BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Bingung Uang BBM Membengkak? Ini 5 Tips Irit BBM Mobil!

Tips irit BBM mobil sudah pasti menjadi keinginan bagi setiap orang. Hal ini sangat penting bagi para pengguna mobil. Mungkin banyak orang yang menyarankan, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan.

Tips Irit BBM Mobil

Faktanya solusi tersebut masih belum efektif dan agak sulit untuk dilakukan. Apalagi jika kita berkaca pada kehidupan serta padatnya aktivitas yang kita lakukan.

Mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan membeli bahan bakar minyak.

Kendati demikian, Anda sebagai pemilik mobil tersebut alangkah lebih baiknya tidak mempunyai gaya berkendara yang sembarangan ataupun berlebihan.

Karena tanpa kita sadari hal tersebut akan berdampak pada penggunaan BBM.

Di samping itu, ternyata faktor jalan raya dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Namun saat ini, terdapat cara mengemudi untuk menghemat bahan bakar minyak.

Tempat sekali yakni Eco Driving diaplikasikan ketika membawa mobil dalam kehidupan sehari-hari. Eco driving merupakan kombinasi teknik mengemudi safety driving dengan psikologi defensive driving.

Pembelian BBM ternyata juga menguras pengeluaran dan hal ini masih jarang kita sadari. Namun, karena hal tersebut merupakan kebutuhan, banyak orang yang rela mengeluarkan uangnya untuk membeli BBM.

Menggunakan kendaraan roda empat juga lebih menguntungkan daripada menggunakan roda dua. Pasalnya, kita bisa berlindung dari teriknya panas dan basahnya air hujan.

Oh iya, untuk segala kebutuhan mobil Anda, bisa Anda percayakan dengan www.otoklix.com. Nah, bagi Anda yang mengalami pemborosan penggunaan bahan bakar, berikut ini beberapa tips iritnya yang bisa Anda coba.

Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Ada baiknya Anda menggunakan bahan bakar yang benar-benar berkualitas. Terkadang performa mesin kendaraan bergantung pada penggunaan bahan bakar.

Oleh sebab itu, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan roda empat Anda. Hal ini bertujuan supaya performa mobil Anda maksimal.

Apabila bahan bakar yang Anda gunakan itu tidak sesuai, akan menyebabkan munculnya gejala ngelitik atau mobil Anda akan mengalami knocking.

Masalah tersebut akan mengakibatkan performa mesin menjadi tidak optimal. Selain itu, bahan bakar juga menjadi tidak efisien.

Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Tips irit BBM mobil selanjutnya adalah memanaskan mesin tidak perlu terlalu lama. Memanaskan mobil atau mesin memang sudah menjadi kebiasaan bagi pengemudi sebelum menggunakan kendaraannya.

Bahkan tidak sedikit pula para pemilik kendaraan menghangatkan mesin mobilnya terlebih dahulu.

Tetapi mereka beranggapan, bahwa mesin yang dipanaskan dalam waktu yang lama adalah hal yang baik. Padahal anggapan tersebut salah. Karena membuat bahan bakar akan terbuang secara percuma.

Era teknologi modern seperti sekarang ini, kita hanya perlu memanaskan kendaraan selama 30 detik sampai 1 menit saja sebelum menggunakannya untuk beraktivitas.

Mengemudi dengan Kecepatan Konstan

Alangkah lebih baik jika Anda mengemudi dalam kecepatan konstan. Jangan melakukan akselerasi serta mengerem secara mendadak. Akselerasi mobil itu bisa berperan dalam penghematan bahan bakar ataupun pemborosan.

Cara ini bisa Anda lakukan ketika sedang melaju di jalan yang bebas hambatan seperti halnya tol. Anda disarankan untuk tidak menggunakan kecepatan lebih dari 80 km.

Tips irit BBM mobil yang harus Anda perhatikan adalah hindari melakukan akselerasi serta pengereman secara mendadak. Alangkah lebih baik, saat Anda akan menambah akselerasi lakukan secara bertahap.

Jaga Kecepatan Putaran Mesin

Anda juga harus menjaga kecepatan putaran mesin. Umumnya, torsi paling efisien pada kisaran putaran 2000 sampai dengan 3000 putaran setiap menit.

Lebih baik Anda menjaga kecepatan mesin pada tanggal tersebut. Jangan sampai terlalu tinggi namun jangan terlalu rendah juga.

Gasolin supply menuju ruang bakar guna meningkatkan saat putaran mesin terlalu tinggi. Jika terlalu rendah, Anda cukup menginjak pedal gas lebih dalam untuk menambahkan kecepatannya. Hal ini tentu saja akan membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

Untuk caranya, Anda bisa melihat pada kecepatan mesin speedometer yang bertuliskan angka 1 sampai dengan 15. Tetapi mobil pada umumnya hanya sampai pada angka 7 ataupun 8. Angka 15 itu biasanya dimiliki oleh mobil sport.

Hindari Jam Padat Lalu Lintas

Anda juga harus menghindari jam padat lalu lintas. Sama seperti penjelasan sebelumnya, hal ini juga menjadi tips irit BBM mobil yang bisa Anda lakukan. Untuk mengatasinya, hindari jam-jam sibuk supaya lalu lintas tetap lancar.

Apabila terpaksa harus berkendara ketika lalu lintas sedang sibuk, manfaatkan aplikasi peta digital guna mengetahui jalur mana yang tidak terlalu padat.

Pada kenyataannya, walaupun mesin mobil Anda itu sudah canggih dan menggunakan teknologi yang modern, berhenti ketika kondisi mesin menyala atau menunggu macet itu akan membuat penggunaan bahan bakar minyak boros.

Semua tips irit BBM mobil tersebut tidak ada artinya apabila Anda tidak melakukan service di bengkel terdekat tentang kesehatan kendaraan roda empat Anda. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More