Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Tips Menghemat Biaya Membangun Rumah Idaman

Rumah adalah sebuah aset yang kepemilikannya diidamkan oleh sebuah keluarga. Kenaikan harga material saat sekarang ini secara langsung berimbas kepada biaya untuk membangun sebuah rumah. Akan tetapi, kita bisa sedikit menghemat biaya pembangunan rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang harganya murah namun kualitasnya bukan murahan.

Membangun Rumah dengan Beton Instan
Image: TokoPedia.Com

Bagi sebuah keluarga rumah merupakan asset yang amat penting. Rumah menjadi tempat persinggahan dan istirahat setelah bekerja. Untuk membangun sebuah rumah tidaklah mudah sebab membutuhkan dana yang tak bisa dibilang sedikit. Apalagi harga tanah semakin naik tiap tahunnya belum lagi bahan-bahan bangunan yang juga ikut meroket. Selain itu membangun rumah juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Membangun sebuah rumah idaman tentu saja impian semua orang namun anda juga perlu ingat bahwa untuk membangun sebuah rumah butuh dana yang besar. Oleh karena itu berikut beberapa tips hemat menggunakan beton instan yang bisa anda aplikasikan untuk membangun rumah idaman anda.

PERENCANAAN ITU PENTING

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menghemat biaya pembangunan rumah ialah dengan lebih dahulu melakukan perencanaan. Rencanakanlah segala hal tentang rumah idaman anda mulai dari model atau ukuran rumah yang akan dibangun hingga anggaran yang diperlukan. Jangan lupa untuk menentukan waktu pembangunan dan estimasi penyelesaiannya. Rencanakan pula dana cadangan untuk biaya-biaya yang tak terduga.

GUNAKAN BAHAN MURAH DAN JURU BANGUNAN PROFESIONAL

Setelah anda menentukan model rumah atau bentuk bangunan lakukan riset harga pasar. Hal ini penting untuk dilakukan agar anda bisa menyesuaikan dengan modal yang anda miliki. Kemudian pilihlah bahan-bahan yang murah namun kualitasnya masih bisa dipertanggung jawabkan. Harga murah tak selalu mencerminkan kualitas yang rendah begitupun sebaliknya. Cermat dalam melakukan riset harga pasar akan membantu anda dalam menentukan bahan bangunan mana yang harganya murah tetapi berkualitas. Selain itu pilihlah juru bangunan yang professional dan terpercaya sehingga pembangunan rumah idaman anda dapat berjalan sebagaimana mestinya serta sesuai target waktu yang ditentukan.

BANGUN SECARA BERTAHAP JIKA TAK CUKUP MODAL

Mungkin beberapa dari anda belum memiliki modal yang cukup untuk membangun rumah idaman yang diinginkan. Untuk itu ada baiknya membangun rumah idaman anda sedikit demi sedikit. Lakukan pembangunan secara bertahap seperti membangun pondasinya dahulu, pendirian bangunan kemudian atap. Anda juga bisa mencicil bahan bangunan sedikit demi sedikit seperti semen, pasir dan bahan lainnya yang dibutuhkan. Biarpun waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan cara ini tergolong lebih lama namun dana yang dikeluarkan akan mudah dipantau.

BANGUNLAN RUMAH MINIMALSI DAN MULTI FUNGSI

Untuk menghemat biaya pembangunan rumah pilihlah model rumah yang minimalis dan sesuai kebutuhan keluarga anda. Para pengembang perumahan biasa membangun tipe 36 yang cocok untuk keluarga kecil. Rumah yang minimalis umumnya akan identik dengan ruangan multifungsi. Anda bisa mengatur dapur dan ruang makan menjadi satu ruangan atau ruang tamu bisa pula digunakan sebagai ruangan keluarga. Rumah minimalis dengan mengedepankan ruangan yang multifungsi ini juga bisa terlihat berkelas jika pemiliha interiornya tepat. Pemilihan warna dinding juga mampu mengesankan ruangan yang luas meskipun lahannya sempit.

BERKREASI SENDIRI

Selain mahalnya bahan bangunan ternyata furniture untuk mengisi ruangan juga membutuhkan dana yang besar. Untuk mengakalinya anda bisa berkreasi untuk membuat beberapa furniture dari bahan-bahan sisa. Untuk sumber inspirasi bisa anda temukan di internet dan bisa dipelajari secara otodidak. Jika anda malas untuk membuat furniture sendiri maka seringlah browsing untuk mencari promo furniture. Sesekali menggunakan jasa arsitek juga sangat membantu dalam mencegah pemborosan uang untuk pembangunan ruangan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Itulah tadi beberapa poin penting untuk menghemat biaya pembangunan rumah anda. Bagaimana sudah siap membangun rumah idaman anda menggunakan beton instan? (ADV)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.