BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat

Pertama kali melihat flyer dari laman facebook salah seorang sahabat yang merupakan Ketua Relawan TIK Kalimantan Barat membuat Blogger Borneo langsung tertarik untuk mengetahui infonya lebih lanjut.

Workshop Digital Skills Pontianak

Workshop Digital Skills 3 Kunci Ampuh Jualan Online, Pertama di Kalimantan Barat Bikin UMKM Naik Kelas. Kalimat ini boleh dianggap membuat flyer ini tampak semakin menarik untuk diikuti.

Meskipun sifatnya berbayar, namun khusus anggota RTIK Kalbar mendapatkan harga khusus. Alhamdulillah Relawan TIK Kalbar menjadi salah satu diantara para sponsor yang mendukung terlaksananya Workshop Digital Skills Pertama di Kalimantan Barat ini.

Ada satu hal lagi yang membuat Blogger Borneo semakin bersemangat untuk ikut serta adalah karena diantara ketiga pemateri yang akan mengisi workshop, salah seorang diantaranya sudah cukup dikenal baik dan memang berkompeten dibidangnya.

Khusus di Workshop Digital Skills Pontianak ini, sosok yang lebih akrab dipanggil Kang Arul ini akan membawakan materi mengenai Digital Branding. Hanya sebagai prolog, Beliau merupakan Konsultan Media Digital Nasional yang telah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah.

Milenial Kreatif

Sebelum bercerita lebih lanjut mengenai aktivitas minggu pertama Workshop Digital Skills Pontianak ini, Blogger Borneo ingin memperkenalkan Milenial Kreatif yang menjadi pihak penyelenggara kegiatan ini.

Sebenarnya tidak begitu banyak informasi yang bisa ditemukan di mesin pencari ketika Blogger Borneo mengetikkan kata kunci Milenial Kreatif, dalam artian diantara konten yang muncul di laman pertama tidak ada yang berhubungan dengan brand dari pihak penyelenggara.

Blogger Borneo baru menemukan informasinya di akun instagram @milenialkreatif.ptk, tertulis profilnya merupakan Creative Content & Digital Campaign Specialist dengan bidang layanan Digital Branding, Website & Mobile Apps, Social Media Optimation, dan 3D Layout.

Selama 3 (tiga) pekan dimulai dari 27-28 November 2021, secara estafet para peserta Workshop Digital Skills 3 Cara Ampuh Jualan Online Pertama di Kalimantan Barat Bikin UMKM Naik Kelas akan diberikan materi mengenai:

  • Digital Branding pada Tanggal 27-28 November 2021 dari Jam 09.00 – 15.00 WIB;
  • Design Content pada Tanggal 4-5 Desember 2021 dari Jam 09.00 – 15.00 WIB;
  • Membuat Toko Online Berbasis Web (Coding) pada Tanggal 11-12 Desember 2021 dari Jam 09.00-15.00 WIB.

Kata Sambutan Kadin Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Meskipun sempat molor sekitar setengah jam dari agenda kegiatan yang diberikan sehari sebelumnya, namun jalannya kegiatan workshop selama dua hari ini secara keseluruhan berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Tidak lupa sebelum masuk ke agenda inti pemaparan materi, sesi kata sambutan diberikan oleh Bapak Firman Kepala Bidang UMKM Kadin Kota Pontianak yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan Workshop Digital Skills Pontianak ini.

Sebagai salah satu organisasi resmi plat merah di Indonesia, Kadin Kota Pontianak pada dasarnya sangat mendukung adanya kegiatan-kegiatan seperti ini karena untuk saat sekarang ini pemerintah memang sedang gencar menargetkan UMKM Naik Kelas dan UMKM Go Digital.

Mindset UMKM Naik Kelas

Masuk ke sesi pemateri, Dr. Rulli Nasrullah, M.Si, demikian nama ini tertulis lengkap dengan gelar jabatan menjelaskan bahwa selama ini yang harus diluruskan adalah mengenai mindset UMKM Naik Kelas.

Selama ini masih banyak pemilik UMKM di Indonesia masih belum paham mengenai istilah UMKM Naik Kelas sehingga sampai sekarang masih dapat dihitung berapa banyak diantara mereka yang sukses mengembangkan bisnisnya.

Kesalahan utama dari para pemilik UMKM adalah mereka belum tahu apa dari Core Value dan Added Value jenis usaha yang mereka sedang jalankan selama ini sehingga mereka sulit untuk mengembangkan usahanya ke tahap lebih tinggi.

Pemateri Workshop DIgital Skills Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Workshop Digital Skills Pontianak ini berjalan serius tapi santai. Setiap peserta diminta untuk membuat deskripsi usaha yang mereka miliki.

Adapun Bang Ferianto yang merupakan pemilik dari usaha Lembaga Kursus dan Pelatihan LKP Yale Communication menjadi peserta pertama yang diminta untuk menentukan core value dan added value.

Siapa mengira ternyata setelah kurang lebih 14 tahun berkecimpung di dunia Kursus dan Pelatihan di Kalimantan Barat, Bang Feri baru dapat menemukan core value dan added value usaha yang sedang dijalankannya selama ini ketika mengikuti Workshop Digital Skills Pontianak Pertama di Kalimantan Barat ini.

Antusias Para Peserta

Memang tidak salah Blogger Borneo mengikuti kegiatan Workshop Digital Skills 3 Kunci Ampuh Jualan Online ini meskipun harus membayar dengan nominal yang cukup lumayan sebenarnya.

Namun inilah bagian dari investasi ilmu dan cukup worth it lah dilihat dari materi-materi yang disampaikan. Menurut Kang Arul, untuk sekelas Jawa kelas yang dibawakannya dikenakan biaya minimal 1,5 juta rupiah per orang.

Peserta Workshop Digital Skills Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Melihat bahasa tubuh dari para peserta yang fokus selama mengikuti kegiatan ini, dapat dibaca bagaimana mereka sangat antusias dengan adanya kegiatan workshop seperti ini di Pontianak.

Memang selama ini jika diperhatikan sudah beberapa kali kegiatan-kegiatan bertemakan seperti ini diselenggarakan di kota Pontianak, akan tetapi ketika melihat konsep kegiatannya sepertinya belum memenuhi keinginan para pemilik UMKM di Kalimantan Barat.

Konsep Business Coaching

Selama dua hari pelaksanaan, para peserta workshop diajak untuk interaktif dengan menjadikan jenis usaha sebagai bahan praktek workshop. Dari para peserta yang hadir, beberapa diantaranya bergerak di bidang usaha kuliner, dekorasi pernikahan, tanaman anggrek, dan travel umroh.

Alhamdulillah di pekan pertama Workshop Digital Skills Pontianak pertama ini Blogger Borneo merasa cukup puas dengan materi-materi yang disampaikan oleh Kang Arul, hanya saja waktu yang diberikan masih sangat kurang karena aktivitas dengan konsep business coaching tidak cukup hanya dengan pertemuan 2 hari.

Oleh karena itu untuk selanjutnya, Milenial Kreatif berencana untuk membuat sebuah kegiatan dengan tema Bootcamp UMKM Naik Kelas yang Insya Allah akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 nanti.

Dan khusus bagi kawan-kawan Komunitas UMKM Kalbar yang masih berminat untuk ikut sesi pekan ke 2 dan 3 Workshop Digital Skills UMKM Naik Kelas Pertama di Kalimantan Barat ini bisa langsung menghubungi 0822-5318-2516. (DW)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More