motorcar Co. pada tahun 1931. Hanya saja pada saat itu nama yang digunakan adalah “Datson”.

BACA JUGA: TEST DRIVE NISSAN GRAND LIVINA

Dua tahun kemudian, perusahaan otomotif ini diambil alih oleh Nissan Motor Co. Ltd. Oleh Nissan nama “Datson” kembali diubah menjadi Datsun karena dianggap memiliki makna kurang baik. Sejak diambil alih, secara perlahan nama Datsun mulai dikenal orang. Model mobil sport Fairlady dan Koupe Fairlady merupakan dua model yang cukup dikenal pada saat itu. Sedangkan di Indonesia sendiri, model pick-up Datsun 620 (Datsun 1500) sempat menjadi pilihan utama di masanya.

Test Drive Datsun GO Panca - Masjid Raya Mujahidin

Setelah sempat beberapa lama tidak diproduksi, akhirnya pada tahun 2012 Nissan kembali “menghidupkan” nama Datsun sebagai varian merek mobil murah mereka atau biasa dikenal sebagai mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car). Di Indonesia, ketentuan mengenai LCGC ada diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 dan PERMENPERIN Nomor 33 Tahun 2013.

MESIN KAPASITAS BESAR NAMUN TETAP IRIT

Diantara model-model mobil LCGC lainnya, Datsun GO Panca T-Active memiliki kapasitas mesin paling besar yaitu 1.200 cc. Meski berkapasitas besar, namun model mobil ini tetap efisien dalam pemakaian bahan bakar karena telah mendukung teknologi eco-drive.

Dari hasil ujicoba langsung di lapangan, untuk pemakaian normal dalam kota diperoleh angka perbandingan rata-rata 1:15, sedangkan pada pemakaian luar kota dengan rute Pontianak – Singkawang diperoleh hasil perbandingan dua kali lipatnya yaitu 1:30.

Test Drive Datsun GO Panca - Istana Kadriyah

Selama mengendarai Datsun GO Panca T-Active, Blogger Borneo tidak merasakan perbedaan yang cukup berarti jika dibandingkan dengan mobil merek-merek Jepang lainnya. Kebetulan beberapa bulan lalu Blogger Borneo pernah menjalankan usaha Rental Mobil Pontianak jadi sedikit banyak tahu rasa mengendarai mobil Jepang itu seperti apa.

SPESIFIKASI TEKNIS LAINNYA

Selain memiliki keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata Datsun GO Panca T-Active masih memiliki beberapa kelebihan spesifikasi lainnya. Berikut penjelasannya:

AKSELERATOR PEDAL ELEKTRONIK

Datsun GO Panca T-Active menggunakan sistem elektronik pada akselerator pedalnya sehingga responnya terasa lebih mulus, beda jika menggunakan kabel. Selain itu penggunaan akselerator elekronik ini membuat perawatan lebih mudah dan emisi yang dihasilkan lebih rendah.

Test Drive Datsun GO Panca - Dashboard

SISTEM KEMUDI POWER STEERING SPEED SENSITIVE

Sistem kemudi Datsun GO Panca T-Active dirancang dengan power assist yang dapat menyesuaikan dengan kecepatan Anda. Pada kecepatan rendah, seperti ketika Anda sedang parkir, sistem ini akan membantu Anda sehingga lebih mudah untuk bermanuver di tempat yang sempit. Pada kecepatan tinggi, sistem akan membuat kemudi lebih berat untuk kontrol penuh.

TRANSMISI MANUAL 5 PERCEPATAN

Datsun GO Panca T-Active menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan yang dipasang pada bagian tengah dashboard. Desain tata letak seperti ini sengaja dipasang untuk memberikan ruang ekstra di area kemudi.

REM CAKRAM BERVENTILASI

Untuk membantu Anda berhenti dengan aman, Datsun GO Panca T-Active menggunakan sistem rem cakram berventilasi. Sistem ventilasi ini dipasang untuk mengurangi beban kerja rem pada saat overheating.

Test Drive Datsun GO Panca - Kantor Pusat

RADIUS PUTAR YANG KECIL

Model Datsun GO Panca T-Active dibuat dengan jarak antar roda lebih panjang sehingga memiliki radius putar yang kecil, akan sangat berguna untuk melakukan putar balik di jalan yang sempit

HARGA RESMI PONTIANAK

Karena masuk dalam kategori LCGC maka harga jual Datsun GO Panca T-Active untuk area pemasaran kota Pontianak dan sekitarnya ada dikisaran sekitar Rp. 117.000.000,- (on the road). Sesuai peraturan pemerintah bahwa untuk mobil-mobil dengan kategori LCGC tidak dikenakan pajak sehingga harganya bisa lebih murah.

Secara pribadi Blogger Borneo melihat dan merasakan Datsun GO Panca T-Active memiliki ukuran pas dengan kapasitas penumpang maksimal 5 orang. Untuk bagasi, masih tersedia space di bagian belakang yang bisa dimanfaatkan.

Jika diantara kawan-kawan merasa berminat atau masih merasa kurang puas dengan informasi yang Blogger Borneo tuliskan disini mengenai spesifikasi teknis Datsun GO Panca T-Active bisa langsung menghubungi tim marketing Nissan Pontianak atas nama THOMAS TAN (0852 5205 8945). (DW)

Sumber Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Datsun
  • http://gaptex.com/pengertian-lcgc/
  • https://www.datsun.co.id/mobil/mobil-baru/GO.html

 

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.