BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

RTIK Pontianak Bekerjasama dengan Diskominfo Kota Pontianak Selenggarakan TOT ClassPoint

Mengawali bulan Maret 2022, Relawan TIK Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan Training on Trainer (TOT) ClassPoint bertempat di Co Working Space Pontianak Creative Center Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Pontianak.

TOT ClassPoint RTIK Pontianak

Setelah sebelumnya memberikan pengenalan mengenai fitur add-on ClassPoint pada saat pertemuan MGMP guru ekonomi se-kota Pontianak di SMA Swasta Kapuas Pontianak bulan ini, maka di kesempatan ini Blogger Borneo berinsiatif untuk memberikan pelatihan ke para calon trainer ClassPoint Kalimantan Barat.

Alhamdulillah inisiatif Blogger Borneo ini mendapat respon positif dari para pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat khususnya DPC Kota Pontianak. Tanpa butuh waktu lama, hari dan tanggal pelaksanaan kegiatan pun langsung ditentukan.

Awalnya, kegiatan TOT bagi para calon trainer ClassPoint Kalimantan Barat rencananya akan dilaksanakan pada minggu terakhir Februari 2022. Akan tetapi dikarenakan adanya perubahan jadwal, maka tanggal pelaksanaannya digeser menjadi awal Maret 2022.

Sebelumnya secara pribadi Blogger Borneo mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kota Pontianak atas dukungannya selama ini ke Relawan TIK Kota Pontianak dalam bentuk penggunaaan salah satu fasilitas yang dimiliki yaitu ruangan Pontive Center.

Trainer ClassPoint Kalimantan Barat

Meskipun kondisi kota Pontianak untuk saat ini masih PPKM Level 3, kegiatan TOT ClassPoint ini tetap dapat diselenggarakan dengan ketentuan prokes ketat dan pembatasan jumlah peserta yang boleh hadir dalam sekali tatap muka.

Untuk sesi TOT perdana bagi para calon trainer ClassPoint Kalimantan Barat ini, dihadiri oleh sekitar 13 orang peserta yang umumnya merupakan anggota dari Relawan TIK Kota Pontianak sendiri.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan TOT ini adalah untuk mencari siapa saja yang berminat menjadi calon trainer ClassPoint untuk wilayah Kalimantan Barat.

Seperti yang telah dituliskan pada tulisan sebelumnya bahwa nama ClassPoint sama sekali belum familiar di telinga para guru dan tenaga pengajar di Kalimantan Barat, padahal sudah masuk dan diperkenalkan ke Indonesia sejak 2 (dua) tahun lalu.

Melihat kondisi ini, Blogger Borneo mencoba untuk menangkap peluang dengan menjadikan Relawan TIK Kalimantan Barat sebagai “perpanjangan tangan” ClassPoint Indonesia di Kalimantan Barat.

Berbagi Materi dan Informasi

Demi mempermudah komunikasi dan koordinasi antar trainer kedepannya, Blogger Borneo telah meminta izin kepada ClassPoint Indonesia untuk membentuk Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat.

Sesuai namanya, komunitas ini nantinya akan menjadi wadah berbagi materi dan informasi mengenai semua fitur yang ada di add-on PowerPoint ini.

Bicara komunitas tentunya tidak lepas dengan yang namanya sumber daya manusia pendukungnya, oleh karena itu di 3 (tiga) bulan pertama ini Blogger Borneo fokus kepada pembentukan calon-calon trainer ClassPoint Kalimantan Barat.

Dengan upayanya menggandeng beberapa pihak seperti Diskominfo Kota Pontianak, Relawan TIK Kalimantan Barat, dan IGI Kalbar, Insya Allah jalan untuk mengembangkan Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat semakin mudah. Amin…

Peserta TOT ClassPoint RTIK Kota Pontianak
Image: RTIK Kota Pontianak

Daftar Nama Trainer ClassPoint Kalimantan Barat

  1. Edi Suprianto, SE
  2. Suwandy Djapri, B.BIT., M.IT
  3. M. Fariz Alfadhilah Hatta, SE
  4. Ropini Dharmayanti
  5. Very Shafrudin, ST
  6. Andri
  7. Firdaus, S.IP.,M.Sos.
  8. Andana Pratama

Kesimpulan

Foto diatas merupakan para trainer ClassPoint Kalbar yang baru saja menyelesaikan aktivitasnya selama setengah hari mengikuti kegiatan Training On Trainer (TOT).

Sebenarnya cara penggunaan fitur add-on ClassPoint sendiri cukup mudah karena “melekat” dengan aplikasi Microsoft PowerPoint. Ya kita tahu sendiri aplikasi ini paling banyak dan umum digunakan oleh para guru dan tenaga pengajar untuk memberikan pembelajaran.

Karena sebagian besar para peserta yang hadir rata-rata telah memiliki pengalaman memberikan pengajaran dan edukasi kepada para audience, maka proses pelatihan TOT ClassPoint Kalbar ini tidak membutuhkan waktu lama.

Sekarang tinggal bagaimana kedepannya para peserta ini mengeksplorasi berbagai fitur yang ada di ClassPoint ini dan menyesuaikan dengan kebutuhannya nanti.

Oh iya, sebagai bentuk apresiasi para peserta yang hadir dalam TOT ClassPoint Kalimantan Barat ini, semuanya akan mendapatkan sertifikat resmi dari ClassPoint Indonesia.

Dengan diterimanya Sertifikat ClassPoint ini maka secara otomatis para peserta yang mengikuti kegiatan TOT pertama ini sudah dapat menjadi Trainer ClassPoint Kalimantan Barat.

Lokasi ClassPoint Kalimantan Barat

Bagi lembaga pendidikan formal dan non formal, organisasi masyarakat, perangkat desa, instansi pemerintah, dan pihak-pihak lainnya yang ingin mendapatkan pelatihan mengenai ClassPoint khususnya untuk wilayah Kalimantan Barat, dapat menghubungi alamat sebagai berikut:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More