Update Algoritma Google Terbaru Per Maret 2024

Image: freepik

Google merilis peningkatan kualitas penelusuran besar-besaran pada pembaruan inti Maret 2024 dan beberapa pembaruan spam.

Pembaruan konten bermanfaat Google sekarang menjadi bagian dari pembaruan inti; semua ini mengarah pada pengurangan 40% konten yang tidak bermanfaat dalam penelusuran.

Google meluncurkan beberapa langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mulai hari ini.

Update Algoritma Google Terbaru

Update algoritma Google terbaru per Maret 2024 dan sejumlah pembaruan spam (alias pembaruan spam Maret 2024). Selain itu, sistem konten Google yang sangat membantu telah dimasukkan ke dalam sistem peringkat inti secara keseluruhan.

Selain itu, Google mengumumkan beberapa kebijakan spam baru dan yang telah diperbarui yang akan mulai diberlakukan melalui algoritme otomatis dan tindakan manual.

Hari ini, Google mulai meluncurkan pembaruan inti pertamanya tahun ini dan pembaruan algoritme pertamanya tahun ini – pembaruan inti Maret 2024.

Lebih Besar dari Update Sebelumnya

Elizabeth Tucker, Director of Product, Search di Google, mengatakan kepada Search Engine Land bahwa pembaruan ini akan membantu mengurangi konten yang tidak bermanfaat di Google Search hingga 40%.

“Kami berharap bahwa kombinasi dari pembaruan ini dan upaya kami sebelumnya akan secara kolektif mengurangi konten berkualitas rendah dan tidak orisinil dalam hasil pencarian sebesar 40%,” tulis Tucker.

Peluncuran pembaruan inti Maret 2024 dapat memakan waktu hingga satu bulan. Beberapa sistem akan diperbarui dan dirilis selama pembaruan.

Pembaruan ini, tidak seperti beberapa pembaruan inti sebelumnya, mencakup peningkatan pada beberapa komponen sistem inti secara keseluruhan.

Update algoritma Google terbaru bulan Maret ini akan memiliki beberapa pembaruan di dalamnya, karena pembaruan ini menyentuh beberapa sistem di dalam pembaruan inti, Google akan mengeluarkan pembaruan untuk sistem-sistem tersebut dalam beberapa minggu mendatang.

Menggunakan Pendekatan Inovatif

Pembaruan inti bulan Maret 2024 merupakan “pembaruan yang lebih kompleks daripada pembaruan inti yang biasa kami lakukan,” ujar Chris Nelson dari tim Search Quality di Google. Google membuat “perubahan pada beberapa sistem inti,” tambahnya.

Google meningkatkan sistem peringkat intinya untuk menampilkan hasil yang lebih bermanfaat dengan menggunakan berbagai sinyal dan pendekatan inovatif (lebih lanjut tentang hal ini nanti).

Faktanya, karena Google memperbarui beberapa sistem inti, “akan ada lebih banyak fluktuasi dalam peringkat dibandingkan dengan pembaruan inti biasa, karena sistem yang berbeda akan diperbarui sepenuhnya dan saling menguatkan,” tambah Nelson.

Google mengatakan bahwa pembaruan ini telah menyempurnakan cara mereka memahami halaman web mana yang “tidak membantu, memiliki pengalaman pengguna yang buruk, atau terasa seperti dibuat untuk mesin pencari, bukan untuk manusia.”

Hal ini “dapat mencakup situs yang dibuat terutama untuk mencocokkan kueri penelusuran yang sangat spesifik,” tambah Google.

Daftar Update Google Sebelumnya

Pembaruan inti sebelumnya. Berikut adalah garis waktu dan liputan kami tentang update algoritma Google terbaru:

  • Pembaruan inti November 2023 dimulai pada tanggal 2 November dan berakhir pada tanggal 28 November.
  • Pembaruan inti Oktober 2023 dimulai pada tanggal 5 Oktober dan berakhir pada tanggal 19 Oktober
  • Pembaruan inti Agustus 2023 dilakukan pada 22 Agustus dan berakhir pada 7 September.
  • Pembaruan inti bulan Maret 2023 dimulai pada tanggal 15 Maret dan berakhir pada tanggal 28 Maret.
  • Pembaruan inti September 2022 tidak terlalu berdampak dibandingkan pembaruan inti sebelumnya dan selesai pada 26 September.
  • Pembaruan broad core pada bulan Mei 2022 merupakan pembaruan yang signifikan dan cepat.
  • Pembaruan inti November 2021
  • Pembaruan inti Juli 2021.
  • Pembaruan inti bulan Juni 2021, yang diluncurkan dengan lambat, tetapi merupakan pembaruan besar.

Pembaruan konten yang bermanfaat sekarang menjadi bagian dari pembaruan inti

Sistem Konten Bermanfaat

Update algoritma Google terbaru per Maret 2024 ini, Google akan berhenti mengumumkan pembaruan konten bermanfaat yang baru, karena sistem konten bermanfaat telah dimasukkan ke dalam sistem pembaruan inti.

Pembaruan konten bermanfaat terakhir, pembaruan konten bermanfaat pada September 2023 adalah pembaruan besar yang berdampak pada beberapa situs.

Mudah-mudahan, beberapa situs yang terkena dampak akan merasakan kelegaan dari Update algoritma Google terbaru bulan Maret 2024 ini, tetapi sulit untuk mengatakannya pada saat ini.

Pengklasifikasi untuk sistem konten yang bermanfaat telah dirombak dan sekarang sudah dimasukkan ke dalam update algoritma Google terbaru bulan Maret 2024.

Namun, pengklasifikasi konten yang bermanfaat bukanlah satu-satunya sistem yang menjadi bagian dari pembaruan inti Maret 2024 ini. Faktanya, Google mengatakan bahwa pekerjaan untuk pembaruan inti Maret 2024 dimulai dengan pembaruan konten bermanfaat tahun 2022.

Apa yang Harus Dilakukan?

Apa yang harus dilakukan jika peringkat Anda turun. Berikut ini adalah saran yang pernah diberikan Google di masa lalu bagi mereka yang terkena dampak negatif dari pembaruan inti:

Tidak ada tindakan khusus yang harus dilakukan untuk memulihkannya. Dampak peringkat negatif mungkin tidak menandakan ada yang salah dengan halaman Anda.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengevaluasi kualitas konten Anda.

Tunggu update algoritma Google terbaru berikutnya. Anda mungkin akan melihat beberapa peningkatan di antara pembaruan inti, tetapi perubahan terbesar akan terjadi setelah pembaruan inti berikutnya.

Singkatnya, tulislah konten yang bermanfaat bagi orang lain dan bukan untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari.

LinkCollider - Free Social Media Advertising

Free Social Media Advertising

“Tidak ada hal baru atau khusus yang perlu dilakukan oleh para kreator untuk pembaruan ini selama mereka telah membuat konten yang memuaskan dan ditujukan untuk orang-orang. Bagi mereka yang mungkin belum mendapatkan peringkat yang baik, kami sangat menyarankan untuk membaca halaman bantuan membuat konten yang bermanfaat, dapat diandalkan, dan mengutamakan pengguna,” jelas Nelson.

Maret 2024 Pembaruan Spam

Google juga mengumumkan peluncuran pembaruan spam baru, yang disebut sebagai pembaruan spam Maret 2024, dan pembaruan kebijakan spam untuk melengkapi peluncuran pembaruan inti Maret 2024.

Dua dari pembaruan spam ini akan menghasilkan tindakan otomatis dan manual minggu ini. Pembaruan spam penyalahgunaan reputasi situs akan mulai berlaku dalam dua bulan sejak hari ini, pada tanggal 5 Mei.

Spam Penelusuran Penyalahgunaan Konten Berskala

Spam pencarian penyalahgunaan konten berskala merupakan pembaruan dari kebijakan “spam konten yang dibuat secara otomatis” yang lama yang kini lebih dari sekadar “spam konten yang dibuat secara otomatis” dan kini mencakup metode apa pun yang memproduksi konten dalam skala besar untuk tujuan peringkat dalam pencarian.

Google mengatakan bahwa memproduksi konten dalam skala besar untuk meningkatkan peringkat pencarian – baik dengan otomatisasi, orang, atau kombinasi – bertentangan dengan pedomannya.

“Hal ini akan memungkinkan kami untuk mengambil tindakan pada lebih banyak jenis konten dengan sedikit atau tanpa nilai yang dibuat dalam skala besar, seperti halaman yang berpura-pura memiliki jawaban untuk pencarian populer tetapi gagal memberikan konten yang bermanfaat,” tulis Google.

Apa saja contoh halaman yang berpura-pura memiliki jawaban tetapi gagal memberikannya? Tucker menjelaskan bahwa itu adalah halaman-halaman yang memulai dengan menyatakan akan menjawab pertanyaan Anda, mengarahkan Anda dengan konten berkualitas rendah, dan tidak pernah berakhir dengan memberikan jawaban atas pertanyaan Anda:

“Kebijakan spam kami yang sudah ada sejak lama adalah penggunaan otomatisasi, termasuk AI generatif, merupakan spam jika tujuan utamanya adalah memanipulasi peringkat di hasil Penelusuran. Kebijakan yang diperbarui ini memiliki semangat yang sama dengan kebijakan kami sebelumnya dan berdasarkan prinsip yang sama. Kebijakan ini telah diperluas untuk memperhitungkan metode pembuatan konten berskala yang lebih canggih, di mana tidak selalu jelas apakah konten berkualitas rendah dibuat murni melalui otomatisasi.”

“Kebijakan baru kami dimaksudkan untuk membantu orang lebih fokus pada gagasan bahwa memproduksi konten dalam skala besar merupakan tindakan yang tidak pantas jika dilakukan dengan tujuan memanipulasi peringkat penelusuran, dan hal ini berlaku, baik jika otomatisasi atau manusia terlibat.”

Google akan mulai mengambil tindakan terhadap penyalahgunaan konten berskala besar melalui sistem spam algoritmik dan tindakan manual minggu ini.

Penyalahgunaan Domain Kedaluwarsa Sekarang Dianggap sebagai Spam

“Penyalahgunaan domain kedaluwarsa” – praktik membeli domain kedaluwarsa dan menggunakannya kembali dengan “tujuan untuk meningkatkan peringkat pencarian konten berkualitas rendah” – sekarang dianggap sebagai spam, kata Tucker.

Teknik ini mungkin mencoba mengelabui pengguna agar mengira konten baru pada domain adalah bagian dari situs lama, padahal sebenarnya bukan.

Ini adalah pesan yang spesifik dan jelas bagi pembuat konten untuk tidak membeli domain yang sudah kedaluwarsa dengan tujuan menggunakan kembali domain tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat di Google Penelusuran.

Google akan mulai mengambil tindakan terhadap penyalahgunaan domain kedaluwarsa melalui sistem spam algoritmik dan tindakan manual minggu ini.

Penyalahgunaan Reputasi Situs Juga Merupakan Spam

Google memiliki kebijakan baru untuk “penyalahgunaan reputasi situs,” beberapa SEO menyebutnya “Parasite SEO,” di mana situs pihak ketiga menjadi tuan rumah bagi konten berkualitas rendah yang disediakan oleh pihak ketiga untuk mendompleng kekuatan peringkat situs web pihak ketiga tersebut.

Google menjelaskan, “pihak ketiga mungkin mempublikasikan ulasan pinjaman gaji di situs web pendidikan tepercaya untuk mendapatkan keuntungan peringkat dari situs tersebut.”

“Konten yang memiliki peringkat tinggi di Penelusuran dapat membingungkan atau menyesatkan pengunjung yang mungkin memiliki ekspektasi yang sangat berbeda terhadap konten di situs web tertentu,” tambah Google.

Kebijakan baru ini menjelaskan bahwa “konten pihak ketiga yang dibuat terutama untuk tujuan pemeringkatan dan tanpa pengawasan ketat dari pemilik situs web adalah spam.”

Namun kebijakan baru ini tidak menganggap semua konten pihak ketiga sebagai pelanggaran. Google mengatakan “hanya konten yang di-host tanpa pengawasan ketat dan dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat Penelusuran.”

Google menawarkan contoh ini:

“Banyak publikasi yang menyelenggarakan konten iklan yang ditujukan untuk pembaca reguler mereka, dan bukan untuk memanipulasi peringkat Penelusuran. Kadang-kadang disebut ‘iklan asli’ atau ‘advertorial’, konten semacam ini biasanya tidak akan membingungkan pembaca reguler publikasi saat mereka menemukannya di situs penerbit secara langsung atau saat menemukannya dari hasil penelusuran Google.”

Google mengatakan bahwa mereka memberikan pemberitahuan dua bulan sebelumnya tentang kebijakan ini dan akan mulai mengambil tindakan otomatis dan manual pada penyalahgunaan ini dalam dua bulan. Tanggal spesifiknya adalah 5 Mei.

Mengapa Kami Peduli

Selama beberapa bulan terakhir ada banyak keluhan dan penelitian tentang pencarian Google yang semakin memburuk.

Konten di web tidak bagus, dan Google tampaknya telah memberi peringkat situs-situs besar di atas situs-situs yang lebih kecil, di mana Reddit baru-baru ini mendominasi hasil pencarian Google.

Ketika saya bertanya tentang proliferasi peringkat Reddit, seorang juru bicara Google menjawab:

“Kami tahu bahwa untuk beberapa pertanyaan, orang benar-benar mencari konten yang berasal dari orang lain dengan pengalaman yang relevan. Kami ingin menampilkan konten yang dicari orang, jika konten tersebut bermanfaat. Ada konten berkualitas tinggi dan berkualitas rendah di semua jenis konten – termasuk konten forum dan diskusi buatan pengguna. Tujuan kami adalah menampilkan yang terbaik dari web, dan kami yakin peningkatan peringkat ini akan membantu kami menampilkan konten diskusi/forum yang berkualitas lebih tinggi untuk penelusuran yang berguna – dan akan membantu kami menjadi lebih baik dalam mendeteksi ketika konten tersebut benar-benar berguna.”

Google mengatakan bahwa perubahan peringkat tersebut dilakukan sebelum adanya hubungan dengan Reddit.

“Kami telah berupaya untuk mempermudah menemukan konten yang mencerminkan perspektif dari tangan pertama di semua jenis situs dalam hasil pencarian kami, termasuk ratusan situs forum. Peningkatan peringkat ini telah diluncurkan sebelumnya dan tidak bergantung pada kemitraan Reddit,” kata juru bicara tersebut kepada Search Engine Land.

Kritik bahwa kualitas hasil pencarian Google tidak sesuai standar bukanlah hal yang baru. Kritik tersebut senada dengan apa yang ditulis oleh mantan editor Search Engine Land, Danny Sullivan, pada tahun 2017 dalam artikel A deep look at the biggest-ever search quality crisis of Google.

Sullivan, yang kini menjabat sebagai Penghubung Penelusuran resmi Google, telah menjanjikan pembaruan ini dan pembaruan di masa mendatang yang akan mengatasi masalah kualitas.

Pada bulan November, Google menyarankan kami untuk “bersabar”. Perusahaan menegaskan hal ini pada bulan Januari. Dan lagi di bulan Februari. Apakah ini merupakan update algoritma Google terbaru yang kita tunggu-tunggu?

Google akan memposting di Dasbor Status Pencarian ketika pembaruan selesai, Nantikan info terbaru update algoritma Google terbaru ya… (TR)

Sumber Search Engine Land

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!